Arah Penelitian Tafsir Studi di Prodi IAT STAI Al-Hidayah Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4657Keywords:
Arah Penafsiran, Metode TafsirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang gambaran umum arah penelitian tafsir yang dilakukan oleh mashasiswa pada prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pembatasan pada penelitian ini pada skripsi mahasiswa di prodi ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor. Dari penelitian ini ditemukan bahwa arah penelitian tafsir mahasiswa IAT di STAI Al-Hidayah Bogor pada pemahaman ahlus sunnah wa jamaah ditinjau dari segi akidah, sedangkan dari segi penulisan tafsir, metode maudhui lebih banyak digunakan dari pada metode muqaran dan lainnya. Jenis metode maudhui yang lebih banyak digunakan oleh mahasiswa adalah jenis tema pembahasan pilihan dan tidak terbatas pada tema pembahasan akidah saja. Tetapi pembahasan mencakup tema akhlak, ibadah, jual beli dan tema lainnya yang menjadi isu di masyarakat. Sedangkan metode tafsir muqoron juga menjadi perhatian oleh sebagian mahasiswa dengan menawarkan penjelasan perbandingan pemahaman tafsir ahlus sunnah wa jamaah dengan pemahaman dari golongan lainnya. Hal ini merupakan bagian untuk memperkuat mahasiswa tentang pemahaman ahlus sunnah wa jamaah.
References
Abdurrahim. (2020). Metodologi Tafsir Kontemporer Dalam Buku Major Themes Of The Quran Karya Fazlur Rahman. Pusaka, 8(01).
Admin. (2018). Visi dan Misi STAI Al-Hidayah Bogor. Https://Staia.Ac.Id/Visidanmisi/.
Adz Dzahabi, M. H. (2000). Al-Tafsir Al-Mufasirun. Maktabah Wahbah.
Al-Rumi, F. S. (1997). Ittijahat Al-Tafsiir fii Al-Qarn Al-Rabi’ ’Asyar. Muassasah al-Risalah.
Arni, J. (2013). Metode Penelitian Tafsir. Daulat Riau.
Firdausiyah, U. W. (2019). Metodologi Tafsir Modern-Kontemporer di Indonesia. Islamika Inside; Jurnal Keislaman Dan Humainora, 5(2).
Ibrahim. (2015). Metodeologi Penelitian Kualitatif. In E. Kurnanto (Ed.), Alfabeta. Alfabeta.
Patton, M. Q. (1991). How To Use Qualitative Methods in Eavaluation. Sage Publications.
Rohimin. (2014). Pemetaan Arah Baru Studi Tafsir Alquran di Indonesia Era Reformasi. Madania, XVIII(1).
Rokim, S. (2020). Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Pada Lembaga pendidikan Al-Qur’an ( Studi Di Pondok Pesantren Wadi Mubarak Bogor ). Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rokim, S., & Triana, R. (2021). Tafsir Maudhui: Asas dan Langkah Penelitian Tafsir Tematik. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(02), 409–424.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Suryabrata, S. (1998). Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Zulfikar, E. (2019). Historisitas Perkembangan Tafsir Pada Masa Kemunduran Islam: Abad Kesembilan Dan Kesepuluh Hijriah. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(02).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).