Konsep Bisnis Abdurrohman Bin ‘Auf Radiyallahu ‘Anh Ditinjau dari Fiqih Muamalah dan Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.3058Abstract
Tulisan ini menganalisis konsep bisnis Sahabat Nabi SAW yaitu Abdurrahman bin ‘Auf Radiyallahu ‘Anh. Terdapat lima prinsip di antaranya skill yang mumpuni dalam bisnis meliputi dua hal; fiqih muamalah dan skill bisnis, jual beli tunai, untung tidak harus besar, konsisten pada kualitas barang, dan sangat mengharapkan keberkahan Allah SWT. Hasil analisis membuktikan bahwa jika hal ini dipraktikkan secara konsisten oleh pelaku bisnis, maka bisnis yang dijalankan akan sukses. Penelitian kulalitatif ini menggunakan pendekatan sejarah dan fiqih muamalah baik klasik maupun kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa kelima prinsip tersebut merupakan prinsip-prinsip yang sangat fundamental dalam pemikiran ekonomi Islam. Keahlian melahirkan semangat dan kepercayaan diri yang tinggi, jual beli tunai berarti memfungsikan uang hanya sebagai alat tukar dan memutar barang dan jasa, dan memutus rantai riba, mengambil untung sedikit secara otomatis menurunkan harga jual, barang menjadi murah dan minat pembeli tinggi sehingga perputaran cepat dan sehat, konsisten pada kualitas barang membuat pembeli dan pelanggan menjadi loyal, dan meraih keberkahan merupakan tujuan utama bisnis dalam Islam. Â
References
Ahyani, H., Program, M., Islam, D. H., Gunung, S., & Bandung, D. (2021). Perspektif Ekonomi Syariah Di Indonesia Tentang Riba, Bunga Bank, dan Bagi Hasil. JURNAL EKONOMI SYARIAH, 6(1), 28–50. https://doi.org/10.37058/JES.V6I1.2538
Hasyim, H., & Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, S. (2021). Respons Perilaku Pasar Terhadap Teknologi Informasi di Indonesia dalam Tinjauan Ekonomi Islam. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(02), 245–256. https://doi.org/10.30868/AD.V5I02.1682
Islam, T. B., Hijrah, G., Studi, :, Shift, K., Hijrah, P., Setia, P., & Dilawati, R. (2021). Tren Baru Islam melalui Gerakan Hijrah: Studi Kasus Shift Pemuda Hijrah. Khazanah Theologia, 3(3), 131–146. https://doi.org/10.15575/KT.V3I3.12708
Kumala, F. O. N., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT.Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26–39. https://doi.org/10.26740/JEKOBI.V3N2.P26-39
Masfufah, M., & Achiria, S. (2019). Perilaku Produsen pada Model Kemitraan Go Food dalam Prespektif Ekonomi Islam (studi kaasus Daerah Wirobrajan,Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 9(1), 1–8. https://doi.org/10.21927/JESI.2019.9(1).1-8
Natasya, W., Drajat, P., Kosim, A. M., Gustiawati, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2021). Strategi Pemasaran Islam untuk Meningkatkan Penjualan Produk Muslimah Beauty Care. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 88–99. https://doi.org/10.47467/ELMAL.V2I2.527
Sagaf, U. (2020). HIJRAH DAN TRANSFORMASI EKONOMI. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 3(1), 1–22. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/jesa/article/view/541
Sahla, H., Ekonomi, F., Pembangunan, E., Asahan, U., Jend, J., Kisaran, A. Y., & Utara, S. (2019). KONSEP PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. JURNAL PIONIR, 5(2), 2019. https://doi.org/10.36294/PIONIR.V5I2.452
Sirajuddin, S., & Tamsir, T. (2019). Rekonstruksi Konseptual Kepemilikan Harta Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kritis Kepemilikan Harta Sistem Ekonomi Kapitalisme). LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 211–225. https://doi.org/10.24252/LAMAISYIR.V6I2.11838
Suretno Dosen Tetap Prodi Perbankan Syariah STAI Al Hidayah Bogor, S. (2018). JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(01), 93–109. https://doi.org/10.30868/AD.V2I01.240
Suretno, S., Al, S., & Bogor, H. (2020). STRATEGI BANK MANDIRI SYARIAH DALAM MENJAGA STABILITAS KEUANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 313–325. https://doi.org/10.30868/AD.V4I02.1528
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).