Metodologi Tafsir Maudhu’i Perspektif Al-Sa’di dalam Taisir Al-Lathif Al-Mannan Fi Khulashah Tafsir Al-Qur’an (Karya Tafsir Kedua ‘Abd Al-Rahman Ibn Nashir Al-Sa’di)

Authors

  • Rahendra Maya Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Syaeful Rokim Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Naji Bulloh Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Fadilah Alfarisi Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4658

Abstract

Al-Sa’dî dan berbagai karyanya banyak menarik minat para peneliti untuk melakukan penelitian terhadapnya. Di antara karya Al-Sa’dî yang patut diapresiasi dan mendapatkan atensi penelitian adalah karya tafsir keduanya yang berjudul Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân. Namun dalam realitasnya, tafsir tersebut belum banyak dijadikan sebagai objek penelitian, dibandingkan kitab tafsir primer dan populer karya Al-Sa’dî, yaitu Taisîr Al-Karîm Al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm Al-Mannân. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi pustaka dengan teknik pengumpulan data menggunakan sumber-sumber literatur dan dokumentasi, sedangkan teknik analisisnya mengunakan analisis isi secara deskriptif dan kualitatif-interpretatif. Tujuan dari artikel ini adalah mengintroduksi Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân sebagai karya tafsir Al-Sa’dî lainnya yang layak untuk dijadikan objek penelitian dan dengan menganalisis isi kandungannya secara deskriptif-interpretatif.

References

Abdul Majid, Zamakhsyari. (2019). Refleksi Al-Quran dalam Literasi Global (Studi Tafsir Maudhu’i dalam Kajian Literasi). Al Marhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 81-90. https://doi.org/10.38153/alm.v3i2.33.

Abdurrohman, Barkah, Hidayat, Syamsul, dan Muthoifin. (2022). Karakteristik Pendidikan Profetik dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 45-46: Studi Komparatif Tafsir Al-Baidhawi dan As-Sa’di. Suhuf: International Journal of Islamic Studies, 34(2), 97-117. https://doi.org/10.23917/suhuf.v34i2.20947.

Adib, M. Afiqul. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dalam Pembelajaran Agama Islam. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 1-18. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i1.351.

Aisyah. (2013). Signifikansi Tafsir Maudhu’i dalam Perkembangan Penafsiran Al-Qur’an. Jurnal Tafsere, 1(1), 23-35. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tafsere/article/view/7449.

Al-‘Abbâd, ‘Abd Al-Razzâq ibn ‘Abd Al-Muhsin. (1993). Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Sa’’dî wa Juhûduhu fî Taudhîh Al-‘Aqîdah. Riyadh: Maktabah Al-Rusyd.

Al-‘Affânî, Sayyid ibn Husain. (1997). Shalâh Al-Ummah fî ‘Uluww Al-Himmah. Beirut: Mu’assasah Al-Risâlah.

Al-Ahmad, Sa’ad Sa’ad Mas’ûd. (2022). Al-Manhajiyyah Al-Naqdiyyah ‘inda Al-Imâm Al-Sa’dî fî Tafsîrihi. Hauliyyah Kulliyyah Al-Da’wah Al-Islâmiyyah, 36(2), 227-303. https://dx.doi.org/10.21608/bfdc.2022.277677.

Al Banna, Mohammad Rif’at & Hilmi, Moch. Ihsan. (2022). Tafsir Maudhu’i dan Ramifikasi Permasalahannya. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 2(2), 233-238. http://dx.doi.org/10.15575/jis.v2i2.18319.

Al-Rub’î, ‘Abd Al-‘Azîz ibn Muhammad ibn Shâlih. (1437 H.). Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân: Dirâsah wa Tahqîq. Disertasi. Qism Al-Tafsîr wa ‘Ulûm Al-Qur’ân Kulliyyah Al-Qur’ân Al-Karîm wa Al-Dirâsât Al-Islâmiyyah Al-Jâmi’ah Al-Islâmiyyah Madinah.

Al-Sa’dî, ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir. (2001). Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân. Riyadh: Wizârah Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah wa Al-Auqâf wa Al-Da’wah wa Al-Irsyâd.

Al-Sa’dî, ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir. (2002). Taisîr Al-Karîm Al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm Al-Mannân. ed. ‘Abd Al-Rahmân ibn Mu’allâ Al-Luwaihiq. Beirut: Mu’assasah Al-Risâlah.

