STRATEGI PERENCANAAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PLUS YASPIDA SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6230Keywords:
Strategi, Perencanaan, Peserta DidikAbstract
Perencanaan peserta didik merupakan langkah krusial dalam memastikan kesuksesan pendidikan di setiap tingkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis strategi perencanaan peserta didik di MA Plus YASPIDA Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Plus YASPIDA Sukabumi menggunakan strategi perencanaan peserta didik sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan peserta didik melalui perencanaan jumlah peserta didik dan program kegiatan dengan berbagai aspek; 2) rekrutmen peserta didik diberikan kepada masyarakat umum, orang tua peserta didik, dan media lokal; 3) seleksi peserta didik dimulai dengan proses pendaftaran, ujian masuk, wawancara, pengamatan praktik, pertimbangan khusus, dan pengumumam hasil seleksi; 4) orientasi peserta didik baru dilakukan melalui pertemuan pengenalan, tur madrasah, penjelasan aturan dan norma, pembekalan akademis, asesmen, kegiatan sosial, bimbingan konseling, hubungan dengan orang tua, pengenalan budaya madrasah, dan evaluasi serta umpan balik; 5) penempatan peserta didik dengan mempertimbangkan kemampuan, kebutuhan dan aspirasi peserta didik; 6) pencatatan dan pelaporan dilakukan saat peserta didik memasuki sampai keluar dari madrasah baik itu rekam prestasi dan penghargaan, monitoring kesehatan dan perkembangan psikososial, sampai dengan keterlibatan dalam kegaitan ekstrakurikuler yang dibuat dalam RDM dan EMIS
References
Aprianto, Iwan. 2020. Manajemen Peserta Didik. Lakeisha.
Azmi , Fachruddin, Mesiono, Nur Helmi, and Miranti Adelia Afda. 2024. "Perencanaan Peserta Didik Di SMP IT Al-Afkari." Journal of Islamic Education Management 267-286 Vol 4 No 1.
Damanik, Aulia Sari, Mela Safitri Situmorang, Khoirun Nisa, Nur Khotimah, and Fairuza Nur. 2023 . "Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik." Jurnal Pendidikan dan Konseling 3698 Vol 5 No 1.
Devianti, Rika, and Suci Lia Sari. 2020. "Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran." Jurnal Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 6 No 1 21-36.
Hasnadi. 2022. "MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA SATUAN PENDIDIKAN." Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 17 No 2 142-153.
Imron, Ali. 2023. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Jasmani, and Pahriati. 2019. "Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Palangka Raya (Tinjauan Sisi Analisis Kebutuhan Peserta Didik)." Jurnal Transformatif (Islamic Studies), Vol 3 No 2 183–214.
Kharismawati, and Dwi Elok. 2019. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah." Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 4 No 1 19-28.
Kurniadin, Didin. 2012. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasan. Solo: Cakra Books.
Rakhman, Putri Yanita, and Saifuddin. n.d. "MANAJEMEN PERENCANAAN PESERTA DIDIK DI SMAN 5 KOTA CIREBON." Journal Of Islamic Education Management Vol 6 No 1 78-79.
Rifa'i, Muhammad. 2018. Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran). Medan: CV. Widya Mustika.
Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group.
Suwardi, Daryanto. 2017. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.
Yusuf, Juhaeti. 2019. "Manajemen Peserta Didik (Perencanaan dan Pengorganisasian)." Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam Vol 12 No 2 195.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).