UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III SDIT AL KAUTSAR BOGOR DALAM MEMBACA AL-QUR’AN TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Sabrin Malik STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1023

Keywords:

upaya guru Al-Qur’an, kemampuan siswa, membaca Al-Qur’an

Abstract

Ditemukan masih ada siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an dengan baik dan tepat sesuai hukum bacaan tajwid. Apalagi di lembaga pendidikan tingkat dasar atau SDIT yang berbasis Islam harus adanya upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an dalam memberikan kemudahan bagi siswa terkait membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaedahnya khususnya pada siswa Kelas III SDIT Al Kautsar bogor. Hasil dari penelitian tersebut ialah (1) Ada sebagian besar dari murid kelas III sudah bisa membaca Al-Qur’an. Upaya yang sudah dilakukan ialah: Memberikan target pada siswa berkaitan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, guru mempunyai peran sangat penting untuk mengajarkan Al-Qur’an, pelaksanaan belajar mengajar dimulai setelah seluruh siswa melaksanakan shalat dhuha, pengajaran Al-Qur’an dengan metode Al muyassar, guru memakai media alat peraga, sambung ayat dan di rumah menggunakan voice not whatsapp (vn wa). (2) Adapun faktor pendukung di antaranya: wali murid selalu membimbing putra-putrinya dalam membaca Al-Qur’an, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dan wali murid, guru selalu menyampaikan motivasi tentang keutamaan mempelajari Al-Qur’an. (3) Faktor penghambat diantaranya: kurangnya hubungan yang baik antara guru dan wali murid, kurangnya motivasi pada siswa untuk membaca Al-Qur’an, wali murid jarang membimbing putra-putrinya untuk membaca Al-Qur’an, dan (4) Harus terjalin hubungan yang baik antara guru dan wali murid, guru dan wali murid harus lebih semangat lagi dan selalu memotivasi anaknya untuk membaca Al-Qur’an, dan wali murid wajib senantiasa membimbing anaknya untuk membaca Al-Qur’an.

References

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Prespektif Ibn Jama’ah Al-syafi’i. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Maya, R. (2017). Perspektif Al-Qur ‘an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 01(01).

Wahidin, U. (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(01).

Husnul, Lalai Fitriya. (2011). Upaya Guru Al-quran hatits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar SISWA di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2010/ 2011. Skripsi. . Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulung Agung.

Basyir, Tedi Choirul. (2013). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa-Siswi SD Muhammadiyah Sapen di Nitikan Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogayakarta.

Muhaemin, Sulton. (2018). Strategi Mudarris Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Alquran di Pesantren Modern Muara Istiqomah Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor.

Sumber dari Buku

Abdul Karim Al-Lahim Kholid dan Ar-Ruwaisyid binti Rasyid Asma’. (2016). Tadabur Alquran. Solo. Kiswah Media.

Sumber dari Hasil Wawancara

Hasil wawancara dengan key informan 1 pada tangggal 25 November 2019 pulul 10.30.

Hasil wawancara dengan key informan 1 pada tangggal 25 November 2019 pukul 09.30.

Hasil wawancara dengan key informan 1 pada tangggal 25 November 2019.

Hasil wawancara dengan key informan 1 pada tangggal 25 November 2019.

Hasil wawancara dengan key informan 1 pada tangggal 25 November 2019.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Malik, S., Sarifudin, A., & Kohar, A. (2020). UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III SDIT AL KAUTSAR BOGOR DALAM MEMBACA AL-QUR’AN TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 124–131. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1023

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>