UPAYA GURU PENDIDIKAN GAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK INFORMATIKA BINA GENERASI 3 KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Abdullah Abdullah Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Dosen Prodi Pendidikan Agam Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Dosen Prodi Pendidikan Agam Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.563

Keywords:

guru PAI, karakter Islami, budi pekerti, upaya

Abstract

Lokasi penelitian ini bertempat di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor. Adapun metode yang dipakai dalam mengumpulkan data ialah dokumentasi observasi, dan wawancara. Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan format dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan deangan cara mengurangi (reduksi) data, interpretasi data penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk karakter peserta didik, hubungan orang tua dan guru dalam hal ini pihak sekolah sangat dibutuhkan dalam proses pembentukannya. Upaya  lain yang dilakukan oleh pihak sekolah di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor dalam memaksimalkan pembentukan karakter peserta didik ialah  dari pihak guru mengadakan pertemuan dengan orang tua peserta didik, membiasakan kedisiplinan, membina dengan cara pendidikan, menanamkan akidah tauhid mengadakan kegiatan belajar mengajar, membiasakan peserta didik untuk melaksanakan shalat dhuha dan salat wajib yang lima waktu secara bersama-sama (berjamaah), melakukan kunjungan ke rumah-ruamah, menyiapkan bahan pengontrolan, memberi contoh teladan yang baik dan  dengan memberi batasan (hijab) tempat laki-laki dan perempuan. Upaya ini  efektif sekali dalam membentuk akhlak (karakter Islami) peserta didik, hingga menjadi seseorang yang dewasa dan bertanggung jawab

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).

Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B), 146-157.

Maulida, A. (2017). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Maya, R. (2017). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).

Maya, R. (2017). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-IttibÄ’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Sumber dari Buku

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Cv. Afabeta.

Hamalik, O. (2018). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Musfah, J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Kadir, A. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan, jakarta: Prenadamedia Group.

Nata, A. (2012). Ilmu Pengetahuan Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghailia Indonesia.

Syarifuddin K. (2018) Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sumber dari wawancara

Hasil wawancara bersama ustadz Maulana Yusuf. di ruaang guru pada tanggal 29 Juli 2019 pukul 11.30 WIB.

Sumber dari internet/Wabsite

https://kbbi.web.id/guru. diakses pada tanggal 14-07-2019:11.20

Downloads

Published

2019-10-20

How to Cite

Abdullah, A., Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN GAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK INFORMATIKA BINA GENERASI 3 KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 165–175. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.563

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>