STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS SANTRI PONDOK PESANTREN SUNANUL HUDA SUKABUMI JAWA BARAT

Authors

  • Hasyim Asy'ari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Zahruddin Zahruddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Rifadho Liwaul Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i2.867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi dalam meningkatkan kualitas santri di Pondok Pesantren Sunanul Huda di Sukabumi, Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Para pemimpin Pondok Pesantren Sunanul Huda telah dengan baik menerapkan strategi untuk meningkatkan kualitas santri berdasarkan pada prinsip mempertahankan hal-hal lama yang baik dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik (al-muhafadhah 'ala al-qodim al-qihim al-sihih wa al-ahdz bi al-jadidi al-ashlah) dengan mengintegrasikan sistem pendidikan umum dan pendidikan klasik.

References

Ansor, A.S. (2014). Manajemen Pendidikan Islam Tentang Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Cipondoh Tangerang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(1).

Fathurrohman, P. dan M Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama.

Ginanjar, M.H.R. Maya dan Moch Yasykur. 2019. Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Dan Kemandirian ABH (Studi Kasus Di LPKA Kelas 1 Tangerang). Jurnal PENAMAS, 32(2).

Maspuroh. 2019. Implementasi Manajemen Pendidikan Model Pesantren Dalam Mencetak Ulamaul Amilin, Ulamaul Muttaqin, dan Ulamaus Shalihin (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Intiqol Cianjur). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(01).

Wahab, R. 2011. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mewarnai Kualitas Pendidikan di Sekolah.†JURNAL KEPENDIDIKAN: Penelitian Inovasi Pembelajaran, UNY ,41(2), November 2011.

Tanjung, H.B. 2015. Menyelamatkan Nasib Anak Bangsa dengan Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(02)

Rifa’i, M. 2013. Pesantren Dalam Meningkankan Kualitas Santri, Jurnal Potensia, 13(2).

Sumber dari Buku

Hanafiah dan Cucu Suhana, 2012. Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008. Jakarta: Balai Pustaka.

Kementerian Agama Republik Indonesia, “Statistik Pesantren, Pangkalan Data Pondok Pesantrenâ€, https://ditpdpontren.kemenag.go.id, 18 Maret 2019.

Maksum, M. 2007. Refleksi Pesantren: Otokritik dan Prospektif, Jakarta: Ciputat Institut.

Qomar, M. 2007. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Malang: Erlangga.

Qomar, M. 2014. Menggagas Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nata, A. 2013. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Sallis, E. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod, Penerjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi.

Suharsaputra, U. 2015. Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Asy’ari, H., Zahruddin, Z., & Liwaul Islam, M. R. (2020). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS SANTRI PONDOK PESANTREN SUNANUL HUDA SUKABUMI JAWA BARAT. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 1–15. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.867

Citation Check