Model Pembelajaran Berbasis Proyek Madrasah Aliyah Kejuruan Informatika dalam Memasuki Pasar Kerja
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6134Keywords:
Madrasah Aliyah Kejuruan, Alumni, pasar KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai strategi antisipatif dalam mempersiapkan alumni menghadapi tantangan pasar kerja. Makalah ini mengeksplorasi pendekatan pengembangan model MAK yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dan menyesuaikan kurikulum dengan tuntutan pasar kerja. Penelitian kualitatif fenomenologi adalah jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada pengalaman manusia. Penelitian ini berusaha untuk memahami makna yang diberikan oleh manusia terhadap pengalaman mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model MAK yang terintegrasi dengan kebutuhan industri mampu memperkuat keterampilan dan pengetahuan siswa sesuai dengan ekspektasi pasar kerja. Kurikulum yang relevan dan responsif terhadap perkembangan industri memberikan kontribusi positif terhadap persiapan karir siswa. Selain itu, model ini juga melibatkan berbagai pihak, termasuk stakeholder industri, guru, dan siswa, dalam proses pengembangan dan evaluasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang bagaimana mengembangkan model MAK yang efektif sebagai antisipasi terhadap kebutuhan pasar kerja. Implikasi hasil penelitian ini dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan kejuruan untuk meningkatkan relevansi kurikulum dan memastikan lulusan MAK siap menghadapi dinamika pasar kerja yang terus berkembang.
References
Arnila, and Riski Ayu. 2019. “Penerapan Model Experiential Learning Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Skills Berwirausaha Siswa.†Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani 7 (2).
Irnawati, Irnawati, Marsia Sumule, and Sitti Utami Rezkiawati Kamil. 2022. “Eksistensi Perpustakaan Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kendari.†Jurnal Literasi Perpustakaan Dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan Dan Informasi 2 (2). https://doi.org/10.52423/jlpi.v2i2.25214.
Jannah, Raodatul. 2023. “MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS TEKNOLOGI DIGITAL.†Jurnal Cahaya Mandalika 4 (2).
Juri, Arfin, Alexsandra Alexsandra, Wawan Purwanto, and Eko Indrawan. 2022. “Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.†Indonesian Gender and Society Journal 3 (1). https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.49837.
Kuswarno, Engkus. 2018. “Tradisi Fenomenologi Pada Penelitian Komunikasi Kualitatif: Sebuah Pedoman Penelitian Dari Pengalaman Penelitian.†Jurnal Sosiohumaniora 09 (2).
Lubis, Saidan. 2020. “Penerapan Discovery Learning Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif (Kajian Pelatihan Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih Madrasah Aliyah Kejuruan Di Balai Diklat Keagamaan Padang).†Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 8 (1).
Mayangsari, Marina Dwi, Rika Vira Zwagery, Kinanti Ananda Arini Sugma, and Muhamad Lutfi. 2022. “Program Pengembangan Kepribadian Dan Kepemimpinan Upaya Peningkatan Softskill Dan Mengasah Kepemimpinan Struktural.†Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) 2 (2). https://doi.org/10.20527/ilung.v2i2.5740.
Permendikbud. 2018. “Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.†Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018.
Rasyidi, Muhammad. 2019. “INOVASI KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH.†Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.106.
Rosaliza, Mita. 2015. “WAWANCARA, SEBUAH INTERAKSI KOMUNIKASI DALAM PENELITIAN KUALITATIF.†Jurnal Ilmu Budaya 11 (2). https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099.
Safitri, Nita Andriani, and Rina Marlina. 2019. “Kebijakan Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Kejuruan.†Madrasa: Journal of Islamic Educational Management 2 (1). https://doi.org/10.32940/mjiem.v2i1.44.
Siswati, Sri. 2019. “PENGEMBANGAN SOFT SKILLS DALAM KURIKULUM UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0.†Edukasi: Jurnal Pendidikan 17 (2). https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240.
Syafri, Ulil Amri, Bairanti Asriandhini, Abas Mansur Tamam, Abdul Hayyie AlKattani, Hilda Rifkawaty, Rizcka Fatya Rahayu, and Achmad Fawwas Gibran. 2023. “Analisis SWOT Madrasah Aliyah Dalam Meningkatkan Lulusan Di Tingkat Nasional Menyambut Peradaban Unggul Tahun 2045.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8846.
Syukur, Abdul, Akmar Efendi, Apri Siswanto, and Yudhi Arta. 2020. “Pelatihan Mikrotik Dalam Rangka Persiapan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 1 Kuala Kampar.†Buletin Pembangunan Berkelanjutan 4 (1). https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5030.
Tsybulsky, Dina, and Yulia Muchnik-Rozanov. 2023. “The Contribution of a Project-Based Learning Course, Designed as a Pedagogy of Practice, to the Development of Preservice Teachers’ Professional Identity.†Teaching and Teacher Education 124. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104020.
Wang, Sue. 2022. “Critical Thinking Development Through Project-Based Learning.†Journal of Language Teaching and Research 13 (5). https://doi.org/10.17507/jltr.1305.13.
Younis, Awad A., Rajshekhar Sunderraman, Mike Metzler, and Anu G. Bourgeois. 2021. “Developing Parallel Programming and Soft Skills: A Project Based Learning Approach.†Journal of Parallel and Distributed Computing 158. https://doi.org/10.1016/j.jpdc.2021.07.015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).