IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) KOTA BOGOR

Authors

  • Sarifudin Sarifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v2i01.374

Abstract

Pada saat ini masih ada lembaga pendidikan yang tata kelolanya masih belum maksimal.Salah satu keberhasilan pendidikan adalah manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah selaku penentu kebijakan pendidikan. Kepala sekolah merupakan elemen terpenting dalam keberhasilan pendidikan, karena kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan, kepala sekolah sebagai manajer memiliki wewenang dalam melaksanakan kegiatan supervisi terhadap kinerja guru sebagai pelaksana kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bogor adalah dengan melakukan perencanaan, dengan menyusun program-program supervisi selama satu semester. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah MIN Kota Bogor, antara lain: memberikan motivasi kepada para guru sebagai ujung tombak keberhasilan dalam mendidik murid, melakukan kegiatan kunjungan ke kelas, berupa kegiatan observasi yang sesekali dilakukan. Program selanjutnya dalam kegiatan supervisi kepala sekolah adalah setelah melakukan supervisi di kelas, dan didapati berberapa permasalahan yang perlu disampaikan, maka setelah itu ditindaklanjuti dengan pembicaraan individual antara kepala sekolah dan guru. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan evaluasi dari program supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan dibantu oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum menjelang berakhirnya kegiatan semesteran.

References

Agus Wibowo, A. dan Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Asmani, JM. (2012). Tips Aplikasi Manajemen Sekolah. Jogyakarta: Diva Pres.

Asy-Syalhub, F. (2011). Begini Seharusnya Menjadi Guru. Jakarta: Darul Haq.

As-Suwaidan, TM dan Basyarahil, FU. (2005). Melahirkan Pemimpin Masa Depan. Jakarta: Gema Insani.

Charirunnisa, C. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Multi Prespektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Danim, S. (2015). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Askara.

Daryanto, M. (2001). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edy Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.

Hamzah. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hermino, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, A. dan Machali, I. (2012). Pengolahan Pendidikan. Bandung: Kaukaba.

Jawwad, M. (2004). Menjadi Manajer Sukses. Jakarta: Gema Insani.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alpabeta.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngalim, PM. (2010) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Rochim, SI. (2004). Menjadi Guru yang Bisa Digugu dan Ditiru. Jakarta: Sayma Media.

Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah. Bandung: Reflika Aditama.

Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sani, RA. (2014). Inovasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumidjo, W. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujanro, B. (2007) Guru Indonesia dan Perubahan Kurikulum. Jakarta: Sagung Seto.

Tabrani R., dkk. (2000). Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru. Cianjur: CV Dinamika Karya Cipta.

Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RASAIL Media Group.

Tim Dosen UPI. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman. MU. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahab H.S. dan Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar Ruzzmedia.

Published

2019-01-24

How to Cite

Sarifudin, S. (2019). IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) KOTA BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 49–70. https://doi.org/10.30868/im.v2i01.374

Issue

Section

Artikel

Citation Check