Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Brand Awareness Terhadap Pembelian Produk Makanan Impor Kemasan

Authors

  • Habibah Shobri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sugianto Sugianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5207

Keywords:

Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Brand Awareness, Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Labelisasi Halal, kualitas produk, dan Brand Awareness terhadap pembelian produk makanan Impor kemasan. Variabel dalam penelitian ini adalah Labelisasi Halal, kualitas produk, Kesadaran Merek, dan pembelian produk. Populasi penelian ini adalah remaja muslim kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience sampling dengan 116 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibuat dengan platform google form dan didistribusikan melalui media sosial, yaitu whatsapp. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan regresi berganda linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Labelisasi Halal berpengaruh signifikan terhadap pembelian dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,

References

Ade Khadijatul Z. HRP, Andri Soemitra, Zuhrinal M. Nawawi, & Rahmat. (2022). The Influence of Halal Lebelization, Product Quality, Service Quality and Interest on Purchase Decisions and Increasing the Selling Value of Bakery and Chake, Padangsidimpuan City. International Journal of Economics (IJEC), 1(2), 308–315. https://doi.org/10.55299/ijec.v1i2.300

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Performa, 5(6), 473–483. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1825

Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku konsumen. Rena Cipta Mandiri.

Buhairi, S. M. A. A. (2017). Tafsir Ayat-Ayat Ya Ayyuhal-Ladzina Amanu. Pustaka Al-Kautsar.

Busrah. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Fkip Unasman. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Sosial Budaya Islam, 4(2), 1–16.

Diwyarthi, N. D. M. S., & dkk. (2022). Perilaku Konsumen. Get Press.

Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.47065/imj.v2i3.200

Ginting, S. R. I., Sugianto, S., & Hasibuan, R. R. A. (2022). Effect of Halal Certification, Halal Awareness, Product Quality and Price on Consumer Purchase Interest (Case Study: Mie Ayam Mushroom Haji Mahmud S.). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Review, 2(2), 421–428. https://doi.org/10.53697/emba.v2i2.1028

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada.

Imamuddin, M. (2017). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa Iain Bukittinggi T.a 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(1), 34–47.

Kamilah, G. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. 6.

Mairinda, A. (2021). Berkenalan Dengan Jaminan Produk Halal di Indonesia. Guespedia.

Muhammad Fahmul Iltiham, & Nizar, M. (2020). Pengaruh Label Halal Majelis Ulama Indonesia (Mui), Harga Pada Oleh-Oleh Makanan Khas Pasuruan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Malia (Terakreditasi), 11(2), 311–326. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2149

Mulasakti, G. P., & Mas’ud, F. (2020). Faktor Penentu Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Impor Berlabel Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 294. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.796

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Nawal Ika Susanti, Nurul Inayah, & Nisrina Maesa Hamzah. (2020). Pengaruh faktor keluarga, Religiusitas dan KUAkualitas produk terhadap keputusan nasabah memilih Bank Konvensional (Studi kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Darussalam). Malia (Terakreditasi), 11(2), 221–240. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2104

Rahayu, T. S. M., & Handayani, R. (2023). Pengaruh Label Halal, Promosi di Media Sosial, dan word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian MS Glow di Cilacap. 17(1), 64–76.

Rahmadi Islam. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness,terhadap Keputusan Pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J.CO Donuts & Coffee Semarang. DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC, 3, 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0A

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690

Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.

Rianto, J. (2023). Semua Tentang Merek. Nas Media Pustaka.

Saleh, S., Zulkarnain, & Arifin, K. (2020). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. Jurnal Economica, 8(1), 139–157. https://doi.org/10.46750/economica.v8i1.34

Saragih, MM., B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Sarasi, V., Helmi, A., & Burhanudin, A. F. (2023). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Desain Kemasan Terhadap Pembelian Mie Instan Impor. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 105–115. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7885DOI:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7885

Sari, D. K., Nurbaiti, & Nasution, J. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Minat Masyarakat Muslim Terhadap Permintaan Produk Yafa’s Beauty & Health Care : Studi Kasus Klinik Kecantikan Yafa’s Kota Medan. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 3(2), 922–935.

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.265

Yunitasari, V., & Moch. Khoirul Anwar. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 49–57. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26639/24392

Published

2023-09-27

How to Cite

Shobri, H., Sugianto, S., & Harahap, M. I. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Brand Awareness Terhadap Pembelian Produk Makanan Impor Kemasan. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5207

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.