KOMPETENSI GURU, BUDAYA ORGANISASI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM HASMI BOGOR

Authors

  • Muslim Muslim Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v1i01.215

Abstract

ABSTRAK

Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang difokuskan pada kompetensi
guru, budaya organisasi dan pelayanan terhadap kepuasan orang tua siswa
di SMA HASMI Bogor. Penulis mengidentifikasi masalah kepuasan orang tua
siswa SMA Islam HASMI dengan beberapa faktor yang diduga
mempengaruhinya, diantaranya adalah; a) kurangnya sarana komunikasi
antara guru dan orang tua murid, b) adanya sarana dan prasarana yang
dijanjikan belum dapat ditepati oleh manajemen, c) kurangnya kemampuan
guru dalam proses KBM, d) lemahnya budaya kerjasama dari para
karyawan, e) adanya guru yang kurang memahami karakteristik peserta didik
dengan baik, f) kurangnya pengendalian dari aturan yang telah diberlakukan,
g) organisasi belum menjadi perekat kalangan internal, h) tempat pelayanan
yang kurang memadai, i) petugas pelayanan kurang handal dan responsif,
dan j) kurangnya perhatian manajemen terhadap aduan, solusi, dan prioritas
pelayanan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif
dengan menggunakan model analisis satu jalur (Path Analisys). Dalam
menganalisa data hasil kuesioner digunakan alat bantu komputer dengan
program SPSS versi 19,0. Tempat penelitian di SMA Islam HASMI Boarding
School di Kecamatan Tamansari Bogor dengan resonden berjumlah 83
orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru
berpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,001. Besarnya pengaruh variabel kompetensi guru
terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI adalah 0,430.
Variabel budaya organisasi tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,078. Besarnya pengaruh variabel budaya
organisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI
adalah 0,273. Sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadap
kepuasan dengan nilai sebesar 0,289. Besarnya pengaruh variabel budaya
organisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI
adalah 0,143. Adapun variabel kompensi guru, budaya organisasi, dan
pelayanan secara simultan berpengaruh nyata dan signifikan sebesar 63,3 %
terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI.

Kata Kunci: Kompetensi guru, budaya organisasi, pelayanan, kepuasan.

Published

2018-03-15

How to Cite

Muslim, M. (2018). KOMPETENSI GURU, BUDAYA ORGANISASI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM HASMI BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01). https://doi.org/10.30868/im.v1i01.215

Issue

Section

Artikel

Citation Check