KOMPETENSI GURU, BUDAYA ORGANISASI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM HASMI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v1i01.215Abstract
ABSTRAK
Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang difokuskan pada kompetensi
guru, budaya organisasi dan pelayanan terhadap kepuasan orang tua siswa
di SMA HASMI Bogor. Penulis mengidentifikasi masalah kepuasan orang tua
siswa SMA Islam HASMI dengan beberapa faktor yang diduga
mempengaruhinya, diantaranya adalah; a) kurangnya sarana komunikasi
antara guru dan orang tua murid, b) adanya sarana dan prasarana yang
dijanjikan belum dapat ditepati oleh manajemen, c) kurangnya kemampuan
guru dalam proses KBM, d) lemahnya budaya kerjasama dari para
karyawan, e) adanya guru yang kurang memahami karakteristik peserta didik
dengan baik, f) kurangnya pengendalian dari aturan yang telah diberlakukan,
g) organisasi belum menjadi perekat kalangan internal, h) tempat pelayanan
yang kurang memadai, i) petugas pelayanan kurang handal dan responsif,
dan j) kurangnya perhatian manajemen terhadap aduan, solusi, dan prioritas
pelayanan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif
dengan menggunakan model analisis satu jalur (Path Analisys). Dalam
menganalisa data hasil kuesioner digunakan alat bantu komputer dengan
program SPSS versi 19,0. Tempat penelitian di SMA Islam HASMI Boarding
School di Kecamatan Tamansari Bogor dengan resonden berjumlah 83
orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru
berpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilai
signifikansi sebesar 0,001. Besarnya pengaruh variabel kompetensi guru
terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI adalah 0,430.
Variabel budaya organisasi tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,078. Besarnya pengaruh variabel budaya
organisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI
adalah 0,273. Sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadap
kepuasan dengan nilai sebesar 0,289. Besarnya pengaruh variabel budaya
organisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI
adalah 0,143. Adapun variabel kompensi guru, budaya organisasi, dan
pelayanan secara simultan berpengaruh nyata dan signifikan sebesar 63,3 %
terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI.
Kata Kunci: Kompetensi guru, budaya organisasi, pelayanan, kepuasan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).