STRATEGI MUDARRIS TAHFIZH ALQURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQURAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JANNAH DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.627Keywords:
strategi mudaris, konsep mudaris, konsep hafalan alquranAbstract
References
Ginanjar, M.H. (2017). Aktivitas Menghafal Alquran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami Tamansari Bogor. Edukasi Islami: Julnal Pendidikan Islam, 6(11).
Mudofar, M. (2017). Strategi Pembelajaran Tahfidzul Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Boyolali. Tesis: Fakultas Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Surakarta.
Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).
Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syafi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).
Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).
Sumber dari Buku
Salam, A.Y.B. (2013). Hakikat dan Fadhilah Tadabur Alquran. Bekasi: Naashirussunnah.
Adhim, S.A. (2013). Nikmatnya Membaca Alquran. Solo: Aqwam.
Al-Utsaimin, M.S. (2016). Panduan Lengkap Menuntut Ilmu: Disertai 119 Tanya Jawab. Jakarta: Pustak Ibnu Katsir.
Anwar, A. (2009). Ulumul Quran Sebuah Pengantar. Jakarta: Amzah.
An-Nawawi. (2014). Riyadhush Shalihin. Jakarta: Darul Haq.
An-Nawawi. (2016). Riyadhus Shalihin. Sukoharjo: Insan Kamil.
Daulay, H.P. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Sistem Pendidkan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Departemen Agama RI. (2019). Alquran dan Terjemahan. Jakarta: Cahaya Qur’an.
Ghajali, D.A. dan Gunawan, H. (2015). Studi Islam Suatu Pengantar dengan Pendekatan Interdisipliner. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Jawrah, A.A.A. (2017). Hafal Alquran dan Lancar Seumur Hidup. Jakarta: PT Gramedia.
Mawardi. (2013). Pengantar Ulumul Quran. Banda Aceh: Pena.
Nizar, S. dan Hasibuan, Z.E. (2018). Pendidikan Ideal Bangunan Character Building. Depok: PrenadaMedia Group.
Ramayulis dan Nizar, S. (2011). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan di Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ramayulis dan Nizar, S. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Tim Yayasan Al-Muntada Al-Islami. (2017). Panduan Mengelola Sekolah Tahfizh. Sukoharjo: Alqowam.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Temuan
Hasil observasi pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019 pukul 13:15 WIB.
Hasil wawancara dengan AS pada hari Senin tanggal 09 Juli 2019 pukul 16:35 WIB.
Hasil wawancara dengan AS pada hari Senin tanggal 09 Juli 2019 pukul 18:25 WIB.
Hasil wawancara dengan AS pada hari Senin tanggal 09 Juli 2019 pukul 16:35 WIB.
Hasil wawancara dengan MF pada hari Kamis tanggal 01 Agustus 2019 Pukul 20.00 WIB.
Hasil wawancara dengan MR pada hari Rabu tanggal 07 Agustus 2019 Pukul 20.00 WIB.
Hasil wawancara dengan SJ pada hari Senin 15 Juli 2019 pukul 12:58 WIB.
Hasil wawancara dengan SJ pada hari Senin 15 Juli 2019 pukul 13.00 WIB.
Hasil wawancara dengan SJ pada hari Senin 15 Juli 2019 pukul 13:00 WIB.