PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM SALAT BERJAMAAH DAN SALAT DUHA SISWA KELAS VIII DI SMPN 9 BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Solihin Solihin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1008

Keywords:

peran guru, pendidikan, agama Islam, meningkatkan karakter, religius, program salat berjamaah, salat duha

Abstract

Peningkatan siswa dalam karakter religiusnya dipengaruhi peran Guru PAI serta Budi Pekerti melalui program salat berjamaah dan salat duha. Penelitian memakai metode kualitatif. Hasil penelitian: (a) guru (PAI) sebagai penggerak salat berjamaah, dan salat duha; (b) memberikan pengarahan; (c) membuat jadwal waktu salat; (d) memberikan motivasi. Faktor-faktor pendukung (a) adanya sarana prasarana masjid; (b) pengaturan jadwal salat; (c) adanya Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dari kesiswaan; dan (d) lapangan luas. Faktor-faktor penghambat (a) masjid kecil; (b) sedikitnya guru (PAI); (c) guru (PAI) perempuan semua; dan (d) kesadaran siswa rendah. Solusi mengatasi faktor-faktor penghambat: (a) dibuat tim pembimbing; (b) mengarahkan siswa; (c) membentuk (DKM)  dari siswa; dan (d) Absensi siswa.

References

Ababillah, M. Hafidzul Furqon. (2018). Implementasi Shalat Dhuha di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Gresik (Doctoral Dissertation, Universita Muhammadiyah Gresik).

Anwar, K. (2011). Pengaruh Implementasi Salat Duha Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Ma Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Wonogiri Tahun 2011. Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Astuti, E. Karlina Dwi. (2019). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Kesalehan Sosial Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 10 Bandung Tahun ajaran 2018-2019 (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Gunung Jati Bandung).

Bidin, H., dkk. (2016). Ikhtilaf Hukum Solat Fardu Berjemaah Menurut Mazhab

Domara, D. (2015). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi.

Elimartati. (2017). Tinjauan dari Berbagai Aspek Tentang Rahasia Pelaksanaan Shalat (Studi Hukum Islam, Biologi dan Fisika). Proceeding IAIN Batusangkar, 1(1), 231-244.

Hasil observasi pada hari senin tanggal 05 Juli 2019 pukul 11:45 WIB.

Idrus, M., dkk. (2018). Implementasi Program Shalat Dhuha dalam Pembinaan Sikap Spiritual Peserta Didik di SMPN 2 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Skripsi.

Khotimah, K. (2016). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Muslim Heritage, 1(2), 371-388.

Larangga, Y. Febrian. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Kegiatan Wajib Salat Duha Siswa Kelas X SMA Giki II Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Ma’ruf, M. (2017). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Pembentukan Perilaku Religius Siswa di MTSN Ngantru Tulungagung Kelas VIII 2016. Skripsi.

Meilevarespati, B. (2019). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan di MI Muhammadiyah Dermosari Tugu Trenggalek. Skripsi. Melalui Pembiasaan Morning Activit, 1-27.

Multuani, S. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha dan Shalat Dhuhur Berjamaah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang Tahun 2016 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Qurhb Tentang Metode Keteladanan (At-Tarbiyah Bi Al-Qudwah), Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam 06(11).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter, Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2016). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).

Ngafifah, M. Zumrotul. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Shalat Dhuha dan Tadarus Al-Qur’an di SMPN 1 Gondang Tulungagung. (Skripsi).

Nikmaturrohmah, I. Latif. (2014). Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. (Skripsi).

Nurhayati, S. (2012). Pengaruh Intensitas Pelaksanaan Shalat Dhuha terhadap Ketenangan Jiwa Santri di Pondok Pesantren Tahaffudzul Qur’an Ngaliyan Semarang (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo). Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1),22-3.

Rosan, M Roja'i. (2013). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasaan Spiritual (SQ) Siswa: Studi Kasus Disekolah Menengah Pertama SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Saifullah. (2017). Pengaruh salat berjamaah terhadap kedisiplinan santri: studi kasus diPondok Pesantren Al-Bakriyah Lomaer Blega Bangkalan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sanusi, H. Priatna. (2013). Peran Guru PAI dalam Pengembangan Nuansa Religius di Sekolah. dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 11(2).

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Suharsono. (2017). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Salat Jama’ah di Masjid MTS Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Skripsi.

Rosa S. (2013). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Al-Ta lim Journal. 20(3).

Ubaidillah, M. Ighfir. (2018). Pembentukan Karakter Religius Siswa SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Melalui Pembiasaan Morning Activity. Pembentukan Karakter Religius Siswa SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Melalui Pembiasaan Morning Activit, 1-27.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Sumber dari Buku

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: CV Alfabeta.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A., dan Andayani, D. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Salim, A. Malik Kamal bin as-Sayyid. (2012). Shahih Fiqih Sunnah. Jakarta: Pustaka At-Tazkia.

Samani, M., dan Haryanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarwat, A. (2017). Seri Fiqih 3: Shalat (Vol.3). Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing.

Sukmadinata, N. Syaodih. (2011). Metode PenelitianPendidikan. Diterbitkan Atas Kerjasama Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Dengan PT Remaja Rosdakarya.

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Karakter Tim Dosen Prodi PAI. (2013). Bunga Rampai Pendidikan Berkarakter Islami. Bogor: STAI Al Hidayah.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Solihin, S., Maya, R., & Priyatna, M. (2020). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM SALAT BERJAMAAH DAN SALAT DUHA SISWA KELAS VIII DI SMPN 9 BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 110–123. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1008

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>