Arah Penelitian Tafsir Studi di Prodi IAT STAI Al-Hidayah Bogor

Authors

  • Aceng Zakaria STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Syaeful Rokim STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rumba Triana STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Herman Herman STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4657

Keywords:

Arah Penafsiran, Metode Tafsir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang gambaran umum arah penelitian tafsir yang dilakukan oleh mashasiswa pada prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pembatasan pada penelitian ini pada skripsi mahasiswa di prodi ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor. Dari penelitian ini ditemukan bahwa arah penelitian tafsir mahasiswa IAT di STAI Al-Hidayah Bogor pada pemahaman ahlus sunnah wa jamaah ditinjau dari segi akidah, sedangkan dari segi penulisan tafsir, metode maudhui lebih banyak digunakan dari pada metode muqaran dan lainnya. Jenis metode maudhui yang lebih banyak digunakan oleh mahasiswa adalah jenis tema pembahasan pilihan dan tidak terbatas pada tema pembahasan akidah saja. Tetapi pembahasan mencakup tema akhlak, ibadah, jual beli dan tema lainnya yang menjadi isu di masyarakat. Sedangkan metode tafsir muqoron juga menjadi perhatian oleh sebagian mahasiswa dengan menawarkan penjelasan perbandingan pemahaman tafsir ahlus sunnah wa jamaah dengan pemahaman dari golongan lainnya. Hal ini merupakan bagian untuk memperkuat mahasiswa tentang pemahaman ahlus sunnah wa jamaah.

References

Abdurrahim. (2020). Metodologi Tafsir Kontemporer Dalam Buku Major Themes Of The Quran Karya Fazlur Rahman. Pusaka, 8(01).

Admin. (2018). Visi dan Misi STAI Al-Hidayah Bogor. Https://Staia.Ac.Id/Visidanmisi/.

Adz Dzahabi, M. H. (2000). Al-Tafsir Al-Mufasirun. Maktabah Wahbah.

Al-Rumi, F. S. (1997). Ittijahat Al-Tafsiir fii Al-Qarn Al-Rabi’ ’Asyar. Muassasah al-Risalah.

Arni, J. (2013). Metode Penelitian Tafsir. Daulat Riau.

Firdausiyah, U. W. (2019). Metodologi Tafsir Modern-Kontemporer di Indonesia. Islamika Inside; Jurnal Keislaman Dan Humainora, 5(2).

Ibrahim. (2015). Metodeologi Penelitian Kualitatif. In E. Kurnanto (Ed.), Alfabeta. Alfabeta.

Patton, M. Q. (1991). How To Use Qualitative Methods in Eavaluation. Sage Publications.

Rohimin. (2014). Pemetaan Arah Baru Studi Tafsir Alquran di Indonesia Era Reformasi. Madania, XVIII(1).

Rokim, S. (2020). Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Pada Lembaga pendidikan Al-Qur’an ( Studi Di Pondok Pesantren Wadi Mubarak Bogor ). Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rokim, S., & Triana, R. (2021). Tafsir Maudhui: Asas dan Langkah Penelitian Tafsir Tematik. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(02), 409–424.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Suryabrata, S. (1998). Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Zulfikar, E. (2019). Historisitas Perkembangan Tafsir Pada Masa Kemunduran Islam: Abad Kesembilan Dan Kesepuluh Hijriah. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(02).

Downloads

Published

12-06-2023

How to Cite

Zakaria, A., Rokim, S., Triana, R., & Herman, H. (2023). Arah Penelitian Tafsir Studi di Prodi IAT STAI Al-Hidayah Bogor. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(01). https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4657

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>