PENGARUH HAFALAN ALQURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST KELAS XI IPA (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Haitsam Bogor)

Authors

  • Aisha Agusta
  • Muhamad Priyatna
  • Agus Sarifudin

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1B.329

Abstract

Penelitian dilakukan dalam rangka mengetahui pengaruh hafalan Alquran terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Madrasah Aliyah (MA) Al-Haitsam. Prestasi belajar merupakan suatu hasil pencapaian siswa dari pembelajaran yang didapatkan di sekolah pada periode yang telah ditetapkan pada mata pelajaran Alquran Hadits. Sedangkan mata pelajaran Alquran Hadist adalah mata pelajaran yang didalamnya mempelajari tentang ayat-ayat Alquran dan teks-teks Hadits guna memahami kandungan dari Alquran dan Hadist tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Haitsam Bogor pada bulan April sampai dengan Juni dengan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas XI IPA sebanyak 23 orang. Data didapat melalui angket yang diperoleh dari siswa. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier korelasi product moment tingkat taraf signifikansi 5%. Hasil  olah data menunjukkan r hitung sebesar 0,6270 dengan degree of freedom = 23 -2 = 21 taraf signifikansi 5% dihasilkanr tabel 0,3932 yang berarti r hitung lebih besar dari r tabel (0,6270 0,3932). Artinya hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat pengaruh hafalan Alquran terhadap prestasi belajar siswa.

References

Al-Qattan, M. Khasil. (2013). Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Pent:Mudzakir. Surabaya: Halim Jaya.

Alwi, H. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Anonimus. Manfaat Menghafal Al Quran Ternyata Bisa Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah. (http://[www.1001hafizh.org/blog/?p=115, diakses pada 3 April 2018 jam 20.15).

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmani, J.M. (2011). 7 Tips Aplikasi Pakem. Jogjakarta: DIVA Press[ Anggota [KAPI].

Bartolomeus, S. (2013). Visi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Kanisius.

Buchori, D.S. (2012). Metodologi Studi Islam. Tanggerang Selatan: Serat Alam Media.

Chalil, M. (2011). Al Quran dari Masake Masa. t.k. Ramadhani.

Dariyo, A. (2013). Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Departemen Agama RI. (2016). Pedoman Umum Pengembangan Silabus Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Ginanjar, M. H. (2017). AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM BEASISWA DI MA’HAD HUDA ISLAMI, TAMANSARI BOGOR). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20.

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta:Penerbit Andi. hlm.13

Hery, BAI. (2013). Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al Qur’an. Yogyakarta: Pro-U Media.

Kamal, M. (2017).“Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Alquran terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabayaâ€. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2. 2017.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2013). Al Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Nuurun ‘Aalim.

Komariyah, I. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Mahmudah. (2016). Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam. Jurnal Pendidikan. Vol.VIII, No.1: 67-68, September 2016. ISSN: 1978-4767.

Maunah, B. (2009). Metodologi Pengajaran Islam. Yogyakarta: Teras.

Maya, A. A. R. (2017). PERSPEKTIF AL-QUR ‘AN TENTANG KONSEP AL-TADABBUR. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Muhammad, F. dan Sulistyiorini, (2012). Belajar dan Pembelajaran, Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Munawwir, A.W. (1997). Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif. hlm. 249.

Poerwadarminta, WJS. (2002). Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Duta Rakyat.

Priyatna, M. (2017). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IHSAN BALEENDAH BANDUNG. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 22.

Qoyyum, A. (2009). Keajaiban Hafalan, Bimbingan bagi yang Ingin Menghafal Al Qur’an. Jogjakarta: Pustaka Al Haura.

Rauf, AAA. (2009). Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah. Bandung: Syamil Cipta Media.

Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Salmeto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soetjipto. (2009). ProfesiKeguruan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA.

Surasman, O. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Quran. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Tim Prima Pena. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Medika Press.

Wahidin, U. (2012). BUDAYA GEMAR MEMBACA SEJAK USIA DINI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01).

Wahid, W.A. (2013). Cara Cepat Bisa menghafal Al Qur’an. Yoyakarta: Diva Press.

Zakaria, A. (2011). Makna Kembali kepada Al Quran dan As Sunnah. Garut: IBN AZKA multimedia.

Downloads

Published

2018-12-04

How to Cite

Agusta, A., Priyatna, M., & Sarifudin, A. (2018). PENGARUH HAFALAN ALQURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST KELAS XI IPA (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Haitsam Bogor). Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B), 131–137. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1B.329

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>