EVALUASI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMAIT AT-TAUFIQ KOTA BOGOR

Authors

  • Indah Nourlaila Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Evaluasi Pembelajaran merupakan sebuah penilaian pembelajaran agar sekolah dapat mengetahui sejauhmana program itu berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di SMAIT At-Taufiq Bogor menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik triangulasi, hasil penelitian ini antara lain: (1) implementasi yang dilakukan sudah tersusun dan terjadwal dengan baik (2) faktor pendukungnya: kecerdasan siswa, sarana prasarana yang memadai, guru yang berkompeten, lingkungan internal dan eksternal yang kondusif, (3) faktor penghambatnya: kemampuan dan motivasi siswa yang berbeda, waktu belajar tidak maksimal, lingkungan eksternal yang tidak baik (4) Solusi; kepala sekolah mengarahkan guru agar selalu membimbing dan selalu memberikan motivasi kepada siswa, meningkatkan kompetensi guru serta menyeragamkan metode dalam pengajaran Al-Qur’an, berkoordinasi dengan orang tua mengenai perkembangan siswa dalam  pembelajaran tahfiz Al-Qur’an (5) ditinjau dari context: pembelajaran tahfiz Al-Qur’an merupakan program unggulan sekolah,  ditinjau dari input: kemampuan siswanya dominan dapat mengikuti, ditinjau dari process pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Silabus ditinjau dari product: pembelajaran tahfiz Al-Qur’an sudah mencapai target hafalan bahkan ada siswa hafidz 30 juz. Maka dari itu pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di Sekolah ini perlu dilanjutkan pembaharuan-pembaharuannya, kendala-kendalanya harus diminimalisir dengan  berbagai cara dari segenap stakeholder.

References

Ginanjar, M. Hidayat. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11): 39-58.

Mulyani, Hetty & Maryono. (2018). Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Paramurobi, 1(2): 22-30.

Prafitasari, Ardina. (2016). Organisasi Kepemudaan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatan Partisipasi Masyarakat Desa Darungan Kecamatan Wlingi. Jurnal Translitera, 4(2): 31-48.

Saptadi, Heri. (2012). Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal bimbingan konseling, 1(2): 118-121.

Sarifudin, Halimah. (2018). Manajemen Facebook dalam Proses Pembelajaran Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1): 98-115.

Wahidin, Unang. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2): 229-244.

Maulidina, Yuke, Unang, Wartono. (2020). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VIII SMPIT El Ma’mur. Jurnal Pendidikan Islam. 3(2): 1-16.

Gusman. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Kemampuan Siswa Dalam Baca Tulis Al-Qur’an di Mtsn Kedurang Bengkulu Selatan, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 2(2): 231-238.

Abdulloh, Yosef Agus. (2021). Konsep Implementasi Huffadzul Al-Qur’an.

Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ananda, Rusydi, Rafida Tien. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Al-qhatthan, Syaikh Manna. (2016). Dasar Dasar Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Ummul Qura.

Ajahari. (2018). Ulumul Al-Qur’an (Ilmu Ilmu Al-Qur’an). Sleman: Aswaja Pressindo.

Al-qhatthan, Syaikh Manna. (2016). Dasar Dasar Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Ummul Qura.

Hamid, Abdul. (2016). Pengantar Studi Alquran. Jakarta: Prenadamedia group rawamangun, Fajar interpratama.

Harahap, Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing. Jaya.

Izzan, Ahmad, Saefudin. (2018). Kapita Selekta Pembelajaran Al-Qur’an. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Jaya, Farida. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara.

Kusumastuti, Adhi, Mustamilkhoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Pressindo.

Priatna Tedi. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: Insan Mandiri.

Rusdiana, (2017). Manajemen Evaluasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sandu, Siyoto, Sodik, M. Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media publishing.

Hanafi, Ifan. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Tesis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

http://www.sekolahattaufiq.id/tentang/profilsekolah. (n.d.).

https://smaitattaufiq.sch.id/tenaga-pendidik/. (n.d.).

(Http://Www.Sekolahattaufiq.Id/Tentang/Fasilitas, n.d.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Nourlaila, I., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2023). EVALUASI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMAIT AT-TAUFIQ KOTA BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(01), 53–66. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4143

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>