Manajemen Peserta Didik Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Aditya Firdaus UNINUS Bandung, Indonesia
  • Sofia Ratna Awaliyah F Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v5i01.1991

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui proses manajemen peserta didik pada sekolah Islam, lebih tepatnya sekolah menengah atas (SMA) Plus yang berada dibawah Pondok Pesantren Darussalam. Disini siswa siswi SMA Plus secara otomatis menjadi santri di Pondok Pesantren Darussalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen peserta didik pendidikan Islam dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Plus sebagai santri di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis. Metode penelitian yang dilakuan dengan metode deskripsi analisis, upaya menguraikan segala proses yang dilakukan sebagai pemahaman, pembelajaran dan juga telaah mendalam untuk diimplementasikan pada lembaga pendidikan yang lain. Hasil penelitian menunjukan, proses manajemen peserta didik pada SMA Plus ini tentunya berbeda dengan proses manajemen peserta didik pada sekolah umum, meskipun terdapat kemiripan tapi tidak akan terlalu sama dan memiliki ciri khas tersendiri. Manajemen dapat diartikan sebagai pengelolaan atau pengaturan. Dalam lingkup pendidikan, manajemen merupakan tolak ukur keberhasilan dalam menjalankan proses pendidikan sehingga tujuan yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik. Peserta didik merupakan unsur penting pada sebuah lembaga pendidikan khususnya pesantren karena peserta didik memiliki peran besar sebagai objek dalam pelaksanaan pendidikan. Oleh karenanya suatu lembaga pendidikan perlu memikirkan bagaimana memanajemen peserta didik dengan baik terutama pada lembaga pendidikan Islam. Manajemen peserta didik pendidikan Islam haruslah berprinsip pada Al Quran dan Hadist karena esensi nilai Islam tersebut dapat terarahkan sesuai dengan petunjuk pada Al Quran dan Hadist

References

Ahmad, T. 2006. Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu, Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Chadidjah, S., & Erihadiana, M. 2020. Manajemen Peserta Didik Pada Mdta Al-Wahda Terunggul Di Kota Bandung.

Firdaus, M. A. 2020. Pendidikan Akhlak Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 136–151.

Hadiyanto, H. 2013. Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter.

Hasbiyallah., Nayif, S. 2019. Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Rosdakarya.

Ian Craib. 1986. Teori-Teori Sosial Modern. Rajawali Press.

Imron, A. 2011. Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Maliki, Z. 2008. Sosiologi Pendidikan (Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Nata, A., & Fauzan. 2005. filsafat pendidikan Islam. Gaya Media Pratama.

Nurochim, N. 2016. Sekolah berbasis pesantren sebagai salah satu model pendidikan Islam dalam konsepsi perubahan sosial. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 16(1), 69–88.

Ritzer, G. 2004. Sosiologi ilmu pengetahuan berparadigma ganda.

Surya, P. 2011. Educational management, handbook for school of education student. Yogyakarta State University.

Tafsir, A. 2011. Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Rosdakarya.

Published

2022-01-25

How to Cite

Firdaus, M. A., Awaliyah F, S. R., & Erihadiana, M. (2022). Manajemen Peserta Didik Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 41–54. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.1991

Citation Check