Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an Santri di Ma’had Ubay Bin Ka’ab Gunung Sindur Bogor
Abstract
Al-Qur’an merupakan mukjizat yang abadi yang akan ada setiap zaman bahkan sampai pada hari kiamat nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi mudir dalam meningkatkan hafalan qur’an santri. Penelitian ini bertempat di Ma’had Ubay Bin Ka’ab Gunung Sindur Bogor dengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik. Sedangkan hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan Strategi Mudir Tahfidz di Ma’had Ubay Bin Ka’ab  adalah Menghafal Al-Qur’an memerlukan energi dan keseriusan yang lebih. (2) Pelaksanaan Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an, bahwa kegiatan keseharian santri sangatlah positif terutama dalam kegiatan yang mudir buat. (3) Faktor Pendukung: (a) Ustadz/Ustadzah yang kompeten, (b) adanya halaqoh Al-Qur’an, (c) Teman yang semangat dalam menghafal, (d) Tekad santri dalam menghafal Al-Qur’an, (e) Motivasi, dan (f) Sarana dan Prasarana. (4) Faktor Penghambat: (a) Santri ketika dirumah, (b) Masa covid-19, (c) Bermain handphone, (d) Lemahnya semangat santri, dan (e) Maksiat. (5) Solusi: (a) Diberikan tugas rumah, (b) Menanyakan kabar, (c) Memberi semangat. dan (e) Memastikan mengingat hafalan.
References
Abdurrazaq, Y. bin A.-G. (2015). Metode Cepat Hafal Al-Qur’an. As-Salam Publishing.
Abu Umar, A. F. A.-A. (2018). Negeri-Negeri Penghafal Al-Qur’an. Al-Wafi Publishing.
Adi. (2014). Pengertian Peningkatan Menurut Para Ahli. Dunia Pelajar. https://www.duniapelajar.com/2014/08/08/pengertianpeningkatanmenurutparaahli
AdiHaironi.(2014).NaskahPublikasi.NaskahPublikasi.http://eprints.ums.ac.id/46256/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Adiguna. (2020). No Title. 36.
Agama, D. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahnya.
Ahmad, J. (2015). Siapa Penggagas Metode Pakistani (Sabak, Sabki, Manzil). Ahmadbinhambal.Com.https://ahmadbinhanbal.com/siapapenggagasmetodepakistani-sabak-sabki-manzil/
Al-Ghautsani, A. Y. (2010). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Pustaka Imam Asy-Syafii.
Amin, M. M. (2021). Berbagai Metode Menghafal Al-Quran. Blog Guru. https://minan.sch.id/blog/berbagai-metode-hafalan-al-quran/
Annuri, A. (2019). Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Ilmu tajwidTitle. Pustaka Al-Kautsar.
Anwar Hidayat. (2012). Metode Penelitian Adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat, Contoh. Statistikan. https://www.statistikian.com/2017/02/metode-penelitian-metodologi-penelitian.html
Damar, A. (2022). Wawancara santri.
Dokumentasi. (2022). Dokumentasi.
Drajat. (2017). Ulumul Qur’an Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur’an.
Edi, F. R. S. (2016). Teori Wawancara Psikodignistik.
Fachri.(2020).Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. https://bdkmakassar.kemenag.go.id/berita/perencanaanpengajarandalampembelajaran
Fachri.(2021).PerencanaanPengajaranDalamPembelajaran.https://bdkmakassar.kemenag.go.id/berita/perencanaanpengajarandalampembelajaran
Fitriah, A. (2022). Hasil Wawancara Online.
Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Mengahfal Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Pendidikan Islam, 60, 40.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Bumi Aksara.
Haluti. (2018). No Title. 48.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV Pustaka Setia.
Handayani, D. (2020). Penerapan metode takrir dalam penguatan hafalan al-qur’an. Pendidikan Agama Islam, 18. http://etheses.uinmataram.ac.id/287/
Hanggawuni. (2020). Tugas Mudir. 23–25.
Hanggawuni. (2020). Tugas Mudir. 25–26.
