UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQURAN SISWA KELAS V DI SDN GADOG 01 KAMPUNG NAMBO DESA SUKAJAYA KABUPATEN BOGOR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.578

Keywords:

upaya, guru, membaca, Alquran, siswa.

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti merupakan sosok yang memberikan ilmunya di bidang agama Islam, yang dapat membimbing dan memberikan contoh kepada peserta didik tentang ajaran Islam sesuai dengan Alquran dan Sunnah, untuk membimbing kehidupan manusia ke jalan yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca Alquran siswa Kelas V; (2) Untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan guru PAI dan budi pekerti; (3) Mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung upaya guru PAI dan Budi Pekerti; (4) Mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat upaya guru PAI dan Budi Pekerti; (5) Mengetahui solusi yang diambil dalam mengatasi faktor-faktor penghambat upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kemampuan baca Alquran siswa Kelas V di SDN Gadog 01. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif interpretatif untuk menggambarkan upaya guru PAI dan Budi Pekerti.  Hasil penelitian ini adalah (1) Sebagian besar siswa kelas V SDN Gadog 01 mampu membaca Alquran; (2) Upaya guru antara lain mengawali pelajaran dengan tilawah, menggunakan metode tarsana, mengadakan majelis dhuha, menyeleksi siswa sesuai kemampuan, dan memberikan motivasi dan video Islami; (3) Faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana yang memadai, adanya media pembelajaran, peran guru yang aktif membimbing serta keluarga yang mendukung siswa dalam membaca Alquran; (4) Faktor penghambat antara lain media pembelajaran yang dimiliki terbatas, waktu pembelajaran sedikit, dan jumlah guru terbatas; dan (5) Solusi yang dilakukan antara lain membagi siswa sesuai kemampuan, menggunakan media pembelajaran secara bergantian, dan menambah jumlah guru serta memberikan pelatihan

References

Fauzan, A.H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah: Media keislaman, pendidikan dan hukum Islam, 15(1), 19-29.

Mardiana, L. (2016). Metode Multisensori Artikulasi Terhadap Kemampuan Membaca Menulis Huruf Al-Qur’an Permulaan dengan Model At-Tartil Jilid 1 Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1).

Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-Ittiba’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Maya, R. (2017). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-IttibÄ’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Sarbini. M. (2017). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Al-Qur`an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08).

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01).

Wahidin, U. (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01).

Wahidin, U. (2017). Peran Strategis Keluarga dalam Pendidikan Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).

Sumber dari Buku

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

An-Nawawi, I.A.Z.Y.S. (2014). At-Tibyan: Adab Penghafal Al-Qur’an. Solo: Al-Qowam.

Syafruddin, Herdianto dkk, (2016), Pendidikan Prasekolah, Medan: Perdana Publishing.

Syafaruddin, dkk. (2012), Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umum. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.

Jaya, F. (2015), Perencanaan Pembelajaran, Medan:Gema Insani.

Zen, M. (2013) Tahfidz Al-Qur’an Metode Lauhun. Jakarta: Transpustaka.

Downloads

Published

2019-12-10

How to Cite

Supardan, A., Maya, R., & Wahidin, U. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQURAN SISWA KELAS V DI SDN GADOG 01 KAMPUNG NAMBO DESA SUKAJAYA KABUPATEN BOGOR. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 225–235. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.578

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>