Pengaruh Celebrity Endorser, Trend Fashion, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Erigo Di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.5210Abstract
Kebutuhan akan pakaian bukan hannya memenuhi kebutuhan primer saja, melaikan dapat memberikan rasa percaya diri pada pengguna fashion. Erigo adalah salah satu produk asli Indonesia yang menanpilkan kualiatas tinggi dan desain produk yang mendukung segala aktivitas dan kebutuhan sehari-hari. Namun, persaingan dunia industri yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk lebih kreatif dan membuat produk lebih kompetitif. Tujuan penelitian untuk meneliti tentang pengaruh Celebrity Endorser, Trend Fashion, dan Brand image terhadap Keputusan Pembelian produk Fashion Erigo di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen produk Erigo di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang responden yang di ukur dengan skala likert. Untuk teknik analisis data menggunakan metode analisi regresi liner berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Celebrity Endorser (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Trend Fashion (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), Brand Image (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa secara simultan variabel Celebrity Endorser (X1), Trend Fashion (X2), dan Brand Image (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk fashon Erigo di Yogyakarta.Â
References
Chriswardana Bayu Dewa. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta Pada Produk Oleh-Oleh Jogja Scrummy. 8(1), 1–9.
Dimas Bima Wijayanto, Muinah Fadhilah, P. D. C. (2023). Pengaruh Product Quality, Product Design, Dan Celebrity Endorsment Terhadap Purchase Decision Motor Matic Honda Vario 150cc Di Yogyakarta. 5(5), 2071–2080. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i5.2111
Ekonomi, G. S., & Gumelar, B. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik.
Haryanti, I., Nurdin, H., Purnama, I., Mulya, K. S., & Nurulrahmatiah, N. (2020). Hedonic Motives And Fashion Trends In Decisions To Purchase Veil Clothes. 465(Access 2019), 139–141. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.200827.036
Imamah, Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2022). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Iklan Media Sosial, Word Of Mouth Dan Citra Merk (Studi Kasus Pada Cafe Sembari Coffee, Sleman). Mandar: Management Development And Applied Research Journal, 5(1), 159–164.
Lifi Pratika, N., Welsa, H., & Dwi Cahyani, P. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Melalui Purchase Intention. Jurnal Ilmiah Mea, 4(2), 688–707.
Martha, L., & Maini, D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Cv. Tjahaja Baru Surantih. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2, 1172–1192.
Muh Hasban Wadi, Muinah Fadhilah, L. T. H. H. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). 6(April), 172–181. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V6i1.223
Nugroho Dwi Ilham, S. S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek Maliqa). 20(1), 113–126.
Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Image , Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia. 4(11), 3909–3935.
Nurul Arsita, V. F. S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. 07(02), 125–131.
Pardede, E. R., Akhmad, I., & Kinasih, D. D. (2023). Pengaruh Trend Fashion Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Impor. 2(1), 69–77.
Pratiwi, S. A., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth Dan Promotion Through Social Media Terhadap Buying Decision Skincare Ms Glow Di Yogyakarta. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2791–2794. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i8.751
Purbohastuti, A. Wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V4i1.2480
Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorse, Citra Merek, Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Kasus Pada Produk Scarlett). Jurnal Manajerial, 21(1), 95–110. Https://Doi.Org/10.17509/Manajerial.V21i1.47201
Sari, A. J., Udayana, I. B. N., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Variabel Green Marketing Dan Brand Ambassador Umkm Ngudi Rejeki Kelorida Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 4(2), 308–327. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V43i2.644
Siregar, F. R. A., Sadalia, I., & Sembiring, B. K. F. (2019). The Influence Of Celebrity Endorser To The Purchase Intention Of Medan Napoleon Cake With Brand Image As Intervening Variable. 100(Icoi), 619–623. Https://Doi.Org/10.2991/Icoi-19.2019.108
Supriyadin, Wahyu Wiyana, G. I. K. . (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Bran Image Terhadap Keputusan Pembelian. 1–23.
Winarsih, R. Sudarwati, Hamidah, R. A., & Putri, O. G. (2022). Keputusan Pembelian Ditinjua Dari Brand Image, Desain Produk, Dan Celebrity Endorser Edunomika – Vol. 06, No. 01 (2022). 06(01), 499–506.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).