Al-Sa’dî, Muhammad ibn ‘Abd Al-Rahmân ibn Nîshir dan Al-Sa’dî, Musâ’id ibn ‘Abd Allâh ibn Sulaimân. (2007). Mawâqif Ijtimâ’iyyah min Hayâh Al-Syaikh Al-‘Allâmah ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî. Riyadh: Dâr Al-Maimâan.

Al-Sa’dî, Muhammad ibn ‘Abd Al-Rahmân, et.al. (2011). Majmû’ Mu’allafât Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî: Al-Muqaddimah (Vol. 1). Riyadh: Syirkah Al-Dâr Al-‘Arabiyyah dan Idârah Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Wizârah Al-Auqâf wa Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Qatar.

Al-Sa’dî, Muhammad ibn ‘Abd Al-Rahmân, et.al. (2011). Majmû’ Mu’allafât Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî: Al-Tafsîr wa ‘Ulûm Al-Qur’ân (Vol. 3). Riyadh: Syirkah Al-Dâr Al-‘Arabiyyah dan Idârah Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Wizârah Al-Auqâf wa Al-Syu’ûn Al-Islâmiyyah Qatar.

Al-Sirjânî, Râghib. (2007). Al-‘Ilm wa Binâ’ Al-Umam: Dirâsah Ta’shîliyyah li Daur Al-‘Ilm fî Binâ’ Al-Daulah. Kairo: Mu’assasah Iqra’.

Al-Sirjânî, Râghib. (2009) Mâdzâ Qaddama Al-Muslimûn li Al-‘Âlam: Ishâmât Al-Muslimîn fî Al-Hadhârah Al-Insâniyyah. Kairo: Mu’assasah Iqra’.

Al-Thayyâr, ‘Abd Allâh ibn Sâbih ibn Shâlih. (1421 H.). Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî Mufassiran. Damam: Dâr Ibn Al-Jauzî.

Al-‘Umrân, ‘Alî ibn Muhammad. (1425 H.). Al-Musyawwiq ilâ Al-Qirâ’ah wa Thalab Al-‘Ilm. Mekkah: Dâr ‘Âlam Al-Fawâ’id.

Al-Zhufairî, Khâlid ibn Dhahwî. (2020). Manhaj Al-Syaikh ‘Abd Al-Rahmân ibn Nâshir Al-Sa’dî fî Al-Radd ‘alâ Ahl Al-Ilhâd. Hauliyyah Kulliyyah Al-Da’wah Al-Islâmiyyah, 22(2), 1125-1177. https://doi.org/10.21608/bfdc.2020.149392.

Alameri, Abdrabuh Musa Abduallah, Yaqoub, Thualkift Mohammed and Ahmadi, Abdulatif. (2018). Manhaj Muwâzanât Nabî Allâh Yûsuf ‘alaihi Al-Salâm: Dirâsah Muqâranah baina Tafsirai Al-Sa’dî wa Ibn ‘Âsyûr. Majallah Al-Qalam, 5(11), 65-132. https://search.emarefa.net/detail/BIM-952847.

Bilal, Doha Adel dan Balhadad, Deema Saleh. (2023). Rhetorical Indications in Al-Saadi's Interpretation of Surat Al-Baqara. Journal of the University of Babylon for Humanities, 31(5), 181-200. http://www.journalofbabylon.com/index.php/JUBH.

Faisal, Muhammad. (2020). Pendekatan Tafsir Maudhu’i dalam Metode Dakwah. At- Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 145-156. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.356.

Hadlori, Muhamad Abid, Saket, Saeed Abdullah Saeed, dan Tsauri, Sidiq Samsi. (2020). Pendidikan Anak dalam Perspektif Al-Qur’an Al-Karim: Tinjauan Q.S. Al-Baqarah: 83 dalam Tafsīr Taisir Karīm Ar-Rahman fī Tafsīr Kalam Al-Mannan. Zad Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, 2(1), 18-36. https://doi.org/10.55759/zam.v2i1.31.

https://kbbi.web.id/.

Huda, M. Thoriqul dan Luthfiah. (2019). Toleransi Menurut Abdurrahman bin Nashir Al-Sa’di. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(1), 23-44. https://doi.org/10.30868/at.v4i01.390.

