UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBIMBING PERILAKU PUBERTAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Muhammad Izzauddinulhaq Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.698

Keywords:

usaha, guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti, sikap pubertas, peserta didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pendidik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membimbing perilaku pubertas siswa, faktor pendukungnya, faktor penghambatnya, dan solusi dari faktor penghambatnya. Kemudian penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah pengumpulan data yang bersumber dari variabel, buku-buku, makalah atau artikel, jurnal, dan web. Adapun hasil penelitian ini yaitu: Pertama, upaya pendidik dalam membimbing perilaku pubertas siswa yaitu: (a). Mengadakan kegiatan shalat Dhuha, (b). Mengadakan kegiatan tadarus Al-Qur’an, (c). Mengadakan kegiatan keputrian, (d). Mengadakan kegiatan rohis, (e). Mengadakan bimbingan baca tulis Alquran, (f). Mengadakan kegiatan Jumat mandiri dan Islami, (g). Mengadakan kegiatan setor ayat. Kedua, faktor pendukungnya yaitu: (a). Kebijakan dari pihak Sekolah, (b). Dukungan dari guru lainnya yang ikut serta pada saat proses bimbingan berlangsung, (c). Kondisi peserta didik yang didominasi oleh mereka yang nurut ketika proses bimbingan berlangsung, (d). Lingkungan yang baik, (e). Adanya sarana prasarana yang memadai. Ketiga, faktor penghambatnya yaitu: (a). Sering terjadinya mis komunikasi dengan orang tua, (b). Kondisi peserta didik yang ada pada fase pertumbuhan pubertas. Keempat, solusi terhadap faktor-faktor penghambat yaitu: (a). Pendidik selalu menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid secara berkesinambungan, (b). Melakukan evaluasi berkesinambungan.

References

Heriansyah. (2018). Guru Adalah Manager Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Management Pendidikan Islam, 1(01).

Hilda Ainissyifa. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1).

Muslim. (2018). Kompetensi Guru, Budaya Organisasi, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid pada Sekolah Menengah Atas Islam Hasmi Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).

Sumber dari Buku

Daradjat, Z. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haryanti, N. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Haditono, R.S. (2009). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ibrahim, M. (2011). Koreksi Kesalahan Mendidik Anak. Solo: Nabawi Publishing.

Kosim, A. dan Fathurrohman. (2018). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Alhidayah Press.

Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Munir, S. (2016). Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.

Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nur, M. (2010). Prophetic Parenting Cara Nabi Saw Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.

Nata, A. (2018). Psikologi Pendidikan Islam. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ramayulis. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sani, R.A. dan dan Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suyanto dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group.

Sarwono, W.S. (2009). Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tantowi, A. (2009). Pendidikan Islam di Era Transformasi Global. Semarang; PT. Pustaka Rizki Putra.

Tantowi, A. (2009). Pendidikan Islam di Era Transformasi Global. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.

Usman, M.U. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasil Wawancara

Hasil wawancara dengan RM/PAI/W/03/12/2019 (Selasa, 03 Desember 2019 di SMP Negeri 13 Kota Bogor, pukul 08.56 WIB).

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Izzauddinulhaq, M., Sarbini, M., & Maulida, A. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBIMBING PERILAKU PUBERTAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 54–64. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.698

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>