Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Akhlak Qur'anidi MI STP Khairu Ummah Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4872Keywords:
management, leadership, morals qur'an, MI STP Khairu Ummah BogorAbstract
Manajemen yang baik secara umum memiliki lima unsur yang harus dipenuhi, di antaranya: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan dan evaluasi. Kelima unsur ini saling terkait satu sama lain dan harus bersinergi dengan baik untuk menciptakan kinerja organisasi yang optimal. Penulisan ini mengemukakan tentang urgensi manajemen kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam menciptakan suasana organisasi yang harmonis dan profesional untuk membentuk akhlak qur’ani peserta didik. Penulisan ini didukung oleh penelitian yang dilaksanakan di MI STP Khairu Ummah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala MI STP Khairu Ummah adalah adalah gaya kepemimpinan demokratis, kedua: strategi kepala madrasah dalam menerapkan akhlak qur’ani kepada peserta didik adalah melalui program tahsin dan tahfidz metode Ummi, habituasi akhlak mulia dan pendampingan intensif orangtua di rumah, ketiga: indikator ketercapaian akhlak qur’ani peserta didik menujukkan bahwa peserta didik mampu mencerminkan akhlak mulia seperti akhlaknya Rasulullah yaitu toleransi, sabar, dermawan, jujur, istiqomah, santun dan lain sebagainya melalui program terstruktur yang dilaksanakan di MI STP Khairu Ummah.
References
Daulai, A. F. (2016). Dasar-dasar manajemen organisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 34–48.
Hanim, Z., Sari, D. S., & Soe, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 43–60. https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/30672/13501
Hartanto, r. S. B. (2016). Kepemimipinan Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Intelegensia, 04(2), 68–77.
Jhuji, E. a. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nanang Fattah, (2004) Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.hal
Schermerhorn, John R. (2010.) Introduction to Management. Singapura: Jhon Willey dan Sons.
Sugiyono, (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 24th ed. Bandung: Alfabeta
Suryosubroto, (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahjosumidjo, (1999). Kepemimpinan Kepala madrasah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Winarti.(2000). Kepemimpinan dalam Manajemen .Jakarta: Rineka Cipta, 62.
Zulhedri, Zaini, H., & Marjoni Imamora. (2019). Manajemen kerja kepala madrasah dalam menerapkan budaya islammi di MAS Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikroh, VII(1), 117–128. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i2.1593
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).