PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU

Authors

  • Nia Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu, Indonesia
  • Hamenkubuwono Hamengkubuwono Pascasarjana IAIN Curup, Bengkulu, Indonesia
  • Saidil Mustar Pascasarjana IAIN Curup, Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i2.852

Abstract

This study aimed to find out a depiction of Madrasah principal’s roles in an effort to improve teachers’ professionalism at MIN 1 Rejang Lebong, Bengkulu. This study used a qualitative approach. The data were collected using observation and interviews, and they were analyzed using the approach of Miles et al, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. This study concluded that the principal's managerial roles in improving teachers’ professionalism were: assigning tasks to teachers according to their expertise, conducting coaching and training, and inviting teachers to join the Ibtidaiyah Madrasah Teacher Working Group (in Indonesian abbreviation, KKGMI) of Rejang Lebong Regency.

Keywords: Leadership, Principal, Teachers’ professionalism

References

Ahsan, M., Romadhon, R., & Yunus, A. (2019). Workshop Peningkatan Kompetensi Administrasi Bagi Tenaga Administrasi Melalui Mail Marge Di Madrasah Miftahul Ulum Lambangsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(2), 71–88.

Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018). Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3533

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Ayuningtyas, D. (2017). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1–29.

Aziz, H. (2019). Persepsi guru PAI tentang pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dengan kreativitas guru dalam mengajar (penelitian guru PAI di SMP se-Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). AL Murabi, 185–96.

Bararah, I. W. (2018). Profesionalisme Dosen dalam Perspektif Islam dan Kontribusinya Terhadap Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 245–257.

Bintoro, R. F. A., & Fitrianto, Y. (2019). Pelaksanaan Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Kalimantan Timur (Studi Kasus di Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara Dan Kabupaten Kutai Timur). Jurnal Riset Pembangunan, 2(1), 36–46.

Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah dengan Keluarga. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 1–20.

Darma, A., & Banurea, O. K. (2019). Peran Kepempimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Perubahan di Lembaga Pendidikan. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–18.

Darmadi, H., & MM, M. (2018). Guru Jembatan Revolusi. CV Kekata Group.

Darwina, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Edu, A., Arifin, F., & Nardi, M. (2017). Etika dan tantangan Profesionalisme Guru. Alfabeta Bandung.

Farida, S., & Jamilah, F. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah (Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Perspektif Manajemen Pendidikan). Widya Balina, 4(7), 60–74.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.

Gunawan, I. G. D. (2016). Peningkatan Kualitas Dosen Melalui Implementasi Regulasi Beban Tugas Dosen. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 97–105.

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314.

Handayani, T. (2020). Telaah Kritis Konten Kurikulum Pai Madrasah Ibtidaiyah di MI Ma’arif Bumiharjo Borobudur Magelang. Conference on Islamic Studies FAI 2019, 157–174.

Hastuti, P. M. (2018). Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah. Studia Didaktika, 11(01), 55–62.

Husni, M., & Hasyim, M. (2017). Konsep Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu Akademik Religius. Palapa, 5(1), 77–108.

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), 21–27.

Khadijah, S. (2017). Efektivitas Pelatihan Kompetensi Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SMPN 1 Batang Gangsal. Jurnal Mitra Manajemen, 1(2), 151–163.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lestari, S., & Muharom, F. (2017). Kepemimpinan Transformatif Kepala Mts Nahdlotul Muslmat Kauman Surakarta Tahun 2017 [PhD Thesis]. IAIN Surakarta.

Man, S. (2018). Esensi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Di Sekolah. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 10–21.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Drawing and verifying conclusions. Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Moleong, L. J. (2010). Methodology of Qualitative Research. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mustaqim, A. (2017). Pendidikan Humanisme Ki Hajar Dewantara. Tafhim Al-’Ilmi, 9(2).

Niswaty, R. (2017). Revitalisasi Sertifikasi Guru: Sebuah Upaya Pencapaian Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 239–246.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah, 3(01).

Nursyam, N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Pendidik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 27–38.

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7–14.

Paizal, I., Siraj, A., & Mania, S. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 21–37.

Puspitasari, Y., Tobari, T., & Kesumawati, N. (2020). PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1).

Ramin, R. (2018). Karakteristik Pendidikan Karater Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32).

Rijal, F. (2018). GURU PROFESIONAL DALAM KONSEP KURIKULUM 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328–346.

Roulston, K. (2014). Analysing interviews. The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis, 297–312.

Rozi, F., & Warsah, I. (2020). Sinergitas Peran Komite dan Kepala Madrasah Dalam Meningkat Mutu Pendidikan Di MAN 1 Lebong, Bengkulu: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(2), 59–66.

Sanusi, S. (2019). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDN Cempaka Putih Timur 03. JURNAL STIE TRIGUNA, 8(1), 1–19.

Setianto, A. (2017). Tinjauan yuridis putusan mahkamah konstitusi no. 011/PUU-III/2005 DAN NO. 012/PUU-III/2005 Terhadap Sinkronisasi Pasal 49 Undang Undang NO. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Undang Undang no. 36 tahun 2004 tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara. Fairness and Justice: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 8(1).

Setyawan, W. H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Mobile Learning dalam Pengembangan Profesionalisme Dosen. Al-Ulum, 17(2), 389–414.

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–54.

Simarmata, T. H. (2017). ANalisis Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Lingkungan UOT Dinas Pendidikan Kecamatan Medan Helvetia [PhD Thesis]. Universitas Medan Area.

Soedarmo, U. R., & Herman, M. (2018). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah: Studi di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 99–106.

Sudharta, V. A. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 208–217.

Suleman, S., & Ruliaty, R. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jeneponto. Competitiveness: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2), 61–75.

Supriadi, D. (2011). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.

Thoif, M. (2018). Analisis Kebijakan UU NO. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. AT-Ta’DIB: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, 2(1), 170–185.

Umam, A. K. (2017). Citra Diri Pemimpin. Nizham Journal of Islamic Studies, 1(1), 68–82.

Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61–74.

Vusvitha, V., Berlian, Z., & Warna, D. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Tenaga Kependidikan. Studia Manageria, 2(1), 13–26.

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156

Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). Edukasi, 16(3), 294572.

Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157

Widodo, H. (2018). Revitalisasi Sekolah Berbasis Budaya Mutu. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 473–486.

Wijaya, F. Z., & Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Linieritas Pendidikan Formal Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah 1 Sooko Mojokerto. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 96–107.

Wijaya, I. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. CV Jejak (Jejak Publisher).

Wisudaningsih, E. T. (2019). Posisi Pendidikan Islam Dalam UU NO. 20 TAHUN 2003. Media Nusantara-Jurnal Pendidikan, 1(1), 90–102.

Wungow, J. F., Lambey, L., & Pontoh, W. (2016). Pengaruh tingkat pendidikan, masa kerja, pelatihan dan jabatan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing" Goodwill", 7(2).

Yanti, N., & Nursyamsi, N. (2020). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional: Telaah Mengenai UU NO. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP NO. 55 tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan. AL MAU’Izhah, 10(1).

Published

2020-07-22

How to Cite

Sari, N., Hamengkubuwono, H., & Mustar, S. (2020). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 200–216. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.852

Citation Check