Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Brand Awareness Terhadap Pembelian Produk Makanan Impor Kemasan
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5207Keywords:
Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Brand Awareness, PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Labelisasi Halal, kualitas produk, dan Brand Awareness terhadap pembelian produk makanan Impor kemasan. Variabel dalam penelitian ini adalah Labelisasi Halal, kualitas produk, Kesadaran Merek, dan pembelian produk. Populasi penelian ini adalah remaja muslim kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience sampling dengan 116 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibuat dengan platform google form dan didistribusikan melalui media sosial, yaitu whatsapp. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan regresi berganda linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Labelisasi Halal berpengaruh signifikan terhadap pembelian dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,
References
Ade Khadijatul Z. HRP, Andri Soemitra, Zuhrinal M. Nawawi, & Rahmat. (2022). The Influence of Halal Lebelization, Product Quality, Service Quality and Interest on Purchase Decisions and Increasing the Selling Value of Bakery and Chake, Padangsidimpuan City. International Journal of Economics (IJEC), 1(2), 308–315. https://doi.org/10.55299/ijec.v1i2.300
Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Performa, 5(6), 473–483. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1825
Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku konsumen. Rena Cipta Mandiri.
Buhairi, S. M. A. A. (2017). Tafsir Ayat-Ayat Ya Ayyuhal-Ladzina Amanu. Pustaka Al-Kautsar.
Busrah. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Fkip Unasman. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Sosial Budaya Islam, 4(2), 1–16.
Diwyarthi, N. D. M. S., & dkk. (2022). Perilaku Konsumen. Get Press.
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.47065/imj.v2i3.200
Ginting, S. R. I., Sugianto, S., & Hasibuan, R. R. A. (2022). Effect of Halal Certification, Halal Awareness, Product Quality and Price on Consumer Purchase Interest (Case Study: Mie Ayam Mushroom Haji Mahmud S.). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Review, 2(2), 421–428. https://doi.org/10.53697/emba.v2i2.1028
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada.
Imamuddin, M. (2017). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa Iain Bukittinggi T.a 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(1), 34–47.
Kamilah, G. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. 6.
Mairinda, A. (2021). Berkenalan Dengan Jaminan Produk Halal di Indonesia. Guespedia.
Muhammad Fahmul Iltiham, & Nizar, M. (2020). Pengaruh Label Halal Majelis Ulama Indonesia (Mui), Harga Pada Oleh-Oleh Makanan Khas Pasuruan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Malia (Terakreditasi), 11(2), 311–326. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2149
Mulasakti, G. P., & Mas’ud, F. (2020). Faktor Penentu Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Impor Berlabel Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 294. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.796
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.
Nawal Ika Susanti, Nurul Inayah, & Nisrina Maesa Hamzah. (2020). Pengaruh faktor keluarga, Religiusitas dan KUAkualitas produk terhadap keputusan nasabah memilih Bank Konvensional (Studi kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Darussalam). Malia (Terakreditasi), 11(2), 221–240. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2104
Rahayu, T. S. M., & Handayani, R. (2023). Pengaruh Label Halal, Promosi di Media Sosial, dan word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian MS Glow di Cilacap. 17(1), 64–76.
Rahmadi Islam. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness,terhadap Keputusan Pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J.CO Donuts & Coffee Semarang. DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC, 3, 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0A
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
Rianto, J. (2023). Semua Tentang Merek. Nas Media Pustaka.
Saleh, S., Zulkarnain, & Arifin, K. (2020). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. Jurnal Economica, 8(1), 139–157. https://doi.org/10.46750/economica.v8i1.34
Saragih, MM., B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220
Sarasi, V., Helmi, A., & Burhanudin, A. F. (2023). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Desain Kemasan Terhadap Pembelian Mie Instan Impor. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 105–115. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7885DOI:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7885
Sari, D. K., Nurbaiti, & Nasution, J. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Minat Masyarakat Muslim Terhadap Permintaan Produk Yafa’s Beauty & Health Care : Studi Kasus Klinik Kecantikan Yafa’s Kota Medan. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 3(2), 922–935.
Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.265
Yunitasari, V., & Moch. Khoirul Anwar. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 49–57. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26639/24392
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).