Implikasi Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Terhadap Institusi Pesantren PERSIS

Authors

  • Ahmad Zuhdi Universitas Islam Jakarta, Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Furqon Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Safparudin Safparudin Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Yusuf Hidayatullah Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6122

Keywords:

Undang-Undang, Pesantren, Persis

Abstract

Pesantren mengalami pasang surut dalam mengembangkan kurikulum dan memertahankan eksistensinya di tengah berbagai model pendidikan yang ada. Bila dilihat secara menyeluruh, tentu saja kemajuan pesantren tergantung pada sejauh mana afirmasi pemerintah terhadap perkembangan dunia pendidikan pesantren. Dalam menjaga dan menjamin keberlangsungan pesantren menjalankan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat, diperlukan sebuah regulasi khusus. Undang-Undang tentang Pesantren Nomor 18 Tahun 2019 menjadi jawaban atas afirmasi, fasilitasi, dan rekognisi pemerintah terhadap penyelenggaraan dan perkembangan pesantren. Melalui undang-undang tentang pesantren, pelaksanaan pendidikan pesantren menjadi bagian tidak terpisahkan dari pelaksanaan pendidikan nasional. Undang-undang tersebut mengatur kurikulum pendidikan, roadmap dakwah, dan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian tak terpisahkan dari penyelenggaraan pendidikan pesantren.

References

Ahmadi, Misyroh. 2023. “Analisis Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Pesantren Berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2019.†LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 14 (1). https://doi.org/10.21927/literasi.2023.14(1).40-46.

Anip Dwi Saputro, Katni Dan. 2017. “THE ROLE OF HABITUS IN DEVELOPING INTELLECTUAL CAPITAL STUDENT AT MA’HAD ALY AL FURQON, PONOROGO.†Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman 7 (2). https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i2.799.

Arifai, Ahmad. 2018. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN, MADRASAH DAN SEKOLAH.†Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3 (2). https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.27.

Asio, John Mark R., Erlinda F. Leva, Leilani C. Lucero, and Wendell C. Cabrera. 2022. “Education Management Information System (EMIS) and Its Implications to Educational Policy: A Mini-Review.†International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research 3 (8). https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.08.01.

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. 2022. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.†Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3 (01). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951.

Djaelani, A. R., Sunyono, & Lestari, N. P. 2013. “Teknik Wawancara (Interview) Dalam Penelitian Kualitatif. Pendidikan Sains.â€

Gusti, Gusti, and Masduki Masduki. 2022. “Regulasi Penjaminan Mutu Pendidikan Di Indonesia.†Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains 11 (1). https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.10724.

Hidayat. 2022. “Kategorisasi Epistemologi Islam (Parepatetis, Illuminatis, Dan Muta’aliyah).†EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 4 (4).

Ittihad, Ittihad. 2019. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren.†AS-SABIQUN 1 (1). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.155.

Kemenag. 2014. PMA RI, Nomor 13, Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Khairani, Miftahul, Hapzi Ali, and Kemas Imron Rosadi. 2021. “ANALISIS PERUMUSAN UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2019 TENTANG PESANTREN SEBAGAI PRODUK POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM.†Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3 (1). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.705.

Nasution, Ansor. 2022. “Syed Muhammad Naquib Al-Attas Syed Muhammad Naquib Al-Attas: Islamization of Knowledge by Developing Genuine Islamic Paradigm.†JURNAL ISLAMIKA 4 (2). https://doi.org/10.37859/jsi.v4i2.3077.

Nur Rahimi, Adila Farizqy. 2022. “URGENSI MEMBACA DAN MENULIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN SURAH AL-’ALAQ AYAT 1-5 MENURUT PERSPEKTIF TAFSIR AL-WASITH KARYA SYEKH WAHBAH AZ-ZUHAILI.†Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 12 (2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v12i2.7801.

Nurtawab, Ervan, and Dedi Wahyudi. 2022. “Restructuring Traditional Islamic Education in Indonesia: Challenges for Pesantren Institution.†Studia Islamika 29 (1). https://doi.org/10.36712/sdi.v29i1.17414.

Raudatussaadah Raudatussaadah, Nurwinda Aulia Nasution, Khafsah Situmorang, and Riska Alfani. 2023. “Pendidikan Luar Sekolah Dalam Konteks Pendidikan Islam.†Jurnal of Management and Social Sciences 1 (1). https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i1.63.

Shabir, M, Usman Usman, and Kamal Kamal. 2023. “Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum.†Indonesian Journal of Intellectual Publication 3 (1). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i1.384.

Tambak, Syahraini. 2017. “Eksistensi Pendidikan Islam Al-Azhar: Sejarah Sosial Kelembagaan Al-Azhar Dan Pengaruhnya Terhadap Kemajuan Pendidikan Islam Era Modernisasi Di Mesir.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1 (2). https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).624.

Tamuri, Ab. Halim. 2021. “KONSEP DAN PELAKSANAAN FUNGSI MASJID DALAM MEMARTABATKAN MASYARAKAT.†International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management (Al-Mimbar). https://doi.org/10.53840/almimbar.v1i1.11.

Yunus, Yunus. 2018. “PROSPEK PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU.†Jurnal Ilmiah Iqra’ 12 (2). https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.894.

Published

2024-01-30

How to Cite

Zuhdi, A., Furqon, M., Safparudin, S., Hidayatullah, Y., & Marhamah, M. (2024). Implikasi Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Terhadap Institusi Pesantren PERSIS. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6122

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.