Pengaruh Celebrity Endorser, Trend Fashion, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Erigo Di Yogyakarta

Authors

  • Muamar Kadafi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Muinah Fadhilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Putri Dwi Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.5210

Abstract

Kebutuhan akan pakaian bukan hannya memenuhi kebutuhan primer saja, melaikan dapat memberikan rasa percaya diri pada pengguna fashion. Erigo adalah salah satu produk asli Indonesia yang menanpilkan kualiatas tinggi dan desain produk yang mendukung segala aktivitas dan kebutuhan sehari-hari. Namun, persaingan dunia industri yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk lebih kreatif dan membuat produk lebih kompetitif. Tujuan penelitian untuk meneliti tentang pengaruh Celebrity Endorser, Trend Fashion, dan Brand image terhadap Keputusan Pembelian produk Fashion Erigo di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen produk Erigo di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang responden yang di ukur dengan skala likert. Untuk teknik analisis data menggunakan metode analisi regresi liner berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Celebrity Endorser (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Trend Fashion (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), Brand Image (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa secara simultan variabel Celebrity Endorser (X1), Trend Fashion (X2), dan Brand Image (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk fashon Erigo di Yogyakarta. 

References

Chriswardana Bayu Dewa. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta Pada Produk Oleh-Oleh Jogja Scrummy. 8(1), 1–9.

Dimas Bima Wijayanto, Muinah Fadhilah, P. D. C. (2023). Pengaruh Product Quality, Product Design, Dan Celebrity Endorsment Terhadap Purchase Decision Motor Matic Honda Vario 150cc Di Yogyakarta. 5(5), 2071–2080. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i5.2111

Ekonomi, G. S., & Gumelar, B. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik.

Haryanti, I., Nurdin, H., Purnama, I., Mulya, K. S., & Nurulrahmatiah, N. (2020). Hedonic Motives And Fashion Trends In Decisions To Purchase Veil Clothes. 465(Access 2019), 139–141. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.200827.036

Imamah, Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2022). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Iklan Media Sosial, Word Of Mouth Dan Citra Merk (Studi Kasus Pada Cafe Sembari Coffee, Sleman). Mandar: Management Development And Applied Research Journal, 5(1), 159–164.

Lifi Pratika, N., Welsa, H., & Dwi Cahyani, P. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Melalui Purchase Intention. Jurnal Ilmiah Mea, 4(2), 688–707.

Martha, L., & Maini, D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Cv. Tjahaja Baru Surantih. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2, 1172–1192.

Muh Hasban Wadi, Muinah Fadhilah, L. T. H. H. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). 6(April), 172–181. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V6i1.223

Nugroho Dwi Ilham, S. S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek Maliqa). 20(1), 113–126.

Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Image , Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia. 4(11), 3909–3935.

Nurul Arsita, V. F. S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. 07(02), 125–131.

Pardede, E. R., Akhmad, I., & Kinasih, D. D. (2023). Pengaruh Trend Fashion Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Impor. 2(1), 69–77.

Pratiwi, S. A., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth Dan Promotion Through Social Media Terhadap Buying Decision Skincare Ms Glow Di Yogyakarta. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2791–2794. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i8.751

Purbohastuti, A. Wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V4i1.2480

Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorse, Citra Merek, Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Kasus Pada Produk Scarlett). Jurnal Manajerial, 21(1), 95–110. Https://Doi.Org/10.17509/Manajerial.V21i1.47201

Sari, A. J., Udayana, I. B. N., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Variabel Green Marketing Dan Brand Ambassador Umkm Ngudi Rejeki Kelorida Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 4(2), 308–327. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V43i2.644

Siregar, F. R. A., Sadalia, I., & Sembiring, B. K. F. (2019). The Influence Of Celebrity Endorser To The Purchase Intention Of Medan Napoleon Cake With Brand Image As Intervening Variable. 100(Icoi), 619–623. Https://Doi.Org/10.2991/Icoi-19.2019.108

Supriyadin, Wahyu Wiyana, G. I. K. . (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Bran Image Terhadap Keputusan Pembelian. 1–23.

Winarsih, R. Sudarwati, Hamidah, R. A., & Putri, O. G. (2022). Keputusan Pembelian Ditinjua Dari Brand Image, Desain Produk, Dan Celebrity Endorser Edunomika – Vol. 06, No. 01 (2022). 06(01), 499–506.

Published

2023-03-21

How to Cite

Kadafi, M., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Trend Fashion, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Erigo Di Yogyakarta. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.5210

Citation Check