Strategi Kepala Sekolah dalam Menjaga Kestabilan Tugas-Tugas Profesionalitas Guru di Masa Pandemic Covid-19

Authors

  • Sabiq Al Akhyar Hidayat STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i2.2987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dalam profesionalitas para guru untuk menjaga kestabilan dalam menjalankan tugas-tugasnya, ditinjau dari (1) mengetahui pelaksanaan tugas-tugas profesionalitas guru yang telah berjalan. (2) mengetahui faktor-faktor pendukung guru. (3) mengetahui faktor-faktor penghambat guru. (4) mengetahui solusi serta mengatasi faktor penghambat yang ada di masa pandemic covid-19. (5) mengetahui strategi kepala sekolah dalam menjaga kestabilan tugas-tugas professional guru di masa pandemic covid-19. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Rancabungur Jl. Letkol Atang Sanjaya No. 215, Desa Pasirgaok, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif/studi lapangan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari masa sebelum adanya pandemic covid-19 sampai berlangsungnya pandemic ini mengalami perubahan kebijakan demi tercapainya sikap profesionalitas para guru diantaranya: (1) masih adanya pelaksanaan dalam menjalankan tugas-tugas professional guru sebelum adanya pandemic yang masih berlangsung. (2) faktor pendukung dalam hal ini pemetaan guru yang merata di setiap bidangnya, dan memberikan kesempatan dalam mengikuti berbagai pelatihan. (3) hambatan dalam pelaksanaan tugas profesionalitas guru adalah sarana dan prasarana, jadwal padat, kurang motivasi, serta biaya. (4) solusi dalam hal ini adalah evaluasi. (5) Strategi kepala sekolah dalam menjaga kestabilan guru yakni keterbukaan dan pengayoman. Dapat disimpulkan strategi kepala sekolah sudah cukup baik, terorganisir, dan guru merasa puas

References

Andang. (2014). Manaejemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Ar-Ruz Media.

Arikunto, S. (2016). Metode penelitian. Bina Aksara.

Daryanto. (2013). Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Gaya Media.

Depdiknas. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.

Maleong, L. J. (2016). Penelitian Komunikasi Kuantitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mochtar, B. (1994). Ilmu Pendidikan Dan Praktek Pendidikan Dalam Renungan. IKIP Muhammadiyah Perss.

Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. UIN Maliki Press.

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2017). Manejemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Ankara.

Nasution. (1999). Sosiologi pendidikan. Sinar Baru.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Oemar, H. (1991). Sistem Dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan. Trigenda Karya.

Rusydie, S. (2012). Tuntunan Menjadi Guru Favorit. Flash Book.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2000). No Title. Alfabeta.

Salim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Gita Pustaka Media.

Soetjipto. (2011). Profesi Keguruan. PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Umbu. (2014). Profesi Kependidikan. Ombak.

Ustman, M. U. (1999). menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

Wijaya, I. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Professional. CV. Jejak.

Zahroh, A. (2017). Dimensi Guru dalam Pembelajaran. Yrama Widya.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Hidayat, S. A. A., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Menjaga Kestabilan Tugas-Tugas Profesionalitas Guru di Masa Pandemic Covid-19. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 253–268. https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i2.2987

Citation Check