Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme dan Kompetensi Tenaga Pendidik di Ma Al-Hidayah Warungkondang Cianjur

Agus Parda, Sarifudin Sarifudin, Ade Kohar

Abstract


Dalam instansi pendidikan kepala sekolah harus mampu membuat strategi pengembangan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, terkhusus di MA Al-Hidayah Warungkondang Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik.; (2) Faktor yang mendukung strategi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik.; (3) Faktor yang mengambat strategi kepala sekolah dalam  mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik.; (4) Bagaimana Solusi untuk menanggulangi hambatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Kepala sekolah menyusun strategi dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik dengan mengadakan diklat, workshop, seminar dan memberikan motivasi; (2) Faktor pendukung dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, diantaranya: Kesadaran diri, lingkungan, sarana prasarana, diklat, workshop dan seminar.; (3) Faktor penghambat dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, diantaranya: Dana, dampak covid-19, sempitnya lahan, padatnya lingkungan. ; (4) Solusi untuk menangani hambatan dalam mengembangkan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik, diantaranya: Menggunakan uang kas madrasah, memaksimalkan kegiatan online di era covid-19, melakukan pendekatan dengan masyarakat, memberikan penghargaan untuk tenaga pendidik.


Keywords


Strategi; Pengembangan; Profesionalisme; Kompetensi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrozaq, Moch. (2017). Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah 1 Gadingerjo Kabupaten Pringsewu. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ginanjar, Hidayat dan Muslihat. (2019). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Smphasmi Islamic Boarding School Tamansari Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 02 (01).

Ginanjar, M.Hidayat dan Marfuah As-Surur. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Karawang. Jawa Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 01. (02).

Hamka, Abdul Aziz. (2016). Karakter Guru Profesional. Kebayoran Lama Jakarta. Al-Mawardi Prima.

Maragustam. (2010). Filsafat Pendidikan Islam, Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna. Yogyakarta. Penerbit Nuha Litera.

Maya, Rahendra. (2018). Pemikiran Al-Sa’dî Tentang Kriteria Pegawai Profesional (Studi Terhadap Q.S. Al-Qashash [28]: 26, Hadits-Hadits Terkait, dan Kajian Lainnya). Jurnal Perbankan Syariah. STAI Alhidayah Bogor.

Musfah, Jejen dan Upi Rahmawati. (2019). Evaluasi Program School For Principal (Spc) Sekolah Guru Indonesia (Sgi). Jurnal Pendidikan Islam. VOL: 08/NO: 01 Februari 2019.

Muslim. (2018). Kepemimpinan Menurut perspektif Islam dalam membentuk Budaya Organisasi dan pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Doi: 10.30868/im.v3i01.686.

Purnama, Reza dkk. (2018). Strategi Mudirdalam Meningkatkanhafalanal-Qur’ansantri(Studi Di Pondok Pesantren An-Nurdesa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Prosiding Al Hisayah: Pendidikan Agama Islam.

Ramadhan, Sandy Rizky dkk. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budipekerti Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Kelas Viii Smp Unggulan Citra Nusa Cibinong Kabupaten Bogortahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Alhidayah Pendidikan Agama Islam.

Sarifudin, Agus. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Implementasi Penilaian Sistem Sks Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam. Vol: 08/No: 02 Agustus 2019.

Sobri, Rachmad. (2019) Implementasi Pengelolaan Tenaga Pendidik Di Mi Az-Zahir Palembang. jurnal manajemen pendidikan islam, Vol. 02.

Sumar, Warni Tune. (2018). Strategi pemimpin dalam penguatan iklim sekolah berbasis budaya kearifian lokal (Budaya Huluya). Yogyakarta. Deepublish Publisher.

Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Guru. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia.

Syafaruddin Dkk. (2020). Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Dan Peningkatan Mutu Di Sma Al-Ulum Kota Medan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol: 09/No: 01 Februari 2020.

Syukur, Muhammad. (2018). Pengembangan Profesionalisme Pendidikdalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jrnal Manajemen Pendidikan Islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Undang-Undag Sikdiknas Tahun 2003. bab. 1. ayat (1).

Yahya, Abd. Muhaemin. (2014). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplemantasikan Manajemen Berbasis Sekolah Di SMP Negeri 2 Tombolo Pao Kec. Tombolo Pao Kab. Gowa. Tesis. Bidang Pendidikan Dan Keguruan pada Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Yayat dkk. (2017). Imlementasi Metode Keteladanan Guru Dalam Meningkatkan Akhlak Al-Karimah Siswa Di Smp Islam Al-I’tishom Kelas 7 Tahun Ajaran 2017/2018. Prosiding Alhidayah Pendidikan Agama Islam.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agus Parda, Sarifudin Sarifudin, Ade Kohar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats