Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kerudung Instan Rabbani di Rangkasbitung Lebak
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v6i01.2246Keywords:
Diversifikasi Produk, Kepuasan Konsumen, Kerudung Instan RabbaniAbstract
Produk merupakan salah satu faktor penentu bertahan atau tidaknya sebuah produsen karena akan bergantung pada sejauh mana konsumen puas dengan produk yang dihasilkannya, Eksistensi kebutuhan yang berbeda macamnya kemudian menjadi dasar bagi konsumen untuk melakukan tindakan pemilihan atas tersedianya berbagai alternatif produk. Produk merupakan suatu himpunan dari atribut-atribut fisik atau abstrak yang akan diterima pembeli sebagai pemenuhan kebutuhan atau sesuatu yang ditawarkan ke pasar agar diperhatikan, dimiliki, dipakai, atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan produsen pada umumnya. Diversifikasi ini merupakan alternatif bagi para konsumen untuk memilih apa yang mereka beli benar-benar baik atau tidak. Penelitian untuk mengetahui apakah diversifikasi produk memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen atau tidak dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian kali ini menunjukan bahwa diversifikasi Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Kerudung Instan di Toko Rabbani Rangkasbitung. Adapun besarnya pengaruh kualitas produk sebesar 0,468 atau sama dengan 46,8% pengaruh diversifikasi terhadap kepuasan konsumen artinya bahwa konsumen memiliki peluang untuk memilih produk yang mereka inginkan.
Kata Kunci: Diversifikasi Produk, Kepuasan Konsumen, Kerudung Instan Rabbani
References
Ams, K. dan. (2012). 済無No Title No Title. Kotler Dan Amstrong 2012.
Cepakarani, G. (2016). Pengaruh Program Tayangan Kontes Dangdut D’Academy di Televisi Swasta Indosiar dengan Minat Siswa Non Dangdut Sekolah Musik ADSOR Purnomo Semarang Pada Musik Dangdut. Jurnal The Messenger. https://doi.org/10.26623/themessenger.v7i2.291
Farida, T. (2016). Kotler dan Armstrong (2008: 98) menjelaskan bahwa. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.
Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek.
Frank van Steenbergen, & Tuinhof, A. (2009). Uji Asumsi Klasik. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Garvin, D. A., & Levesque, L. C. (2017). Executive decision making at General Motors. Harvard Business Review.
Goetsch, D., & Davis, S. (2014). Customer Satisfaction. Quality Management for Organizational Excellence. In TQM It really works.
Kanal Informasi. (2019). Home » Referensi » Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli (Arikunto, Sugiyono, dkk) Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli (Arikunto, Sugiyono, dkk). Pengertian Data Primer Dan Data Sekunder.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Siaran Pers Hm.4.6/88/Set.M.Ekon.3/04/2021, 1. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandem%0Ahttps://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi
Khamidi, S. (2013). PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN (Studi Kasus pada Perusahaan Konveksi âFaiza Bordirâ Bangil â Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 5(2), 76588.
Lenti Iswari, M. (n.d.). Pengaruh covid19 terhadap aktivitas pertumbuhan ekonomi di indonesia. 13–20.
Maya Macia Sari, D. (2021). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Noersanti, L., Juniarti, Akhmadi, A., & Sapta B, G. (2021). Pandemi COVID-19 : Tantangan , Dampak Sosial Ekonomi Serta Potensi Solusi. Progresif, 1(1), 7–14.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah - Dr. Juliansyah Noor, S.E., M.M. - Google Buku. Jakarta: Prenadamedia.
Rachmawati, V., Dedi, S., & Simatupang, R. A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Berkunjung (Studi Kasus: Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari). Collaborative Governance.
Siddiqi, M. N. (2004). Riba, Bank Interest and the Rationale of its Prohibition. Visiting Scholars’ Research Series.
SIREGAR, W. Y. (2020). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menngunakan Jasa Bank Syariah. Etd.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id.
Smeru, Prospera, UNDP, & UNICEF. (2021). Ringkasan Eksekutif: Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesia. SMERU Research Institute, 1–7.
sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran dan Implementasi. PT. Prehallindo. Jakarta.
Sugiyono. (2019). Sugiyono. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Suryati, L. (2021). Pengaruh Strategi Promosi melalui Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian di Cafe 38 Coffee Lab yang dimediasi electronic word of mouth marketing . Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Syarah, S. (2016). PEMBELIAN ( Studi Pada Konsumen Outlet Rabbani Purwokerto ) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Syari ’ ah ( S . E . Sy .) JURUSAN EKONOMI SYARI ’.
Tjiptono dan Chandara. (2005). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada swalayan luwes purwodadi ). Jurnal Manajemen Pemasaran.
Tristiarto, Y., & Kusmana, A. (n.d.). Pengembangan Usaha Mikro , Kecil dan Menengah Kabupaten Lebak Banten Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Program pengembangan Usaha. 4(1), 26–33.
Zulian, Y. (2001). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. In Ekonomi dan Bisnis.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).