Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Akhlak Qur'anidi MI STP Khairu Ummah Bogor

Authors

  • Syifa Syahadah Postgraduate Islamic Educational Management, Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • H E Bahrudin Manajemen Pendidikan Agama Islam, UIKA Bogor, Indonesia
  • Maemunah Sa'diah Manajemen Pendidikan Agama Islam, UIKA Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4872

Keywords:

management, leadership, morals qur'an, MI STP Khairu Ummah Bogor

Abstract

Manajemen yang baik secara umum memiliki lima unsur yang harus dipenuhi, di antaranya: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan dan evaluasi. Kelima unsur ini saling terkait satu sama lain dan harus bersinergi dengan baik untuk menciptakan kinerja organisasi yang optimal. Penulisan ini mengemukakan tentang urgensi manajemen kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam menciptakan suasana organisasi yang harmonis dan profesional untuk membentuk akhlak qur’ani peserta didik. Penulisan ini didukung oleh penelitian yang dilaksanakan di MI STP Khairu Ummah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala MI STP Khairu Ummah adalah adalah gaya kepemimpinan demokratis, kedua: strategi kepala madrasah dalam menerapkan akhlak qur’ani kepada peserta didik adalah melalui program tahsin dan tahfidz metode Ummi, habituasi akhlak mulia dan pendampingan intensif orangtua di rumah, ketiga: indikator ketercapaian akhlak qur’ani peserta didik menujukkan bahwa peserta didik mampu mencerminkan akhlak mulia seperti akhlaknya Rasulullah yaitu toleransi, sabar, dermawan, jujur, istiqomah, santun dan lain sebagainya melalui program terstruktur yang dilaksanakan di MI STP Khairu Ummah.

References

Daulai, A. F. (2016). Dasar-dasar manajemen organisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 34–48.

Hanim, Z., Sari, D. S., & Soe, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 43–60. https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/30672/13501

Hartanto, r. S. B. (2016). Kepemimipinan Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Intelegensia, 04(2), 68–77.

Jhuji, E. a. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nanang Fattah, (2004) Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.hal

Schermerhorn, John R. (2010.) Introduction to Management. Singapura: Jhon Willey dan Sons.

Sugiyono, (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 24th ed. Bandung: Alfabeta

Suryosubroto, (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahjosumidjo, (1999). Kepemimpinan Kepala madrasah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Winarti.(2000). Kepemimpinan dalam Manajemen .Jakarta: Rineka Cipta, 62.

Zulhedri, Zaini, H., & Marjoni Imamora. (2019). Manajemen kerja kepala madrasah dalam menerapkan budaya islammi di MAS Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikroh, VII(1), 117–128. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i2.1593

Published

2023-07-27

How to Cite

Syahadah, S., Bahrudin, H. E., & Sa’diah, M. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Akhlak Qur’anidi MI STP Khairu Ummah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(02). https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4872

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.