UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQURAN SISWA KELAS XI SMA AL MINHAJ BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.540Keywords:
upaya, guru, tahfizh, Alquran, siswa.Abstract
Perhatian terhadap tahfizh Alquran akhir-akhir ini semakin meningkat dan SMA Al Minhaj Bogor merupakan salah satu sekolah yang kurikulumnya menjadikan tahfizh Alquran sebagai program utama sekolah. Rumusan masalah penelitian ini ialah: a) Proses pembelajaran tahfizh Alquran di SMA Al Minhaj Bogor?; b) Bagaimana upaya yang telah dilakukan guru tahfizh dalam mencapai target hafalan siswa?; c) Apa hasil yang telah dicapai guru tahfizh dalam mencapai target hafalan Alquran siswa?; d) Faktor pendukung apa saja terhadap upaya guru tahfizh dalam mencapai target hafalan Alquran siswa?; e) Faktor penghambat apa saja terhadap upaya guru tahfizh dalam mencapai target hafalan Alquran siswa?; dan f) Solusi apa saja terhadap faktor penghambat terhadap upaya guru tahfizh dalam mencapai target hafalan Alquran siswa? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data yang valid diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan triangulasi. Adapun hasil penelitian antara lain: a) Proses yang dilakukan guru tahfizh di SMA Al Minhaj Bogor ialah menggunakan model halaqoh dengan metode tasmi’ (mendengarkan bacaan siswa); b) Upaya yang dilakukan antara lain keaktifan guru tahfizh dalam memotivasi siswa, membetulkan bacaan, menyuruh siswa terus mengulang-ulang hafalan, memberikan target minimal hafalan, dan memberikan waktu; c) Faktor pendukung ialah:  waktu yang cukup, guru tahfizh yang rajin, motivasi, kecerdasan siswa, teman yang rajin, dan media pendukung; d) Faktor penghambat ialah alokasi waktu yang kurang, kemampuan menghafal yang tidak sama, siswa yang malas dan kurangnya motivasi diri, dan guru tahfizh yang kurang aktif; dan e) Solusi untuk hambatan ialah: guru tahfizh berkeliling halaqoh, membuat aturan tahfizh, dan memberikan hukuman.
References
Daulay, M.R. (2014). Studi Pendekatan Alquran. Thariqah Ilmiah: Jurnal Thariqah Ilmiah, 1(1).
Maya, A. A. R. (2017). Perspektif Al-Qur ‘an Tentang konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).
Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 06(12).
Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).
Ali, A. dan Muhdlor, A.Z. (2005). Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.
Ambarjaya, B.S. (2013). Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta.
Ansori. (2013). Ulumul Quran. Jakarta: Rajawali Pers.
Harja, U.T. dan Lasvia. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayatullah. (2016). Jalan Panjang Menghafal Alquran 30 Juz. Jakarta Timur: Pustaka Ikadi.
Ibrahim, D. (2013). Pemahaman Alquran dan HADITS. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Kamisa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Terbaru. Surabaya: Cahaya Agency.
Laksono, D.T. (2011). Mengenal Lebih Dekat Guru dan Pembelajaran. Sukoharjo: Pustaka Abadi Sejahtera.
Luthfi, A. (2011). Pembelajaran Alquran & Hadits. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Muathi, M.A. (2008). Ingin Anak Anda Rajin Sholat?. Solo: Aqwam.
AR., Muhammad. (2013). Pendidikan di Alaf Baru. Jogjakarta: Prismashopi.
Nilawati, E. (2017). Tahfidz Alquran dan Tadabbur. Sidoarjo: Nizami Learning Center.
Purwanto, S.J. (2012). Alquran Sumber Segala Ilmu. Solo: Sendang Ilmu.
Ramayulis. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Tim Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Willis. S.S. (2010). Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.
Yunus, M. (2017). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.
Hasil wawancara dengan key nformant 2 pada tanggal 18 Juli 2019.
Hasil wawancara dengan key informant 1 pada tanggal 17 Juli 2019.
Wawancara dengan key informant 1 kepala sekolah SMA Al Minhaj Bogor pada tanggal 17 Juli 2019.
Wawancara dengan key informant 2 penanggung jawab Pelaksana program Tahfizh Alquran SMA Al Minhaj tanggal 18 Juli 2019.
Wawancara dengan key informant 8 siswa Kelas XI-A SMA Al Minhaj tanggal 19 Juli 2019.
Wawancara dengan key informant 2 penanggung jawab pelaksana program Tahfizh Alquran SMA Al Minhaj tanggal 18 Juli 2019.
Wawancara dengan key informant 7 guru Tahfizh Alquran SMA Al Minhaj tanggal 18 Juli 2019.