UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN KARAKTER JUJUR PADA SISWA KELAS XI SMA BINA BANGSA SEJAHTERA KOTA BOGOR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.418

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya krisis multidimensional yang diperburuk dengan krisis moral dan budi pekerti yang berimbas pada generasi muda terutama pelajar yang melakukan perilaku tidak terpuji baik di dalam maupun di luar sekolah. SMA Bina Bangsa Sejahtera (BBS) Bogor merupakan salah satu sekolah menanamkan karakter jujur pada siswa agar memiliki pandangan hidup serta berpegang teguh pada nilai-nilai atau ajaran-ajaran Islam. Dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti harus melakukan bimbingan dan asuhan yang berkualitas dalam menanamkan karakter jujur. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengetahui bagaimana upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter jujur pada siswa Kelas XI di SMA BBS Bogor. Adapun hasil penelitian antara lain: Kondisi karakter jujur siswa sudah dilaksanakan oleh SMA BBS. Upaya guru dalam menanamkan karakter jujur pada siswa dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan pihak sekolah maupun orang tua/wali dan berperan sebagai pengawas, pembimbing, teladan, dan pemberi hukuman. Implementasi upaya guru dalam menanamkan karakter jujur pada siswa dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa agar membuat dan menyelesaikan tugas secara benar serta seta tidak mencontek maupun memberi contekan. Faktor pendukung yang ditemukan yaitu adanya kerja sama dalam melakukan pengawasan, lingkungan sekolah yang menerapkan kegiatan keagamaan, kegiatan sekolah yang mendukung, dan adanya tata tertib di sekolah. Faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu, keterbatasan pengawasan dari pihak sekolah, lingkungan pergaulan siswa, minimnya pendidikan orang tua terhadap agama, dan perhatian orang tua

References

Erlangga, Y. (2013). Panduan Pendidikan Anti Korupsi. Jakarta: Erlangga Group.

Hamka, A.A. (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Husamah. (2015). Kamus Psikologi Lengkap. Yogyakarta. CV Andi Offise. h. 182

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Ngajenan, M. (1990). Kamus Etismologi Bahasa Indonesia. Semarang: Dahara Prizze.

Nurla, I. dan Aunillah. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitati, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Hasil observasi

Downloads

Published

2019-04-16

How to Cite

Mansyur, I., Maya, R., & Wahidin, U. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN KARAKTER JUJUR PADA SISWA KELAS XI SMA BINA BANGSA SEJAHTERA KOTA BOGOR. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 120–129. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.418

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>