PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MAS AT-TAUFIQQURAHMAN LABUHANBATU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7197Keywords:
Transformational Leadership, Academic Supervision, Teacher PerformanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAS At-Taufiqurrahman, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tiga variabel pertama Kepemimpinan Transformasional ( X1), Variabel kedua (X2) dan Kinerja Guru (Y) Dengan hasil pengujian menggunakan aplikasi SPSS kepemimpinan transformasional mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru MAS At-Taufiqurahman labuhan batu utara dengan besaran pengaruh atau nilai R Square yaitu sebesar 0, 208 atau 20,8 %., supervisi kepala madrasah mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru MAS At-Taufiqurahman labuhan batu utara dengan besaran pengaruh atau nilai R Square yaitu sebesar 0, 416 atau 41,6 %, kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru MAS At-Taufiqurahman labuhan batu utara dengan besaran pengaruh atau nilai R Square yaitu sebesar 0,556 atau 55,6%
References
Aminullah, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Iklim Madrasah Pada Smp N 4 Negara, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 4 No: 1 Tahun: 2020.
Arikuntono, Suharsimi, (2015), dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta:Bina Aksara,
As’ad, Muhammad, (2014), Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty
Dekawati,Ipon, (2017) Manajemen Pengembangan Guru Profesional, (Bandung: Resqi Pres). Veithzal Rivai. 2013. Komando serta SikapInstitusi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Depag, (2016), Al-Quran dan Terjemah.Surabaya: Halim
Fajri ,Awaliatul, Imas Kania Rahman, & Santi Lisnawati, “Strategi Kepemimpinana Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1, 2019.
Hamalik,Oemar, (2017), Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PPs UPI Remaja Rosdakarya.
Hasibuan ,Melayu SP, (2018),Manajemen Sumber Daya Manusia,cetakan IV, Jakarta: Bumi Aksara
Moejiono. (2022). Komando serta Keinstitusian. Yogyakarta: UII Press.
Muljani, (1994),“Kinerja guru SLTPN di Kota Banjarmasin, Yogyakarta: UN
Mulyasa ,E. (2018), Menjadi Kepala Madrasah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya Ofseet.
Simanora,Henry, (2021), manaemen sumber daya manusia, yogyakarta:YKPN
Sisdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Subrata, Sumadi Surya. (2023), metodeologi penelitian, Jakarta : Grafind
Sudarsono, F.X., (2018), beberapa dalam penelitian, Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Sudarwan ,Danim,. 2014. Motivasi Komando & Efektivitas Golongan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suharsimi, (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Supardi, (2019), Kinerja Guru ,Jakarta: Rajawali Press,
Susanto ,Ahmad, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya, (Jakarta: Kencana, 2016).
Sutomo serta Titi Prihatin. 2012. Manajemen Institusi. Semarang: Unnes Press
Syafaruddin, Anzizhan,(2016), Psikologi Organisasi dan Manajemen, Depok: Prenatamedia Grub
Tharaba, Fahim, Kepemimpinan Pendidikan Islam(Islamic Education Leadership).
Undang-undang Republik indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Surabaya: Kesindo Utama,2016)
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional
Vivi Candra, Pasaman Silaban, Aca i Sudirman, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Madrasah dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SMP Swasta”, Jurnal Pendidikan IPS, Vol 6, No 1, 2019.
Wahjosumidjo (2015).Komando Kepala Madrasah, Tinjauan Teori serta Permasalahannya. Jakarta Raja Grafindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).