Implementasi Kurikulum Akhlakul Karimah Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Ma Nurul Ihya Bogor Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Yunmandori Yunmandori Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Impementasi, Kurikulum, Akhlakul Karimah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasi kurikulum akhlakul karimah dalam meningkatkan kompetensi siswa di MA Nurul Ihyah Bogor. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, bidang kurikulum, tenaga pendidik dan para siswa di MA Nurul Ihyah Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan setudi dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian, menunjukan bahwa implementasi kurikulum akhlakul karimah dalam meningkatkan kompetensi siswa di MA Nurul Ihyah Bogor; (1) Perencanaan kurikulumnya yang ditetapkan dengan prosedur dari kementrian agama; (2) Penerapan kurikulum sudah mencapai efektif, evisien dan para siswa mampu menyerap pemahaman keagamaan dengan baik; (3) Faktor penghambat dalam pengimplementasian kurikulum akhlakul karimah berkenaan dengan lingkungan masyarakat dan keluarga yang kurang mempunyai pemahaman akhlak terpuji; (4) Adapun faktor pendukungnya nilai-nilai dari keteladanan para guru: (5) Evaluasi dari hambatan pengimplementasian kurikulum akhlakul karimah dengan penilaian, musyawarah, memberi peringatan jika ada kesalahan pada siswa dan memperbaiki komponen belajar jika ada permasalahan.

References

Siyato, Sandu dan Ali Sidik. (2015). Dasar Metodologi Pnelitian. Yogyakarta: Leterasi Media Publising.

Nugraini, Farida.(2014). Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan bahasa. Solo: cakrabooks.

Aly, Abdullah. (2011) Pendidikan islam mutikultural di pesantren. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Asifuddin, Ahmaz faiz. (2012). Pendidikan Islam Basis Pembangunan Umat. Solo: Naashirussunnah.

Hidayat, Enang. (2018). Pendidikan Agama Islam Integritas Nilai-Nilai Aqidah, Syariah dan Akhlak. Bandung: Remaja Rosdakarya

Manab., Abdul. (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.

Sumber dari Jurnal dan Wapsate

Maya, Rahendra. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Prespektif IBN Jam’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islam. STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Al-Hidayah Bogor 06 (12).

Winda Casika dkk. (2017). Impelementasi Manajamen Pendidikan Islam Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal Edukasi . Universitas Pendidikan Indonesia. 04 (02).

Syamsul, Rizal. (2018). Akhlak Islam Prepektif Ulama Salaf. Edukasi islam. Jurnal Pendidikan Islam 07. (01).

Haerudin dan Purwanti, Adi. (2018). Impelemntasi Kurikulum 2013 Dalam Mata pelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Islam. Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Arisanti, Devi. (2017). Implemntasi Pendidikan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Islam. UIN (Universitas Islam Negri) Riau 02 (02).

Marlisa Dkk (2018). Implementasi Kurikulum Pendidikan agama Islam di Majelis Taklim Darul Quran Sukamatri Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Islam. STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Al-Hidayah Bogor.

Wahidin, Ade. (2019). Manajemen Kurikulum Sekolah Islami. Islamic Management. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Al-Hidayah Bogor.

Rosalia, Mita. (2015). Wawncara Sebuah Interaksi Komunikasi dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmu dan Budaya. Universitas Lancang kuning. 11 (02).

Jamin, Haniffudin. (2018). Uapaya Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal pendidikan.

Sugari, Jeri. (2020). Manajemen Pendidikan karakter Dalam Pembinaan Akhlak peserta Didik di SMPN 22 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Islam Negri Sulthan Thata Saifuddin Jambi

Http;//Arti/implementasi/tujuan/fungsi diakses pada 25 april pukul17.22 WIB

https://kbbi.web.id/penegrtian/implementasi diakses pada 25 april 2021 pukul 16.40 WIB

Hasil wawancara dengan Bapak Irfan Widia Rahmat selaku kepala sekolah pada tanggal 21-09-2020 dan tanggal 09-03-202 Pukul 10.30-11.00 dan Pukul 13.30-14.00 WIB.

Hasil wawancara dengan Bapak Wihdan Dana selaku waka Kurikulum pada tanggal 08-09-2020 Pukul 09.00-09.30 WIB.

Hasil wawancara dengan Bapak Heri selaku Tenaga Pendidik pada tanggal 03-03-2021 Pukul 13.24 – 14.56 WIB.

Hasil wawancara dengan Peserta Didik pada tanggal 09-03-2021 Pukul 14.10 – 14.30 WIB

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Yunmandori, Y., Sarbini, M., & Kohar, A. (2021). Implementasi Kurikulum Akhlakul Karimah Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Ma Nurul Ihya Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01), 47–62. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/1413

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>