PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MAS AT-TAUFIQQURAHMAN LABUHANBATU UTARA

Authors

  • Ikhsan Akbar Handinata Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Mesiono Mesiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Yusuf Hadijaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7197

Keywords:

Transformational Leadership, Academic Supervision, Teacher Performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAS At-Taufiqurrahman, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tiga variabel pertama Kepemimpinan Transformasional ( X1), Variabel kedua (X2) dan Kinerja Guru (Y) Dengan hasil pengujian menggunakan aplikasi SPSS  kepemimpinan transformasional mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru MAS At-Taufiqurahman labuhan batu utara  dengan besaran pengaruh atau nilai R Square yaitu sebesar 0, 208 atau 20,8 %., supervisi kepala madrasah  mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru MAS At-Taufiqurahman labuhan batu utara  dengan besaran pengaruh atau nilai R Square yaitu sebesar 0, 416 atau 41,6 %, kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru MAS At-Taufiqurahman labuhan batu utara dengan besaran pengaruh atau nilai R Square yaitu sebesar 0,556 atau 55,6%

References

Aminullah, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Iklim Madrasah Pada Smp N 4 Negara, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 4 No: 1 Tahun: 2020.

Arikuntono, Suharsimi, (2015), dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta:Bina Aksara,

As’ad, Muhammad, (2014), Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty

Dekawati,Ipon, (2017) Manajemen Pengembangan Guru Profesional, (Bandung: Resqi Pres). Veithzal Rivai. 2013. Komando serta SikapInstitusi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Depag, (2016), Al-Quran dan Terjemah.Surabaya: Halim

Fajri ,Awaliatul, Imas Kania Rahman, & Santi Lisnawati, “Strategi Kepemimpinana Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1, 2019.

Hamalik,Oemar, (2017), Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PPs UPI Remaja Rosdakarya.

Hasibuan ,Melayu SP, (2018),Manajemen Sumber Daya Manusia,cetakan IV, Jakarta: Bumi Aksara

Moejiono. (2022). Komando serta Keinstitusian. Yogyakarta: UII Press.

Muljani, (1994),“Kinerja guru SLTPN di Kota Banjarmasin, Yogyakarta: UN

Mulyasa ,E. (2018), Menjadi Kepala Madrasah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya Ofseet.

Simanora,Henry, (2021), manaemen sumber daya manusia, yogyakarta:YKPN

Sisdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Subrata, Sumadi Surya. (2023), metodeologi penelitian, Jakarta : Grafind

Sudarsono, F.X., (2018), beberapa dalam penelitian, Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Sudarwan ,Danim,. 2014. Motivasi Komando & Efektivitas Golongan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi, (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Supardi, (2019), Kinerja Guru ,Jakarta: Rajawali Press,

Susanto ,Ahmad, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya, (Jakarta: Kencana, 2016).

Sutomo serta Titi Prihatin. 2012. Manajemen Institusi. Semarang: Unnes Press

Syafaruddin, Anzizhan,(2016), Psikologi Organisasi dan Manajemen, Depok: Prenatamedia Grub

Tharaba, Fahim, Kepemimpinan Pendidikan Islam(Islamic Education Leadership).

Undang-undang Republik indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Surabaya: Kesindo Utama,2016)

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional

Vivi Candra, Pasaman Silaban, Aca i Sudirman, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Madrasah dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SMP Swasta”, Jurnal Pendidikan IPS, Vol 6, No 1, 2019.

Wahjosumidjo (2015).Komando Kepala Madrasah, Tinjauan Teori serta Permasalahannya. Jakarta Raja Grafindo.

Published

2024-07-29

How to Cite

Handinata, I. A., Mesiono, M., & Hadijaya, Y. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MAS AT-TAUFIQQURAHMAN LABUHANBATU UTARA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7197

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.