UPAYA GURU MATA PELAJARAN ALQURAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI MADRASAH DINIYAH TINGKAT ULA DARUL MARHAMAH LIL AYTAM KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019

Authors

  • Mulyono Mulyono Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-4008-5806
  • Ali Maulida Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.523

Abstract

The background of this study is the current real conditions regarding the lack of understanding of students of the Koran. The future of the nation and state in the present generation, namely students who are educated in religious knowledge and knowledge. The future generation is very dependent on the current generation of teachers. So there is a need for teacher efforts to improve the learning of tahfidz of the Koran so that students are enthusiastic about learning and memorizing the Koran. Studying and teaching students about the Koran requires a learning method that is appropriate. Dimadrasah Darul Marhamah Lil Aytam, Bogor Regency, qualitative research was used, as the principal's correspondent, deputy headmaster of curriculum and teacher of the Koran. The results showed (1) the learning conditions of the Koran in Madulite Diniyah Darul Marhamah Lil Aytam went well, where students in learning the Koran were active, creative and also fun. (2) Learning Techniques used classical, private, tallaqi, murojaah and memorization deposits (3) supporting factors are teacher competence, systems or programs created, environment and learning infrastructure facilities (4) inhibiting factors namely the ability of students, less motivation, psychological problems of children (5) inhibiting factor solutions namely motivating students continuously, providing supporting infrastructure, appropriate learning methods, taking part in competitions, rewards or prizes and creating groups of whatshaap between the guardian and parents.

References

Heriyansyah, H. (2018). GURU ADALAH MANAJER SESUNGGUHNYA DI SEKOLAH. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).

Maulida, A. (2017). Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak dalam Hadits Nabawi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.

Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidik dalam perspektif M. Natsir: Studi Analitis Pemikiran Pendidikan M. Natsir dalam Fiqhud Dakwah. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 1, 01(2).

Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidikan dalam Perspektif M. Natsir: Studi Analitis Pemikiran Pendidikan M. Natsir dalam Fighud Dakwah. Jurnal Alfikri, 01(2).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(03).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Purnama, R. (2019). Strategi Mundir dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Santri: Studi di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Skrpsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor.

Wahidin, A. (2015). Filosofi Manusia Sebagai Pendidik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(07).

Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07).

Wahidin, U. (2017). Peran Strategis Keluarga dalam Pendidikan Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(03).

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).

Glaxo, I.G. (2013). Encyclopedia Islam Internasional. Tangerang: Andalusia Publisher.

Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru Agama Islam., Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kementerian Agama RI. (2012). Alquran dan Terjemahannya. Jakarta: PT Sinergi Pustaka Indonesia.

Khalifah, M. dan Qutub, M. (2016). Menjadi Guru Inspiratif. Sukoharjo: Mumtaza Memang Istimewa.

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press.

Mawardi. (2013). Pengantar Ulumul Qur’an. Banda Aceh: Pena.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasil wawancara dengan guru mapel Alquran dan Hadits, Mujahid pada hari Selasa 9 Juli 2019 pukul 10.15 di ruang kelas.

Hasil wawancara dengan Mujahid pada hari Selasa 9 Juli 2019 pukul 10.30 di ruang kelas.

Hasil wawancara dengan kepala sekolah, Sukarman pada hari Senin 8 Juli 2019 pukul 09.00 di ruang tamu Kepala Sekolah.

Hasil wawancara dengan Mujahid pada hari Selasa 9 Juli 2019 Pukul 10.00 WIB, di ruang kelas lima.

Hasil wawancara dengan waka kurikulum Mahfud pada hari Kamis 11 Juli 2019 pukul 13.30 di ruang kantor guru.

Hasil wawancara dengan guru mapel Alquran Mujahid pada hari Selasa 9 Juli 2019 pukul 10.00 WIB, di ruang kelas lima.

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Mulyono, M., Wahidin, U., & Maulida, A. (2019). UPAYA GURU MATA PELAJARAN ALQURAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI MADRASAH DINIYAH TINGKAT ULA DARUL MARHAMAH LIL AYTAM KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.523

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>