UPAYA GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN SIKAP SPIRITUAL SISWA: Studi di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Kabupaten Bogor

Authors

  • Darwin Bugis Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.528

Keywords:

upaya guru, akidah, akhlak, meningkatkan spiritual

Abstract

Pendidikan spiritual seharusnya melekat dan menyatu di setiap kurikulum yang berlaku di tanah air. Seharusnya semua manajamen dan penyelenggara pendidikan menjiwai pendidikan spiritual sebagai ikhtiar atas jawaban di tengah buruk dan rusaknya moralitas dan hanya dengan pendidikan spirituallah rusaknya moralitas dan berbagai persoalan bangsa dapat diatasi dengan baik. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, memberikan teladan, memutar video motivasi, dan selalu mengingatkan para siswa agar selalu melakukan kebaikan; kedua, faktor pendorong: mata pelajaran akidah akhlak berkaitan langsung dengan spiritual, kemudian aturan sekolah yang berkaitan langsung dengan spiritual, dan banyaknya mata pelajaran agama; ketiga, faktor penghambat, pengaruh lingkungan luar terhadap perkembangan anak dan fasilitas masjid yang berada di luar sekolah; keempat, pendekatan terhadap para siswa yang memiliki masalah, dan menjahui hal-hal yang bersifat kekerasan.

References

Bafadhol, I. (2017). TUJUAN HIDUP DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 2(03).

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 19.

Halim, N.A. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dan Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Diss. STAIN Kudus.

Hartatik, A. dan Suyatman. (2018). Perbedaan Sikap Spiritual Antara Siswa yang Melanggar Peraturan dan Siswa Yang Tidak Melanggar Peraturan Kelas VIII Mts Negeri 1 Gondang Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Phd Thesis. IAIN Surakarta.

Hasanah, U. (2018). Peningkatan Pemahaman Siswa Materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV C Minu Wedoro Sidoarjo. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hayati, D.N. dan Wibowo, A. (2018). Pengaruh Media Audio-Visual dan Strategi Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. Diss. Iain Surakarta.

Ismail, M.I. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1). 44-63.

Juariah, S., Wartono, dan Yasyakur, M. (2018). Peran Pondok Pesantren Darussunnah dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Masyarakat Desa Iwul Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1). 28-45.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Sari, M. (2018). Tradisi Turun Tanah Masyarakat Suku Sunda Dalam Tinjauan Aqidah Islam (Studi di Kelurahan Waygubak Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung). Diss. UIN Raden Intan Lampung.

Setyorini, D.A. (2018). Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas I di MIM Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Diss. IAIN Surakarta.

Sugiarti, T. (2015) Urgensi Bimbingan Guru PAI dalam Perkembangan Kepribadian Islami Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihya Ciomas Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam.

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press.

Ramayulis. (2016). Profesi & Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Hasil wawancara dengan Ibu Anisa hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019 pukul 10.30 WIB.

Hasil wawancara dengan Bapak Encun hari Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 11.00 WIB.

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Bugis, D., Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). UPAYA GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN SIKAP SPIRITUAL SISWA: Studi di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Kabupaten Bogor. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.528

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>