MANAJEMEN KURIKULUM MUATAN LOKAL KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYYAH (KMI) GONTOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMAIT MATHLA’UL HIDAYAH DARUSSALAM CIANJUR

Authors

  • Hasan Hasan STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Kulliyatul, Tenaga Pendidik

Abstract

Kajian ini berfokus pada manajemen kurikulum muatan lokal Kulliyatul Muallimin al-Islamiyyah Gontor dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapannya agar bisa menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menerapkan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data menerapkan pendapat Miles dan Huberman yang mencakup perangkuman data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum muatan lokal mengacu pada Pondok Modern Darussalam Gontor, Pelaksanaan mengacu kepada Uswatun Hasanah, pengarahan, penugasan, pembiasaan, dan penciptaan lingkungan kondusif, Faktor pendukung dalam penerapannya mencakup fasilitas yang mendukung, baiknya pemahaman para guru dalam materi ajar, dan kedisiplinan yang dikawal ketat. Kendala yang muncul ialah tenaga pendidik yang masih dalam pengembangan diri, kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan berbahasa asing, dan kelengkapan administratif guru-guru yang kurang. Evaluasi meliputi evaluasi terhadap materi, pelaksanaan, dan program penilaian. Maka solusi yang ditempuh adalah membuat target jangka lima tahunan, motivasi, pembinaan peserta didik, meningkatkan karir seluruh tenaga pendidik, melakukan studi banding dalam hal peningkatan mutu, dan memaksimalkan dalam pelaksanakan kaderisasi.

References

Abdussamad, Zuchri. 2021. “Metode Penelitian Kualitatif”. Cetakan Pertama. CV Syakir Media Press. Makassar.

Firmansyah, M Anang. 2018. “Pengantar Manajemen”. Edisi Reguler. Cetakan Pertama. Deepublish. Yogyakarta.

Hermawan, Y.C. 2020. “Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam”. Mudarrisuna. 10(1) 37&43.

Hidayat, Aziz Alimul. 2021. “Studi Kasus Keperawatan; Pendekatan Kualitatif”. Health Books Publishing. Jakarta.

https://www.gontor.ac.id/lembaga/kulliyatu-l-muallimin-al-islamiyah-kmi

Moleong, Leixy J. 2013. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Edisi Revisi”. Cetakan Ke-38. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Muslich, Masnur. 2011. “KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual”. Edisi Pertama. Cetakan Ke-8. Bumi Aksara. Jakarta.

Nalefo, La. 2020. “Dinamika Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Berbasis Masyarakat”. Deepublish. Yogyakarta.

Nasir, M. 2013. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Islam Di Madrasah”. Jurnal Hunafa. 10(1).

Nugrahani, Farida. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa”. Pilar Media. Yogyakarta.

Nurmadiah. 2014. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Al-Afkar. 3(2).

Pangestu, E.R. 2019. “Pengaruh Pengawasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT POS Indonesia (PERSERO) Kantor Pusat Bandung Divisi Sumber Daya Manusia”. Skripsi. Universitas Pasundan. Bandung.

Sari, Ifit Novita, et al. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif”. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Unisma Press. Malang.

Sinambela, Lijan Poltak. 2017. “Profesionalisme Dosen dan Kualitas Pendidikan Tinggi”. Jurnal Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora. 2(2). 586-587.

Sugiyono. 2014. “Memahami Metode Penelitian Kualitatif”. Cetakan Ke-10. Alfabeta. Bandung.

Syarifah. 2016. “Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah di Pondok Modern Darussalam Gontor”. Jurnal At-Ta’dib.11(1).

Syukrianto. 2019. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Membentuk Karakter Lulusan Siswa SMA 2 Darul Ulum Resejo Jombang”. Jurnal Mitra Manajemen. 3(3): 27.

Published

2024-07-01

How to Cite

Hasan, H., Sarifudin, S., & Kohar, A. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM MUATAN LOKAL KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYYAH (KMI) GONTOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMAIT MATHLA’UL HIDAYAH DARUSSALAM CIANJUR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 73–84. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7120

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.