PERAN GURU AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI KUTTAB AWWAL USIA SATU SAMPAI ENAM TAHUN DENGAN METODE TALAQQI DI KUTTAB AL-FATIH KELAPA DUA KOTA DEPOK TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v3i1.846Keywords:
peran guru, menghafal Al-Qur’an, metode talaqqiAbstract
References
Batubara, H.H. dan Ariani, D.N. (2016). Kuttab Sebagai Potret Pendidikan Dasar Periode Klasik. Jurnal Dosen Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Kalimantan MAB, Banjarmasin.
Fadhlia, S.R., Islamiyah, S., Kusmia., Seventy, T. A., dan Mawaddah, Z. (2018). Konsep Alquran tentang Kecerdasan Anak dalam QS. Luqman Ayat 12-19: Jurnal Ilmu Tarbiyah Universitas Ibnu Khaldun Bogor, 7(1).
Ginanjar, M.H. (2017). Aktivitas Menghafal Alquran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).
Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Quran (Menghafal Al-Qur’an). Jurnal PAI. VI(2).
Maya, R. (2014). Perspektif Alquran tentang konsep At- Tadabbur. At- Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan murid perspektif Ibu Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).
Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).
Surasman, O. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Alquran. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).
Utami, R.D. dan Maharani, Y. (2018). Kelebihan dan Kelemahan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah IbtidaiyahMuhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2).
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).
Sumber dari Buku
Ahsin, W.A. (2010). Kamus Ilmu Alquran. Jakarta: Amzah.
Bakri, O. (2010). Kamus Indonesia Arab Inggris. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Embas, A. A. (2012). Menuntut Anda Memahami dan Menghafal Al-Qur’an. Makasar: Alaudin University Press.
Fathurrohman, M. dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Hitami, M. (2012). Pengantar Studi Al-Qur’an (Teori dan Pendekatan). Yogyakarta: LKIS.
Nasional, P.B. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nizham, A. (2018). Buku Pintar Alquran. Jakarta: Quantum Media.
Sa'dulloh. (2018). 9 Cara Praktis Menghafall Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Sirojuddin. (2019). Petunjuk Mengaji dan Mengajar Al-Qur’an Madrasah Murotilil Quran. Kediri: Pustaka Jet Tempur.
Syarbini, A. dan Jamhari, S. (2012). Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an. Bandung: Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.
Susianti. (2016). Metode-metode dalam Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Al-Hikmah.
Usman, S. (2011). Hukum Islam: Asas-asas dan Pengantar Studi Hukum Islam dalam Tata Hukum Indonesia. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.
Hasil Wawancara
Hasil wawancara dengan Siti Mu’awanah/GURU AL-QUR’AN/W/25/10/19 (Jumat 25 Oktober 2019 di Kuttab Al-Fatih Kelapa Dua Kota Depok pukul 11:15 WIB).