PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT BERJAMAAH SISWA DI SMPIT AL-HIDAYAH BOGOR TAHUN AJARAN 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.588Keywords:
peran, guru, kedisiplinan, shalat berjamaahAbstract
References
Heriyansyah. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Ibadah Shalat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(08).
Ismail, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.
Junaidi, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Shalat Fardhu dan Baca Al-Qur’an Melalui Metode Tutor Sebaya di SMPN 4 Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Jurnal Ansiru PAI, 01(01).
Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidik Dalam Perspektif M. Natsir (Studi Analitis Pemikiran Pendidikan M. Natsir dalam “Fiqhud Dakwahâ€). Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 01(02).
Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).
Maya, R. (2017. Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâf’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).
Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).
Satriani Is, S. (2018). Pembinaan Guru PAI dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Susilawati. (2018). Implementasi Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sholat Berjamaah Siswa pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Uyun, Q.R. (2012). Sabar dan Shalat Sebagai Model untuk Meningkatkan Resiliensi di Daerah Bencana, Yogyakarta. Jurnal Intervensi Psikologi, 04(02).
Widi, E.N.N, Putri, S., dan Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa-Siswi SMA Ditinjau dari Perilaku Shalat Wajib Lima Waktu. Jurnal Psikologi Islam, 04(02).
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).
Sumber dari Buku
Departemen Agama RI Al-Hikmah. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahnya Al-Hikmah. Bandung: Diponegoro.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hosnan, M. (2016). Etika Profesi Pendidik: Pembinaan dan Pemantapan Kinerja Guru, Kepala Sekolah, serta Pengawas Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamalik, O. (2018). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Priansa, D.J. (2017). Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional: Konsep Peran Strategis dan Pengembangannya. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Lajnah Ilmiah MIM. (2014). Dinul Islam 2: Ulasan Utama Dasar-Dasar Islam. Bogor: PT Marwah Indo Media.
Sumber Dari Wawancara
Hasil wawancara dengan Ustadz. Reno Saputra pada hari senin tanggal 29 juli 2019.