Imran. (2019). Tradisi Literasi Islam dan Budaya Baca Masyarakat Aceh. Jurnal Mudarrisuna, 9(1), 249-262. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v9i1.4223.

Iyâzî, Al-Sayyid Muhammad ‘Alî. (1333 H.) Al-Mufassirûn: Hayâtuhum wa Manhajuhum. Teheran: Mu’assasah Al-Thibâ’ah wa Al-Nasyr Wizârah Al-Tsaqâfah Al-Irsyâd Al-Islâmî.

Mansyur, Masykur H. (2021). Iqra’ Sebagai Bentuk Literasi dalam Islam. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.35706/hawari.

Maya, Rahendra. (2017). Al-Ahwâl Al-Syakhshiyyah Perspektif Al-Sa’dî: Studi Terhadap Kitab Manhaj Al-Sâlikîn wa Taudhîh Al-Fiqh fî Al-Dîn. Al-Mashlahah: Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam, 5(09), 711-723. http://dx.doi.org/10.30868/am.v5i09.191.

Maya, Rahendra. (2017). Penafsiran Al-Sa’dî Tentang Konsep Al-Taskhîr. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(03), 1-24. http://dx.doi.org/10.30868/at.v2i03.192.

Maya, Rahendra. (2018). Pemikiran Al-Sa’dî Tentang Kriteria Pegawai Profesional (Studi Terhadap Q.S. Al-Qashash [28]: 26, Hadits-Hadits Terkait, dan Kajian Lainnya). Ad-Deenar: Jurnal Perbankan Syariah, 2(01), 1-25. http://dx.doi.org/10.30868/ad.v2i01.236.

Maya, Rahendra dan Sarbini, Muhammad. (2018). Atensi Al-Qur’an Terhadap Anak Yatim: Studi Al-Tafsîr Al-Wasîth Karya Wahbah Al-Zuhailî. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 3(02), 157-184. http://dx.doi.org/10.30868/at.v3i02.315.

Maya, Rahendra dan Syafri, Ulil Amri. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 239-256. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.705.

Miftahusolih, Ahmad, Fajrianto, Heggy, dan CH, Taufik. (2021) Konsep Persaudaraan dalam Al-Qur`an. Zad Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, 3(1), 45-62. https://doi.org/10.55759/zam.v3i1.56.

Muslim, Mushthafâ. (2005). Mabâhits fî Al-Tafsîr Al-Maudhû’î. Damaskus: Dâr Al-Qalam dan Dâr Al-Basyîr Jeddah.

Nazhifah, Dinni & Karimah, Fatimah Isyti. (2021). Hakikat Tafsir Maudhu’i dalam al-Qur’an. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 1(3), 368-376. http.368-376. http://dx.doi.org/10.15575/jis.v1i3.13033.

Nofmiyati dan Miftahuddin. (2020). Kaedah Tafsir Abdur Rahman Al-Sa’di dalam Kitab Al-Qawa’id Al-Hisan li Tafsir Al-Qur’an. Madania: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 10(1), 29-38. http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v10i1.10817.

Nursidik, Ihsan & Maulana, Muhammad Erpian. (2021). Tinjauan Kritis terhadap Metode Tafsir Maudhu’i. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 1(4), 423-428. http://dx.doi.org/10.15575/jis.v1i4.13015.

Tamin AR, Zaini dan Mollah, Moch. Kalam, (2021). Sejarah Sosial Literasi di Indonesia: Dari Tradisi Islam hingga Perumusan Kebijakan. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 6(1), 24-41. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/120.

Yamani, Moh. Tulus. (2015). Memahami Al-Qur’an dengan Metode Tafsir Maudhu’i. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 273-291. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i2.3352.

Zakaria, Aceng. (2015). Tekstualisme dalam Tafsir Teologi (Perspektif Al-Sa’di Tentang Sifat Allah dalam Al-Qur’an). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(02), 221-261. http://dx.doi.org/10.30868/at.v2i02.100.

Downloads

Published

12-06-2023

How to Cite

Maya, R., Rokim, S., Bulloh, M. N., & Alfarisi, M. F. (2023). Metodologi Tafsir Maudhu’i Perspektif Al-Sa’di dalam Taisir Al-Lathif Al-Mannan Fi Khulashah Tafsir Al-Qur’an (Karya Tafsir Kedua ‘Abd Al-Rahman Ibn Nashir Al-Sa’di). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(01). https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4658

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>