KEBUTUHAN ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAMI DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI 4.0

Authors

  • Andi Ujang Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i01.688

Abstract

Para praktisi pendidikan Islam harus berupaya maksimal untuk merevitalisasi arah, visi, misi, dan target pendidikan Islam. Karena semua menyadari sebagai anak bangsa yang senantiasa berkomitmen dengan nilai-nilai Islam, banyak mendapati pergeseran-pegeseran nilai Islami tersebut ke arah yang tidak Islami, seperti sekularisme, liberalisme, kominisme, kapitalisme, materialisme, dan lainnya yang sangat jauh dari Islam. Ada beberapa perubahan yang berefek terhadap realita alam pendidikan Islam, antara lain adalah perubahan pada lingkungan internal (dalam negeri) yaitu proses refornasi multi dimensi yaitu sedang menuju masyarakat baru yang demokratis dan terbuka dan juga tuntutan reformasi, seperti lahirnya undang-undang otonomi dan desentralisasi. Kemudian pada lingkungan eksternal (luar negeri), seperti pada tahun 2003 telah diberlakukannya perdagangan bebas di negara-negara ASEAN, pada tahun 2020 juga akan menjadi pasar bebas di kawasan Asia Fasific yang tentu akan berpengaruh kuat terhadap alam pendidikan Islam. Belum lagi adalah efek kemajuan teknologi pada era digital ini para generasi umat menjadi manusia-manusia konsumtif, dan materialis. Efek lain dari kemajuan teknologi, dapat menyebabkan manusia menjadi individualis, kehilangan jati diri, dan nilai spiritual yang semakin renggang dari Tuhannya. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui maksud dengan ilmu manajemen pendidikan yang islami, dan untuk mengetahui yang dibutuhkan ilmu manajemen pendidikan Islami dalam menjawab tantangan tersebut.

References

Dacholfany, I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan dan Harapan. AKADEMIKA, 20(01).

Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Pendidikan. I(1).

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. Ta’lim. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Sumber dari Buku

Al-Attas, M.N. (2001). Islam dan Sekularisme. Bandung: PIMPIN.

Al-Bukhari, M.I. (2007). Shahih Al-Bukhri. Beirut: Dar Al-Kitab Al-‘Arabi.

Al-Hazimi, K.H. (2000). UshÅ«l Al-Tarbiyah Al-IslÄmiyyah. Madinah Al-Munawwarah: Dar ‘Ālam Al-Kutub.

Al-Jundi, A. (1986). Aslamah Al-ManÄhij wa Al-‘UlÅ«m wa Al-QadhÄyÄ wa Al-MushthalahÄt Al-KatsÄ«rah. DÄr Al-I’tishÄm.

Al-MubarakfÅ«ri, S. Al-RahmÄn. (2001). Al-RahÄ«q Al-MakhtÅ«m. Beirut: Dar Al-Fikri.

Al-Nihlawi, A.R. (2010). UshÅ«l Al-Tarbiyah wa AsÄlibuhÄ fi Al-Baiti wa Al-Madrasah wa Al-Mujtama’. Damaskus.

Al-Syahud, A.N. (2009). KhulÄshah fÄ« UshÅ«l Al-Tarbiyah Al-IslÄmiyyah. Malaisia: Dar Al-Ma’mÅ«r.

Bakkar, A.K. (2002). Bina Al-Ajyal. Riyadh: Majallah Al-BayÄn.

Hambal, A. (2011). Musnad Imam Ahmad bin Hambal. Damaskus: Mu’assasah Al-RisÄlah.

Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

MusthafÄ, I. Al-Mu’jam Al-WasÄ«th. DÄr Al-Nasyr.

Nata, A. (2013). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Rosda.

https://old.uqu.edu.sa/page/ar/135165

https://old.uqu.edu.sa/page/ar/135168

Published

2020-01-29

How to Cite

Yusuf, A. U. (2020). KEBUTUHAN ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAMI DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI 4.0. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 93–108. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.688

Issue

Section

Artikel

Citation Check