STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI MTS NU PUTRI 03 BUNTE PESANTREN CIREBON

Authors

  • Faizal Amir STIT Buntet Pesantren Cirebon, Indonesia
  • Iffa Qonitah STIT Buntet Pesantren Cirebon, Indonesia
  • Vifi Nurhidayati Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7410

Keywords:

Strategi, Kepala Sekolah, Citra Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap pendidikan di MTs NU Putri 3 Pesantren Buntet dengan mengungkap strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, temuan menunjukkan bahwa strategi yang digunakan mencakup upaya internal dan eksternal. Upaya internal meliputi peningkatan kualitas pendidik dan fasilitas, sementara strategi eksternal meliputi promosi melalui media sosial dan kolaborasi dengan lembaga lain. Faktor-faktor pendukung yang teridentifikasi adalah kualitas pendidik dan prestasi siswa, sedangkan faktor penghambat mencakup kurangnya perhatian publik terhadap pendidikan dan partisipasi yang tidak memadai dari pengurus pesantren. Respons masyarakat terhadap strategi ini terlihat dari peningkatan jumlah siswa serta perbaikan prestasi siswa putri. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting tentang pengembangan pendidikan di madrasah dan kontribusi kepala madrasah dalam membangun citra sekolah, serta tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan minat pendidikan di kalangan masyarakat.

References

Afrizal, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Untuk Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu.”. PT Raja Grafindo.

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130.

Arifin, M. Z. (2022). STRATEGI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MAâ€TM ARIF NU GARUM BLITAR. Jurnal Al-Hikmah, 10(1), 32–44.

Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi manajemen hubungan masyarakat dan sekolah (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 103–126.

Asfar, A., & Asfar, A. (2019). Integrasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Kepemimpinan Kepala Sekolah. Universitas Negeri Ma Assar. Hal, 1–24.

B. Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.

Djafri, N. (2008). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada Pesantren Al-Khaerat Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 5(3).

E. Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional (6th ed.). Remaja Rosdakarya.

Hadijaya, Y. (2013). Menyusun strategi berbuah kinerja pendidik efektif.

Hamid, H. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 87–96.

Indrioko, E. (2015). Membangun Citra Publik Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Universum: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 9(02), 265–274.

Istiyani, D. (2017). Tantangan dan Eksistensi Madrasah Diniyah sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam di Indonesia. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 127–145.

Juhairin, H. K., & Wahab, W. (2019). Strategi Membangun Citra Sekolah Melalui Program Ekstrakurikuler. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 234–249.

Khorotunniswah, L. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga. Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 176–189.

Laila, A. N. (2015). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan citra madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kandat. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ma’sum, T. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(2), 133–153.

Maghfiroh, A. (2023). MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN. PT Arr rad Pratama, IAINU Kebumen Press.

Mukhafadlo, N., & Hariyati, N. (n.d.). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyatut Tholabah Lamongan.

Mulyadi, S. (2018). Perencanaan humas dan usaha membangun citra lembaga yang unggul. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(2), 125.

Nurhadi, A., Pratiwi, N. A., & Soleh, B. (2021). Penarikan Minat Masyarakat Sebagai Wujud Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Lembaga di SMA Wachid Hasyim Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(2), 206–218.

Prastowo, A. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian.

Sirait, S. (2016). Does teacher quality affect student achievement? An empirical study in Indonesia. Journal of Education and Practice, 7(27).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Edisi IV. alfabeta.

Suryosubroto, B. (1990). Beberapa aspek dasar-dasar kependidikan.

Susanto, E. H. (2017). Media sosial sebagai pendukung jaringan komunikasi politik. Jurnal Aspikom, 3(3), 379–398.

Syaraswati, D. (2016). Strategi Humas Dalam Menjalin Kerjasama Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (Du/Di) Di Smk N 7 Yogyakarta. Hanata Widya, 5(1).

Winarsih, S., & Rokhmawanto, S. (2023). Manajemen Budaya Literasi Informasi dalam Peningkatan Kinerja Guru Madrasah. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Published

2024-11-30

How to Cite

Amir, F., Qonitah, I., & Nurhidayati, V. (2024). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI MTS NU PUTRI 03 BUNTE PESANTREN CIREBON. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 189–200. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7410

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.