UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII SMP UNGGULAN CITRA NUSA CIBINONG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Sandy Rizky Ramadhan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.575

Keywords:

upaya, guru, karakter religius, siswa.

Abstract

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, kondisi karakter religius siswa Kelas VIII tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kedua, upayanya adalah dengan melakukan pembiasaan rutin, seperti: (a) Tadarus Alquran; (b) Kultum; (c) Shalat duha; (d) Doa bersama; (e) Shalat zuhur berjamaah; (f) Shalat asar berjamaah; dan (g) Berinfak. Ketiga, faktor pendukungnya adalah: (a) Kebijakan dari kepala sekolah; (b) Dukungan dari guru lainnya (c) Sarana dan prasarana yang memadai; (d) Peserta didik semangat dan antusias; dan (e) Lingkungan yang baik. Keempat, faktor penghambatnya adalah: (a) Kurangnya dukungan dari orangtua; (b) Lingkungan yang kurang baik; dan (c) Terbatasnya waktu pelaksanaan. Kelima, solusi terhadap faktor penghambatnya adalah: (a) Guru PAI dan Budi Pekerti selalu memberikan pengarahan kepada orangtua murid; (b) Memberikan kewaspadaan kepada siswa akan bahaya lingkungan yang kurang baik; dan (c) Melakukan evaluasi berkesinambungan.

References

Arijulmanan (2013). Pendidikan Islam Berbasis Tauhid. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 5(2).

Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maulida, A. (2017). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam,03(02).

Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-IttibÄ’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Nahrowi, F., Maulida, A., & Ginanjar, M. H. (2018). Upaya Meningkatkan Kedisplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Kegiatan Tadarus Al-Qur’an di SDN Kotabatu 08 Tahun Ajaran 2017-2018 Kecamatan Ciomas Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B).

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).

Setyowati, E. (2009). Pendidikan Budi Pekerti Menjadi Mata Pelajaran di Sekolah. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(2).

Sumber dari Buku

Alma, B. (2009). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Az-Zahra, S. (2011). 101 Tips & Ide Membimbing Spiritualitas Anak. Yogjakarta: Darul Hikmah.

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Alhidayah Press.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasil Wawancara

Hasil wawancara dengan MHS/PAI/W/18/07/2019 (Kamis, 18 Juli 2019 di SMP Unggulan Citra Nusa Cibinong Kabupaten Bogor, pukul 09.49 WIB).

Downloads

Published

2019-12-10

How to Cite

Ramadhan, S. R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII SMP UNGGULAN CITRA NUSA CIBINONG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 216–224. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.575

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>