IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID MENGGUNAKAN KITAB MATAN AL-MUQADDIMAH AL-JAZARIYYAH: Studi pada Santri Mukim di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.574Keywords:
implementasi pembelajaran, Matan Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah.Abstract
References
Mashuri, M. (2016). Peran Imam Shatibi dan Ibn Al-Jazari dalam Ilmu Qira’at (Studi Analisis Historis). Mafhum, 1(1).
Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).
Maulida, A. (2017). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).
Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan, dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan). Edukasi Isami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).
Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qaur’an dan Tafsir, 01(01).
Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).
Maya, R. (2017). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).
Sarbini, M. (2017). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Alquran Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08).
Satria, E., Tresnawati, D., dan Nurvitrya, A. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 12(1).
Susianti, C. (2017). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1).
Sumber dari Buku
Abdurohim, A.I. (2017). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV Diponegoro.
Al-Hafizh, A.A.A.R. (2018). Pedoman Dauroh Al-Quran Panduan Ilmu Tajwid Aaplikatif. Jakarta Timur: Markaz Alquran.
Al-Mujahid, A.T.H. (2017). Ilmu Tajwid Pegangan Para Pengajar Alquran dan Aktifis Dakwah. Jakarta: Darus Sunnah.
Andy, A.Y. (2010). Ilmu Tajwid Pedoman Membaca Alquran. Jombang: Pelita Offset.
Badrusalam dan Djamaludin, A.S. (2016). Syarah Riyadhus Shalihin. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Bisri, H. (2016). Pengantar Memahami Matan Jazariyyah. Depok: Diandra Kreatif.
Djamarah, S.B. dan Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jazari, I. Manzhumah Al-Muqaddimah. Jeddah: Al-Maktabah Dar Nur.
Katsir, I. (2016). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press.
Qomar, M. (2014). Menggagas Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Yayasan Penyelenggara/Penafsiran Alquran. (2018). Al-Fath Tajwid dan Terjemah. Jakarta Selatan: CV Alfatih Berkah Cipta.