Hasanah,A.(2021).EvaluasiPembelajaran.https://www.google.co.id/books/edition/Evaluasi_Pembelajaran/7GlEEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=evaluasi+kegiatan&pg=PA1&printsec=frontcover
Hasni,Y.(2010).Jumlah Penghafal Alquran Indonesia Terbanyak di Dunia. Khazanah.https://m.republika.co.id/berita/duniaislam/islamnusantara/10/09/24/136336-jumlah-penghafal-alquran-indonesia-terbanyak-di-dunia
Hidayat,A.(2012).RancanganAnalisisData.https://www.statistikian.com/2012/10/rancangananalisadata.html#:~:text=Analisis Data Penelitian Kuantitatif,keputusan terhadap pertanyaan-pertanyaan penelitian.
Hidayat,A.(2018).Adi Hidayat.Muslim Zaman Now 30 Hari Hafal Al-Qur’an. Institut Quantum Akhyar.
Ibrahim.(2015).Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif.
Ibrahim.(2015).Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif.
Ilyas, Y. (2014). Kuliah Ulumul Qur’an. 16.
Islami, T. Y. M. (2017). Panduan Mengelola Sekolah Tahfizh. Alqowam.
Johan Setiawan, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Kompri.(2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. In Manajemen.
Kompri.(2018).Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Prenadamedia Group.
Maya,R.(2014).Perspektif Al-Qur‘an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 01, 04.
Mubsiroh.(2013).Manajemen Pondok Pesantren Qur’an Raudhatul Huffadh Tabanan Bali. Pendidikan, 4.
Muhaemin, S.(2018). Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Modern Muara Istiqamah Kecamatan Bogor Barat Kota. Pendidikan Agama Islam.
Nashifa,I.U.(2022).Manfaat Metode Pengulangan Dalam Belajar. Muslimah.or.Id. https://muslimah.or.id/14144-manfaat-metode-pengulangan-dalam-belajar.html
Nawawi, I. (2014). Riyadhus Sholihin.
Nawawi, I. (2016). Riyadhus Shalihin. Insan Kamil.
Nurul Qomariah, M. I. (2016). Metode Cepat dan Mudah Afar Anak Hafal. Semesta Hikmah.
Oktareza, F. (2020). Inilah Alasan Mengapa Pentingnya Motivasi di Dalam Hidup. Sonora.Id.https://www.sonora.id/read/422384824/inilahalasanmengapapentingnya-motivasi-di-dalam-hidup
Purnama, R. (2018). Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafala Al-Qur’an Santri Studi Di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Skripsi, 25.
Purnama, R. (2020). Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri. STAI AL Hidayah Bogor.
Purnomo, H. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Bildung Pustaka Utama.
Purnomo, H. (2017b). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Bildung Pustaka Utama.
Qosim, A. (2011). Hafal Al-Qur’an dalam Sebulan. Qiblat Press.
Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan keunggulannya. Grasindo.
Redhik Khardova. (2022). Wawancara Mudir. Wawancara. Hasil Observasi dan Online
Rufaida,A.(2015).KeabsahanDataKualitatif.Kompasiana.https://www.kompasiana.com/amaliya0009/556b6cb7957e61ff617096e2/keabsahan-data-kualitatif
Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media.
Sarifudin.(2019).IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) KOTABOGOR.ManajemenPendidikanIslam,2,61.https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/374/300
Sasongko, A. (2020). Sebaran Rumah Tahfiz di Indonesia Meluas. Khazanah. https://www.republika.co.id/berita/q7ahy3313/sebaranrumahtahfizdiindonesiameluas
Satelit. (2022). Satelit. Satelit. https://maps.app.goo.gl/SN7KvuGMqVijKLBN8
Savira, S. R. (n.d.). Hasil Wawancara Online.
Sedarmayanti, H. (2021). Manajemen Strategi. Refika Aditama.
Serafica Gischa.(2020). Jumlah Penduduk Indonesia 2020.Kompas. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/08/060000069/jumlah-penduduk-indonesia-2020?page=all
Sodik, A. (2015). Metode Dasar Penelitian.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitiatif, Kualitatif, dan R&D).
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). No TitMetode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitiatif, Kualitatif, dan R&D)le.
Suntoyo, A. (2022). Menghafal Al-Qur’an Adalah? Pengertian, Dalil, Keutamaan,