Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagar Alam

Authors

  • Ade Wulandari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Kasinyo Harto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Ari Sandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1519

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi Covid-19 serta menganalisis faktor yang mempengaruhi Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagaralam yang difokuskan pada kegiatan positioning menunjukkan bahwa implementasi kegiatan positioning di SMK Muhammadiyah pada masa pandemi covid-19 telah diterapkan dengan baik dalam keadaan pandemi covid-19. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya beberapa indikator dalam implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan pada kegiatan positioning yakni: pertama, lembaga pendidikan menyediakan atribut pemasaran atau media pemasaran, lembaga mendeskripsikan prospek bagi lulusan serta memberikan informasi yang valid terkait pembiayaan pendidikan pada kegiatan positioning. Adapun faktor pendukung kegiatan positioning pada masa pandemi covid-19 ini yakni: latar belakang pendidikan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendidik dan civitas akademik memiliki latar belakang yang relevan dengan bidang yang kerjakan, selain itu SMK Muhammadiyah juga memiliki sarana dan prasarana yang memadai hal lainnya yang menjadi faktor pendukung adalah letak sekolah yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen pendidikan. Sedangkan faktor penghambat adalah penetapan harga atau biaya pendidikan yang harus mampu bersaing pada masa pandemi covid-19, penawaran produk pendidikan juga mengalami kesulitan pada masa pandemi covid-19 dikarenakan keterbatasan akses untuk melakukan kegiatan promosi.

References

Ade Wulandari. “Observasi.†SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.

Adiwijaya, Michael. “Analisa Strategi Reposisi Merek Dalam Persaingan Pasar.†Jurnal Manajemen Pemasaran 2, no. 2 (2007).

Aliyanti, Tika Novi. “Implementasi Strategi STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) Di PT. Mina Wisata Islami Surabaya.†UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Dimyati, Mohamad. “Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis,†2018.

Faizin, Imam. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah.†Madaniyah 7, no. 2 (2017): 261–83.

Firdianti, Arinda. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing, 2018.

Hasan, Ali. “Tourism Marketing,†2015.

Karamoy, Sandy Wulan. “Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk KPR BNI Griya.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1, no. 3 (2013).

Karsini. “Wawancara.†Pagar Alam: SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.

Kembuan, Precylia Cyndi, Lisbeth Mananeke, and Agus Supandi Soegoto. “Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada PT. Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Manado.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2, no. 3 (2014).

Kristanto, Jajat. “Manajemen Pemasaran Internasional: Sebuah Pendekatan Strategi,†2013.

Lasdi. “Wawancara.†SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.

Manap, Abdul. “Revolusi Manajemen Pemasaran.†Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam, 2016.

Sadlan. “Wawancara.†SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.

Sugiyono, D R. “Metodologi Penelitian Pendidikan.†Bandung Alf, 2009.

Tjiptono, Fandy. “Pemasaran Jasa,†2019.

Yuliana, Rahmi. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Semarang.†JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK) 5, no. 2 (2013): 79–92.

Published

2021-07-30

How to Cite

Wulandari, A., Harto, K., Astuti, M., & Sandi, A. (2021). Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagar Alam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 285–300. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1519

Citation Check