Analisis Perilaku Organisasi Dalam Melaksanakan Kegiatan Akreditasi Secara Daring Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palembang

Authors

  • Sri Utami Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Akmal Hawi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Maryamah Maryamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1524

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis bagaimana perilaku organisasi dalam persiapan, saat pelaksanaan dan setelah pelaksanaan kegiatan Akreditasi secara Daring. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku organisasi dalam melaksanakan kegiatan Akreditasi secara Daring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data juga dilakukan secara terus menerus sejak pengumpulan data hingga penulisan, sebagai bagian dari proses trianggulasi. Dari penelitian ini, diperoleh temuan-temuan tentang: (1) Pada tahap persiapan yaitu dibentuknya tim perumus, pembagian tugas dan tanggung jawab, kerjasama tim, motivasi, kontrol kerja, persiapan fisik dan mental ekstra, serta loyalitas anggota organisasi. (2) Porses pelaksanaan yaitu adanya rasa khawatir, kesingkronan data pada Borang 3A (Program Studi) dan Borang 3B (Fakultas), sarana dan prasarana untuk Daring, Tashporce, serta keterlibatan berbagai pihak terkait saat Asesmen Lapangan. (3) Setelah pelaksanaan yaitu evaluasi kinerja, perbaikan data dan perolehan hasil. (4) Faktor pendukung yaitu pemilihan anggota tim, kepemimpinan, sosialisasi, kualitas lingkungan kerja, teknologi canggih dan keuntungan dari sistem Daring. (5) Faktor penghambat yaitu egoisme, tidak amanah, kurangnya koordinasi, penghargaan tidak terinci, kurangnya sarana dan prasarana, keterbatasan waktu, bukti fisik dokumen, serta pembatalan hadir secara mendadak oleh pihak terlibat. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran sebagai berikut: (1) Program Studi Administrasi Pendidikan harus mampu mempertahankan kualitas dari perolehan hasil Akreditasi dan bisa menjadi contoh untuk Program Studi lainnya yang ada di Universitas Muhammadiyah Palembang dan Perguruan Tinggi Negeri serta Swasta lainnya. (2) Dapat menjaga dan meningkatkan kualitas individu yang dilibatkan pada kegiatan Akreditasi dan kerja Tim Borang Akreditasi dapat menjadi contoh untuk Pimpinan Perguruan Tinggi dimanapun.

References

Ahdiyana, Marita. “DIKTAT - Perilaku Organisasi.†Universitas Negeri Yogyakarta (2011). http://staffnew.uny.ac.id/upload/197303182008122001/pendidikan/diktat-perilaku-organisasi.pdf.

Aryanto, K.Y.E., and I.K.R Arthana. “Sistem Informasi Penyusunan Borang Akreditasi Daring Untuk Program Studi Diploma, Sarjana Dan Fakultas.†Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK) (2016): 1–7.

BAN-PT. “Panduan Asesmen Lapangan Secara Daring†(2020).

Dewi, Rika Puspa. “Hubungan Pengetahuan Mengenai Akreditasi Rumah Sakit Dan Karakteristik Individu Dengan Kinerja Perawat Rumah Sakit Zahirah Tahun 2010.†Thesis (2010).

Egziabher, Tewolde Berhan Gebre, and Sue Edwards. “済無No Title No Title.†Africa’s potential for the ecological intensification of agriculture 53, no. 9 (2013): 1689–1699.

Eva, Khoirunnisa. “Analisis Pengaruh Akreditasi Program Studi Terhadap Intensitas Belajar Dan Harapan Masa Depan.†At-Taqaddum 10 No. 2 (2018).

Fitri, FITRI. “Perilaku Organisasi Dan Kepemimpinan Sebagai Sebuah Sistem.†Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 484–497.

Hilmy, Fawaz, Siti Atia, Syifa Fauziah, and Ulfha Sapitri. “Sistem Akreditasi Prodi Dan Sitem Akreditasi Institusi†(2016).

Idrus, A Al, K Karnan, and D Setiadi. “Analisis Kesiapan Akreditasi Berbasis SAPTO Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram.†Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan 3, no. 2 (2019): 211–216. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=cc76O8MAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=cc76O8MAAAAJ:hqOjcs7Dif8C.

Ivancevich, John M, Konopaske Robert, and Michel T Mtteson. Perilaku Dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga, 2006.

Junaidah, and Sovia Mas Ayu. “Kata Kunci : Strategi Kerjasama, Akreditasi Prodi.†Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 9, no. 2 (2019).

Kreitner, Robert dan Kinicki Angelo. Perilaku Organisasi. Ke-9. Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Malayu, H dan Hasibuan, S.p. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ke-18. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Morissan. Komunikasi Organisasi. Ke-1. Jakarta Timur: Prenadamedia Group, 2020.

Muhammad, Arni. Komunikasi Organisasi. Ke-12. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nawawi Uha, Ismail. Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja. Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Ndraha, Taliziduhu. Teori Budaya Organisasi. Pertama. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

P.Robbins, Stephen, and Timothy A.Judge. Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Ke-16. Jakarta: Salemba Empat, 2017.

Penelitian, Seminar Nasional. “Sistem Pengelolaan Borang Akreditasi Berbasis Big Data 1), 2),†(2020): 296–300.

Pt, Pada, Perkebunan Nusantara, and I I Persero. “PENGARUH PERILAKU ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) MEDAN Tiur Rajagukguk†3, no. 2 (2017). http://repository.ut.ac.id/4581/1/EKMA5101-M1.pdf.

Ricou, L. E., J. P. Burg, I. Godfriaux, and Z. Ivanov. “Rhodope and Vardar: The Metamorphic and the Olistostromic Paired Belts Related to the Cretaceous Subduction under Europe: Reply to Ivan Zagorchev’s Comment ‘Rhodope Facts and Tethys Self-Delusions.’†Geodinamica Acta 13, no. 1 (2000): 61–63.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi, 2015.

———. “Perilaku Organisasi Jakarta:†Indeks Kelompok Gramedia 10 (2006): 2006.

Suking, Arifin, and Megi Yusuf Hamid. “Evaluasi Kinerja Alumni Dalam Mendukung Penguatan Akreditasi Program Studi.†Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan 4, no. 1 (2019): 35–44.

Supartha, Wayan gede, and Desak Ketut Sintaasih. Pengantar Perilaku Organisasi; Teori, Kasus Dan Aplikasi Penelitian. Universitaa Udayana, 2017. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/b9ca64feeb1d962d5d06f51ea4d7577b.pdf.

Tahir, Arifin. Perilaku Organisasi. Edited by Sardi Salim. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Thoha, Miftha. Perilaku Organisasi (Konsep Dasar Dan Aplikasinya). Ke-15. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Yusuf Hamali, Arif. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service), 2018.

Yuyun, Yulianingsih. “Manajemen Akreditasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi.†Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam (2017).

“Lihat Di Lampiran: Surat Tugas Dari Dekan†(n.d.).

“Pen.†https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku (n.d.).

Published

2021-07-30

How to Cite

Utami, S., Hawi, A., & Maryamah, M. (2021). Analisis Perilaku Organisasi Dalam Melaksanakan Kegiatan Akreditasi Secara Daring Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palembang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 261–284. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1524

Citation Check