Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v5i2.2780Keywords:
management, human resource management, education.Abstract
Manajemen sumber daya manusia (SDM) pendidik dan tenaga kependidikan adalah hal yang harus diperhatikan pada setiap lembaga pendidikan. Dalam pengelolaan SDM tersebut harus terdapat perencanaan yang matang dan tujuan yang pasti agar pengelolaan dapat berjalan dengan baik dan kendala yang ada dapat diminimalisir. Pendidikan sangat erat kaitannya dengan manajemen. Ini terlihat dari definisi umum dari pendidikan, yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan harus dilakukan dengan maksimal untuk mencapai tujuan organisasi. Fokus penelitian ini mengkaji gambaran umum sistem tata kelola pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Fokus penelitian dikembangkan menjadi beberapa subfokus dengan hasil penelitian antaralain: (1) Perencanaan SDM sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, (2) Sistem perekrutan dan seleksi SDM yang cukup ketat, (3) Sistem penempatan SDM pendidikan cukup memadai, dan (4) Strategi meningkatkan kualitas SDM masuk katagori cukup baik.
References
Depdiknas. (2018). Pedoman Diklat: Manajemen Pemberdayaan Sumber Daya Tenaga Pendidik dan Kependidikan Sekolah. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Hurriyati, B. A. dan R. (2009). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus pada Mutu dan Layanan Prima (2nd ed.). Alfabeta.
Jain, E. C. and R. (2010). How effective is Man Power Planning in reducing Labour Turnover in Information Technology Enabled Services Organization. Asian Journal of Management Research, 473–494.
Lesley, K. (2004). Professional Development For Educational Management: Pengembangan Profesional Untuk Manajemen Pendidikan. Grasindo.
Lesmana, R. M. dan I. (2018). Pemikiran prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Manajemen: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 291–316.
Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Maya, M. H. G. dan R. (2018). Evaluasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA HASMI Islamic Boarding School Bogor Jawa Barat. Prosiding: The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM), 1(1), 609–624.
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK (11th ed.). Remaja Rosdakarya.
Nuryanta, N. (2008). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi). El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 55–69.
Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (15th ed.). Kalam Mulia.
Rusman. (2018). Manajemen Kurikulum. Raja Grafindo Persada.
Siagian, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama Ce). Bumi Aksara.
Soenarno, A. (2006). The dinamics of Human Resources: Becoming a True HR Specialist. Grasindo.
Sunhaji. (2008). Manajemen Madrasah (1st ed.). Grafindo Litera Media.
Syarbini, J. J. and A. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan Implementasi (1st ed.). Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).