IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.887Keywords:
Al-Qur’an, Hadits, guru, pedagogik, siswaAbstract
Kompetensi pedagogik guru meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik guru mempunyai peranan penting dalam kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Bogor antara lain: guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa setelah itu membaca ayat suci Al-Qur’an, siswa membaca ayat yang akan dihafal berkali-kali, kemudian menulisnya, setelah itu mereka baca kembali sebelum akhirnya mereka lafalkan tanpa melihat, media pembelajaran berupa buku LKS, paket, dan puzzle ayat-ayat Al-Qur’an untuk permainan, menyetorkan hafalan, siswa dites baik individu ataupun kelompok secara lisan maupun tulisan. (2) Faktor pendukung anntara lain: siswa yang pernah belajar Al-Qur’an sangat mudah untuk belajar membaca Al-Qur’an, orang tua atau keluarga yang senantiasa mengingatkan anak, ruang kelas yang nyaman ber-AC, dan media pembelajaran yang memadai seperti buku paket, LKS, Puzzle dan lain-lain. (3) Faktor penghambat antara lain: siswa yang terkadang malas dalam menerima pelajaran, sebagian orang tua yang kurang memperhatikan anak di rumah, LCD yang terbatas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, AC yang terkadang mati membuat ruang kelas panas, dan tidak nyaman. (4) Solusi yang dilakukan antara lain: membimbing siswa sesuai kemampuan dan mengoptimalkan potensi, berkordinasi dengan wali kelas agar orang tua lebih memperhatikan, membimbing anaknya ketika dirumah, dan menambah serta merawat sarana prasarana sekolah.
References
Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).
Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-IttibÄ’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).
Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).
Maya, R. (2018). Implikasi Relasi Eksploratif dalam Pendidikan Islam: Telaah Filosofis atas Pemikiran Majid ‘Irsan Al-Kilani. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(02).
Sumber dari Buku
Alma, B. (2009). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Gulen, M.F. (2011). Cahaya Al-Qur’an bagi Seluruh Makhluk. Jakarta: Penerbit Republika.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT Remaja Rosdiakarya.
Uno, H.B. (2012). Profesi Kepribadian: Problem, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irwantoro, N. & Suryana, S. (2016). Kompetensi Pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.
Kunandar. (2010). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Moeheriono. (2018). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ramayulis. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sarimaya, F. (2009). Sertifikasi Guru. Bandung: Yrama Widya.
Yusuf, K.M. (2012). Studi Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.
Al-Qaththan, M.S. (2005). Pengantar Studi Ilmu Hadits. Jakarta: Maktabah Wahbah.