IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID MENGGUNAKAN KITAB MATAN AL-MUQADDIMAH AL-JAZARIYYAH: Studi pada Santri Mukim di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Tahun 2019

Authors

  • Febriyansyah Febriyansyah Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-6785-0777
  • Ali Maulida Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.574

Keywords:

implementasi pembelajaran, Matan Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah.

Abstract

Pembelajaran ilmu tajwid merupakan cabang ilmu yang hukum mempelajarinya adalah fardhu kifayah dan hukum membaca Alquran dengan kaidah ilmu tajwid tersebut adalah fardhu ain. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, pembelajaran yang diperlukan adalah metode talaqqi, media pembelajaran papan tulis dan spidol, sumber buku adalah kitab Matan Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah, dan imtihan. Kedua, faktor pendukung antara lain: kualitas mudarris, sistem pembelajaran, metode talaqqi, lingkungan yang kondusif, dan fasilitas yang lengkap. Ketiga, faktor penghambat antara lain: daya tangkap sebagian santri yang lemah, media pembelajaran yang kurang, minat sebagian santri yang rendah, kurangnya motivasi, dan psikologi santri. Keempat, solusi untuk mengatasi faktor penghambat antara lain: menambah program pembelajaran tambahan di luar waktu normal, penambahan media pembelajaran,  dan pihak pondok pesantren bekerjasama dengan asatidz untuk senantiasa memberikan motivasi, dan melakukan pendekatan-pendekatan secara fleksibel terhadap psikologi santri

References

Mashuri, M. (2016). Peran Imam Shatibi dan Ibn Al-Jazari dalam Ilmu Qira’at (Studi Analisis Historis). Mafhum, 1(1).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maulida, A. (2017). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan, dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan). Edukasi Isami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qaur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2017). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).

Sarbini, M. (2017). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Alquran Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08).

Satria, E., Tresnawati, D., dan Nurvitrya, A. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 12(1).

Susianti, C. (2017). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1).

Sumber dari Buku

Abdurohim, A.I. (2017). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV Diponegoro.

Al-Hafizh, A.A.A.R. (2018). Pedoman Dauroh Al-Quran Panduan Ilmu Tajwid Aaplikatif. Jakarta Timur: Markaz Alquran.

Al-Mujahid, A.T.H. (2017). Ilmu Tajwid Pegangan Para Pengajar Alquran dan Aktifis Dakwah. Jakarta: Darus Sunnah.

Andy, A.Y. (2010). Ilmu Tajwid Pedoman Membaca Alquran. Jombang: Pelita Offset.

Badrusalam dan Djamaludin, A.S. (2016). Syarah Riyadhus Shalihin. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Bisri, H. (2016). Pengantar Memahami Matan Jazariyyah. Depok: Diandra Kreatif.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jazari, I. Manzhumah Al-Muqaddimah. Jeddah: Al-Maktabah Dar Nur.

Katsir, I. (2016). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press.

Qomar, M. (2014). Menggagas Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Yayasan Penyelenggara/Penafsiran Alquran. (2018). Al-Fath Tajwid dan Terjemah. Jakarta Selatan: CV Alfatih Berkah Cipta.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Febriyansyah, F., Maya, R., & Maulida, A. (2018). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID MENGGUNAKAN KITAB MATAN AL-MUQADDIMAH AL-JAZARIYYAH: Studi pada Santri Mukim di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Tahun 2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 202–215. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.574

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>