ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SHAMPOO MEREK “SUNSILK”

Authors

  • Surya Handoko Siregar UNIVERSITAS SIMALUNGUN, Indonesia
  • Muhammad Aulia Zuhri Universitas Simalungun, Indonesia
  • Adawiyah Rahmayanti Siregar Universitas Simalungun, Indonesia
  • Winda Maisaroh Hasibuan Universitas Simalungun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v6i001.3489

Keywords:

Switcher, Habitual buyer, Satisfied buyer, Liking of the brand, dan commited buyer

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen terhadap Sunsilk yang meliputi Switchers, Habitual Buyers, Satisfied Buyers, Liking of the Brand, dan Commitment to Sunsilk Purchases. Hasil penelitian yang diperoleh dari 34 partisipan menunjukkan bahwa: (1) Shampo merek Sunsilk memiliki basis pelanggan yang besar dengan tingkat komitmen pembelian 86,47 persen. (2) Persentase switcher, pelanggan reguler, pelanggan konten, penggemar merek, dan pelanggan berkomitmen masing-masing adalah 85,29%, 85,29%, 82,94%, 82,94%, dan 86,47%. Situasi saat ini menunjukkan bahwa kapas Sunsilk memiliki ekuitas kapas berkualitas tinggi.

Author Biographies

Surya Handoko Siregar, UNIVERSITAS SIMALUNGUN

PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SIMALUNGUN

Muhammad Aulia Zuhri, Universitas Simalungun

Fakultas Ekonomi - Prodi Manajemen

Adawiyah Rahmayanti Siregar, Universitas Simalungun

Fakultas Ekonomi - Prodi Manajemen

Winda Maisaroh Hasibuan, Universitas Simalungun

Fakultas Ekonomi - Prodi Manajemen

References

Bab, I. I. (2018). Landasan Teori. Avalaibe from: http://elib. unikom. ac. id/files/disk1/452/jbptunikompp-gdlharkaputra-22572-2-unikom_hi. pdf.

HUTAMI, Narulita Nora, and Sutopo SUTOPO. ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi kasus pada pengguna shampoo dan kondisioner SUNSILK Kota Semarang). Diss. Universitas Diponegoro, 2011.

Buku Brand marketing (2021) karya Debi Eka Putri,dkk,Nancy Giddens

Marthin,Johannes,and Hatane Samuel. “ Analisis Tingkat Brand Loyalty Pada Produk Shampoo merek “Head & Shoulders “.Jurnal Manajemen Pemasaran 2.2 (2007)

Aaker,David A.,1991.Managing brand equity.New York: The Free Press.--------------, 1997) Manajemen ekuitas merek. (Aris Ananda,Trans.). Jakarta: Gramedia.

Aristyani, Ida Ayu Raras, and Ni Nyoman Kerti Yasa."Perbandingan Brand Equity Produk Shampoo Merek Sunsilk dengan Merek Pantene."Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 15.2 (2013): 179-190.

Reike, J., Indriastuti, H., &Suharno, S. (2019). PENGARUH SIKAP KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK SHAMPO SUNSILK PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 4(4).

Santoso, FitriDhiastuti. StudiTentangLoyalitasMerek (KasusPadaShampoSunsilk Di Kota Semarang). Diss. UNIVERSITAS DIPONEGORO, 2010.

SANTOSO, Fitri Dhiastuti, Augusty Tae FERDINAND, and Utami Tri SULISTYIARINI. STUDI TENTANG LOYALITAS MEREK. Diss. UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2010.

Sari,Yun Dwi. Pengaruh kepercayaan merekdan afeksi merek thd loyalitas konsumen shampo sunsilk (Studi kasus pd mahasiswi FE UMB). Diss. Universitas Mercu Buana, 2009.

Published

2023-01-05

How to Cite

Siregar, S. H., Zuhri, M. A., Siregar, A. R., & Hasibuan, W. M. (2023). ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SHAMPOO MEREK “SUNSILK”. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(001), 1–14. https://doi.org/10.30868/ad.v6i001.3489

Citation Check