Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMAMuhammadiyah Kota Bogor

Authors

  • Muhamad Akbar Ferdiansyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Kualitas, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pendidikan yaitu aspek kurikulum dan kurikulum adalah jantungnya pendidikan. Sehingga skripsi ini membahas tentang Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajarn di SMA Muhammadiyah Kota Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui perencanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah Kota Bogor. (2) Untuk mengetahui pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah Kota Bogor. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah Kota Bogor. (4) Untuk mengetahui proses kegiatan evaluasi kurikulum di SMA Muhammadiyah Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif lapangan yang bertempat di SMA Muhammadiyah Kota Bogor dengan Metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.

References

Wahidin, A. (2019). Manajemen Kurikulum Sekolah Islami: Di Sekolah Dasar Islam

Indonesia. Edisi Kempat. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Pratiwi, I., M. H. Ginanjar, dan Sarifudin. (2019). Manajemen Kurikulum Iman di Kuttab Al Fatih Bogor. Prosiding Al Hidayah Manajemen Pendidikan Islam. 01(01) Bogor. Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor: 36.

Maya, R. (2018). Implikasi Relasi Eksploratif (‘Alaqah Al-Tashir) Dalam Pendidikan Islam:Telaah Filosofis atas Pemikiran Majid Irsan Al Kilani. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. 07(02): 247.

Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Cetakan Pertama. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.

Fitriani D., W.S. Putri, dan Z.H. Khoiriyah. (2020). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 03(01): 29

Suparman T. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan pertama. CV. Sarnu Untung. Purwodadi-Grobogan. Jawa Tengah.

Octavia, S.A. (2020). Model-Model Pembelajaran. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Hidayat R. dan H. C. Wijaya. (2017). Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Cetakan Pertama. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. Medan.

Indayani L. dan D. Andriani. (2018). Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. UMSIDA Press. Sidoarjo.

Suparman T. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan pertama. CV. Sarnu Untung. Purwodadi-Grobogan. Jawa Tengah.

Khoiriyah N. (2021). Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab. Cetakan pertama. Penerbit Adab. Indramayu. Jawa Barat.

Walujo, D.A., T. Koesdijati, dan Y. Utomo. (2020). Pengendalian Kualitas. Scopindo Media Pustaka. Catakan Pertama. Surabaya.

Setiawan, M.A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Pertama. Uwais Inspirasi Indonesia. Ponorogo

Rosmayati, S., A. Maulana, S. Sauri, dan U. C. Barlian. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Proses Pengembangan Sosial Emosional Standar Paud. Cetakan Pertama. Guepedia. Bandung.

Triwiyanto, T. (2021). Pengandar Pendidikan. Cetakan Pertama. Bumi Aksara. Jakarta.

Ya’coub, M.A. dan Z.N. Afif. (2021). Manajemen Kurikulum Dalam Perspektif Al Qur’an dan Hadist. Cetakan Pertama. Global Aksara Pres. Surabaya.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Cetakan keempat. Kencana. Jakarta.

Sarosa, A. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Cetakan Pertama. PT Kanisius. Yogyakarta.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Cetakan Pertama. Zifatama Publisher. Sidoarjo.

Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Orgaisasi Kurikulum dalam Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pedagogik. 05(02): 259.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Cetakan Pertama. PENERBIT DEEPUBLISH. Sleman Yogyakarta.

Pane, A., dan M.D. Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 03(02): 337.

Juharni. (2017). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Cetakan Pertama. CV Sah Media. Makassar.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Ferdiansyah, M. A., Sarbini, M., & Kohar, A. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMAMuhammadiyah Kota Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(02). Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4743

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>