STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII DI MTS SABILIL MUTTAQIN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Hendra Hendra Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Fachri Fachrudin Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1003

Keywords:

strategi, guru akidah akhlak, siswa, meningkatkan akhlakul karimah.

Abstract

Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa sangatlah penting. Karena akhlak adalah cerminan dari setiap orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa. Adapun penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi. Maka kesimpulan dari penelitian kualitatif ini adalah Pertama strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa adalah (a) penerapan disiplin terhadap program yang telah diprogramkan oleh sekolah; (b) memberikan contoh yang terbaik kepada siswa; (c) memberikan perhatian terhadap pribadi masing-masing siswa. Kedua faktor pendukungnya yaitu (a) sinerginya antara guru dan siswa; (b) koordinasi antara sesama guru; (c) memberikan nasehat kepada siswa. Ketiga faktor penghambatnya adalah (a) faktor internal berupa siswa tidak taat peraturan, dan tidak disiplin; (b) faktor eksternalnya yaitu lingkungan di sekitar siswa yang jauh dari akhlak yang baik; (c) sifat dan karakter siswa yang berbeda-beda. Keempat solusinya adalah (a) mengikuti prosedur dan aturan yang dibuat oleh sekolah; (b) guru bekerjasama dengan orang tua, agar pengawasan terhadap anak lebih diperketat sehingga terhindar dari lingkungan luar yang jauh dari akhlak yang baik; (c) guru dan orang tua bekerjasama dalam penanaman akhlak yang baik

References

Referensi dari Jurnal/Penelitian

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islami, 03(02).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).

Chusna, H. (2017). Strategi Guru Akidah Akhlak untuk meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulung Agung. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam.

Referensi dari Buku

Afendi, A. Hidayat. (2016). Al-Islam Studi Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tarbawi). Yogakarta: Deepublisher.

Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublisher.

Al-Jazairi, A. Bakar Jabir. (2016). Minhajul Muslim. Jakarta: Darul Haq.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasim, D. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Iklim Kerja. Pasuruan: Qiara Media.

Hawassy, A. (2018). Kajian Akhlak dalam Bingkai Aswaja. Tangerang: Genggambook e-Publisher.

Hosnan. (2016). Etika Profesi Pendidik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Normawati, S, Anwar, S, dan Indramaya, S. (2019). Etika dan Profesi Keguruan. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Rahmat, P. Saeful. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sutarman, M dan Asih. (2016). Manajemen Pendidikan Usia Dini. Bandung: CV Pustaka Setia.

Zahri. (2019). Pokok-pokok Akidah yang Benar. Sleman: Deepublish.

Referensi dari Wawancara

Hasil wawancara dengan IA pada hari Sabtu tanggal 7 Maret 2020 pukul 09.00 WIB.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Hendra, H., Sarifudin, A., & Fachrudin, F. (2020). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII DI MTS SABILIL MUTTAQIN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 70–81. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1003

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>