UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMPN 14 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Yuli Karmilasari Prodi Pendidikan Agama Islam STAI AlHidayah, Indonesia
  • Unang Wahidin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI AlHidayah, Indonesia
  • Muhammad Hidayat Ginanjar Prodi Pendidikan Agama Islam STAI AlHidayah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.860

Keywords:

upaya, guru PAI, karakter bertanggungjawab, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiupaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter bertanggungjawab siswa pada kebersihan lingkungan sekolah melalui program sampahku bukan untukmu(SAKU).Penelitian ini dilakukan di di SMPN 14 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Data dan informasi dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi dari beberapa informan, yaitu; kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI dan Budi Pekerti, tenaga kependidikan serta siswa. Teknik analisis data menggunakan metode Intrepretatif. Hasil penelitian menunjukkanantaralain: (1) Pengembangan karakter bertanggungjawab siswa pada kebersihan lingkungan sekolah dilakukan dengan cara antaralain: penanaman karakter sejak siswa diterima, metode pembiasaan, dan pelaksanaan program SAKU; (2) Upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan karakter bertanggungjawab dilakukan dengan cara mengingatkan setiap hari, mengajarkan disiplin, pembinaan dan bimbingan terprogram, dan pemberian sanksi; (3) Faktor pendukung antara lain: keterlibatan pegawai, sosialiasi program,motivasi, dan sarana dan prasarana yang memadai; (4) Faktor penghambatnya yaitu keberagaman karakter siswa, plastik kemasan, keterbatasan guru dalam evaluasi program, keterbatasan alat kebersihan, dan (5) Solusinya,melakukan pembinaan siswa secara kontinyu, larangan jajan di luar sekolah, mengevaluasi program, dan menyediakan sarana berupa alat kebersihan

References

Ginanjar, M.H &Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).

Iskandar, A,A. (2018). Pentingnya Memelihara Kebersihan dan Keamanan Lingkungan Secara Partisipatif Demi Meningkatkan Gotong Royong dan Kualitas Hidup Warga. Jurnal Ilmiah, 1(01).

Mansyur, Imam, Maya, R, & Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas XI SMA Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(02).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islami, 03(02).

Triana, R. (2018). Internalisasi Jihad dalam Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(01).

Wahidin,U. (2014). Communication Training Learning Based Multimedia Development For Teachers of Pedagogy Competence. International Journal of Education and Management Studies. ISSN-p-2231-5632. ISSN-e-2321-3671. Vol. 04, (02).

Sumber dari Buku

Barudin, T.P. (2019). Perilaku Kerja Keras dan Tanggung Jawab. Klaten: Cempaka Putih.

Ramayulis. (2015). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Karmilasari, Y., Wahidin, U., & Ginanjar, M. H. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMPN 14 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 72–79. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.860

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>