IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING PADA SANTRI TINGKAT WUSTHO DI PONDOK PESANTREN AL-MUSLIMUN DESA HEGARMANAH KECAMATAN SUKALUYU KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2019

Authors

  • Jamaludin Jamaludin Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.535

Keywords:

metode, sorogan, kitab kuning, kemampuan baca.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas umat Muslim terbanyak di dunia, dengan ciri has banyaknya pondok pesantren. Dengan adanya pondok pesantren tidak sedikit yang menerapkan metode pembelajaran kitab kuning menggunakan metode sorogan, hal demikian Pondok Pesantren Al-Muslimun Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur menerapkan metode sorogan untuk memberikan para santri dapat membaca kitab kuning dengan baik dan benar. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa Pondok Pesantren Al-Muslimun telah melahirkan sejumlah santri yang mampu membaca kitab dengan tahapan awal mengetahui sakal, tahap kedua mengetahui (gramer) tata bahasa Arab, dan tahap ketiga dapat memberikan makna sesungguhnya yang termaktub di dalam kitab yang dibaca. Pihak Pondok Pesantren Al-Muslimun tidak menutup kemungkinan untuk berjalannya proses pembelajaran menggunakan metode sorogan dan melibatkan para santri senior untuk terjun langsung memberikan ilmunya kepada santri junior. Adapun saran untuk Pondok Pesantren Al-Muslimun diharapakan dapat menerapkan metode Sorogan dengan maksimal. Sehingga dari lulusan Pondok Pesantren Al-Muslimun tahun ke tahun dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat luas yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama.

References

Cahyadi, R.A.H. (2017). Pengembangan Pondok Pesantren. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1).

Mabrura, V.N. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Pengajian Kitab Kuning (Kitab Nashoihul Ibad) terhadap Ketaatan Beribadah Mahasantri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang (Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Maulida, A. (2017). Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak dalam Hadits Nabawi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Wakit, A. (2016). Efektivitas Metode Sorogan Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(1).

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Muqoddas, D. (2011). Kontroversi Hakim Perempuan Pada Peradilan Islam di Negara-Negara Muslim. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Nata, A. (2017). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Salemba Diniyah.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumair, Sb. (2018) Matan Safinatunnajah. Solo: Al-Qowam.

Thalib, M. (2013). Alquran Tarjamah Tafsiriyah. Yogyakarta: Ma’had An-Nabawy.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. (2010). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Sumber Dari Waancara

Hasil wawancara dengan pimpinan Ponpes Al-Muslimun pukul 10.30 WIB pada hari Rabu tanggal 5 Mei 2019.

Hasil wawancara dengan pengurus Pondok Pesantren Al-Muslimun key informat 2 pada hari Ahad tanggal 15 Juni 2019 pukul 13.40 WIB.

Hasil wawancara dengan guru Baca Kitab Pondok Pesantren Al-Muslimun key informant 3 pada hari Ahad tanggal 10 Juni 2019 pukul 13.40 WIB.

Hasil wawancara dengan pengurus Pondok Pesantren Al-Muslimun key informant 2 pada hari Ahad tanggal 15 Juni 2019 pukul 13.40 WIB.

Hasil wawancara dengan pimpinan Pondok Pesantren Al-Muslimun key informant 1 pada hari Ahad tanggal 23 Juni 2019 pukul 13.40 WIB.

Hasil wawancara dengan santri tingkat Wustho, key informant 4 pada hari Ahad tanggal 14 Juni 2019 pukul 13.40 WIB.

https://tedisobandi. blogspot.com/2017/10/ simbol- dan-kode-bmenerjemahkan-kitab.html, diakses pada tanggal 23 Juli 2019 pukul. 20.41. WIB.

kbbi.web.id, diakses pada pukul 20.28 WIB tanggal 2 Juli 2019.

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Jamaludin, J., Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING PADA SANTRI TINGKAT WUSTHO DI PONDOK PESANTREN AL-MUSLIMUN DESA HEGARMANAH KECAMATAN SUKALUYU KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.535

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>