Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagar Alam
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1519Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi Covid-19 serta menganalisis faktor yang mempengaruhi Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagaralam yang difokuskan pada kegiatan positioning menunjukkan bahwa implementasi kegiatan positioning di SMK Muhammadiyah pada masa pandemi covid-19 telah diterapkan dengan baik dalam keadaan pandemi covid-19. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya beberapa indikator dalam implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan pada kegiatan positioning yakni: pertama, lembaga pendidikan menyediakan atribut pemasaran atau media pemasaran, lembaga mendeskripsikan prospek bagi lulusan serta memberikan informasi yang valid terkait pembiayaan pendidikan pada kegiatan positioning. Adapun faktor pendukung kegiatan positioning pada masa pandemi covid-19 ini yakni: latar belakang pendidikan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendidik dan civitas akademik memiliki latar belakang yang relevan dengan bidang yang kerjakan, selain itu SMK Muhammadiyah juga memiliki sarana dan prasarana yang memadai hal lainnya yang menjadi faktor pendukung adalah letak sekolah yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen pendidikan. Sedangkan faktor penghambat adalah penetapan harga atau biaya pendidikan yang harus mampu bersaing pada masa pandemi covid-19, penawaran produk pendidikan juga mengalami kesulitan pada masa pandemi covid-19 dikarenakan keterbatasan akses untuk melakukan kegiatan promosi.
References
Ade Wulandari. “Observasi.†SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.
Adiwijaya, Michael. “Analisa Strategi Reposisi Merek Dalam Persaingan Pasar.†Jurnal Manajemen Pemasaran 2, no. 2 (2007).
Aliyanti, Tika Novi. “Implementasi Strategi STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) Di PT. Mina Wisata Islami Surabaya.†UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.
Dimyati, Mohamad. “Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis,†2018.
Faizin, Imam. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah.†Madaniyah 7, no. 2 (2017): 261–83.
Firdianti, Arinda. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing, 2018.
Hasan, Ali. “Tourism Marketing,†2015.
Karamoy, Sandy Wulan. “Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk KPR BNI Griya.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1, no. 3 (2013).
Karsini. “Wawancara.†Pagar Alam: SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.
Kembuan, Precylia Cyndi, Lisbeth Mananeke, and Agus Supandi Soegoto. “Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada PT. Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Manado.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2, no. 3 (2014).
Kristanto, Jajat. “Manajemen Pemasaran Internasional: Sebuah Pendekatan Strategi,†2013.
Lasdi. “Wawancara.†SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.
Manap, Abdul. “Revolusi Manajemen Pemasaran.†Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam, 2016.
Sadlan. “Wawancara.†SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.
Sugiyono, D R. “Metodologi Penelitian Pendidikan.†Bandung Alf, 2009.
Tjiptono, Fandy. “Pemasaran Jasa,†2019.
Yuliana, Rahmi. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Semarang.†JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK) 5, no. 2 (2013): 79–92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).